Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Review 8 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

495
×

Review 8 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Sebarkan artikel ini
Akar Bajakah

Review Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh – Manfaat akar bajakah memang cukup populer, salah satunya sebagai antikanker. Bajakah atau Spatholobus Littoralis Hassk adalah tanaman yang telah lama dimanfaatkan dalam praktik pengobatan tradisional di Asia. Salah satu penggunaan tanaman herbal ini yang terkenal adalah di kalangan suku Dayak, di mana tanaman ini dipakai sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi kanker.

Tanaman herbal ini telah menarik perhatian banyak orang dalam beberapa tahun terakhir. Menurut informasi dari Kraatje, bagian tertentu dari tanaman bajakah mengandung flavonoid dan beragam senyawa fitokimia sehat lainnya. Ini menunjukkan potensi tanaman ini dalam menyediakan manfaat kesehatan yang penting.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 10 Manfaat Sayur Asparagus yang Kaya Akan Vitamin dan Nutrisi

Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Belakangan ini, perhatian terhadap tanaman herbal bajakah meningkat dalam dunia kesehatan. Terutama setelah adanya penelitian pada tahun 2019 oleh tiga pelajar Indonesia yang memenangkan medali emas dalam “World Invention Creativity Olympic” di Korea Selatan.

Bisa Anda konsumsi dalam bentuk rebusan, banyak yang meyakini akar bajakah memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat yang dapat diperoleh?

Kaya Akan Antioksidan

Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Spatholobus Littoralis Hassk mengandung kadar antioksidan yang tinggi yang mampu melawan radikal bebas. Kandungan antioksidan pada bajakah diklaim ribuan kali lebih tinggi daripada jenis tanaman lainnya.

Menurut penelitian dari Universitas Lambung Mangkurat, tanaman ini mengandung sekitar 40 zat yang memiliki potensi untuk menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Beberapa zat yang termasuk di dalamnya adalah saponin, fenol, sterol, terpenoid, tanin, alkaloid, dan juga terpenoid.

Membantu Penyembuhan Luka

Akar bajakah terbukti bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini lantaran kandungan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin, saponin, dan fenol di dalamnya.

Khususnya kandungan tanin berperan dalam menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh. Tanin juga memiliki kemampuan melawan bakteri, virus, dan jamur yang berpotensi berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah.

Mengobati Disentri

Manfaat akar bajakah selanjutnya adalah bisa sebagai alternatif pengobatan disentri. Masyarakat Kalimantan meyakini bahwa akar bajakah memiliki manfaat bagi individu yang mengalami disentri.

Ini merupakan sebuah kondisi yang menunjukkan infeksi atau peradangan pada usus, seringkali disertai dengan diare. Ketika tidak kita tangani dengan baik, penyakit ini dapat menyebabkan dehidrasi yang berpotensi mengarah pada keadaan yang mengancam jiwa.

Menjadi Obat Tumor dan Kanker

Teh yang terbuat dari akar bajakah memiliki potensi untuk mengobati benjolan yang terjadi akibat penyakit tumor atau kanker. Klaim ini mencuat di Indonesia setelah hasil penelitian dari Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat menjadi perbincangan hangat.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa aplikasi kayu bajakah pada tubuh tikus putih mampu menghilangkan sel tumor dalam rentang waktu 2 minggu. Kandungan senyawa antioksidan dan fitokimia dalam kayu bajakah memiliki kemampuan untuk melawan sel tumor dan kanker.

Bantu Cegah Diabetes

Mengolah akar bajakah menjadi minuman herbal juga dapat memberikan manfaat yang signifikan. Dalam “Journal of Ethnopharmacology”, diketahui bahwa bajakah telah digunakan untuk mengobati kanker pada tikus.

Selain itu, terdapat klaim tentang manfaat lain dari madu bajakah terhadap tubuh, yaitu potensinya dalam menurunkan risiko dan bahkan mencegah diabetes. Namun demikian, manfaat ini masih pada tahap hipotesis.

Ringankan Rasa Pegal

Selain Anda seduh menjadi teh herbal, bajakah juga Anda olah jadi madu. Konon, manfaat kesehatan dari madu bajakah termasuk kemampuannya meredakan rasa pegal.

Bagi Anda  yang sering merasakan pegal akibat pekerjaan sebaiknya mengonsumsi air rebusan atau teh yang terbuat dari akar bajakah. Meskipun efeknya tidak langsung terasa secara instan, khasiat dari teh bajakah ini dapat memberikan perubahan bertahap yang dirasakan oleh individu yang mengonsumsinya.

Perkuat Imun Tubuh

Khasiat berikutnya dari herbal ini berkaitan dengan peningkatan daya tahan tubuh.  Ini karena kandungan antioksidannya yang tinggi, membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Antioksidan yang terdapat dalam tumbuhan ini sangat beragam, seperti fenolik, tanin, steroid, alkaloid saponin, terpenoid, dan alkaloid lainnya. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, risiko terkena penyakit infeksi seperti flu, radang tenggorokan, atau peradangan lainnya dapat berkurang.

Cegah Penuaan Dini

Antioksidan merupakan senyawa penting yang mendukung kesehatan kulit. Asupan antioksidan yang cukup dapat mencegah penuaan dini, menjaga kulit tetap kencang, serta memberikan tekstur yang halus.

Akar bajakah memiliki manfaat terkait dengan kandungan antioksidan dan fitokimia yang membantu mencegah kulit keriput serta memberikan efek kencang. Senyawa-senyawa tersebut juga dapat merangsang produksi kolagen, yang merupakan faktor penting dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Oleh karena itu, menjaga kadar kolagen yang optimal dapat membantu kulit tetap terjaga kencang dan kenyal.

Walaupun manfaat akar bajakah memang beragam, namun ternyata juga dapat menimbulkan efek samping merugikan seperti gangguan ginjal, liver, dan pencernaan. Terutama bila Anda konsumsi dalam jangka panjang. Reaksi kimia individu berbeda-beda dan belum jelas dosis yang tepat. Konsultasikan penggunaannya kepada dokter karena potensi efek samping dan risiko yang mungkin timbul pada kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas