Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

8 Buah Paling Ampuh Jaga Kolesterol Saat Lebaran, Segar dan Tinggi Serat

5240
×

8 Buah Paling Ampuh Jaga Kolesterol Saat Lebaran, Segar dan Tinggi Serat

Sebarkan artikel ini
Manfaat Buah Tropis

Buah Paling Ampuh Jaga Kolesterol Saat Lebaran – Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia. Nah, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi.

Menjaga kesehatan terutama kadar kolesterol selama momen Idulfitri sangat penting. Lebaran tentu terasa kurang jika tidak ada menu khas seperti opor ayam, gulai kambing, semur daging, rendang plus ketupat. Tapi tak di mungkiri, menu khas Lebaran ini berlemak dan tinggi kolesterol.

Jangan lupa sisipkan menu buah untuk menjaga kadar kolesterol selama Lebaran yang penuh dengan santapan berlemak.

Baca juga: 9 Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Sistem Imun Agar Semakin Prima

Rekomendasi Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Anda perlu mengimbangi dengan asupan segar buah untuk jaga kolesterol saat Lebaran. Apa saja?

1. Apel

Buah tinggi serat disarankan untuk mengimbangi asupan selama Lebaran. Salah satu buah yang perlu ada di meja makan adalah apel karena mengandung jenis serat yang disebut pektin.

Pektin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Seperti dilansir dari Very Well Health, studi yang melibatkan tikus menemukan jumlah serat dari dua buah apel mampu menurunkan kolesterol total hingga 10 persen dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) hingga 10 persen.

2. Anggur

Pilihan buah lain yang kaya akan pektin adalah anggur. Zhaoping Li, kepala Divisi Gizi Klinis di UCLA Health, mengatakan anggur terbukti lebih efisien menurunkan kolesterol ketimbang makanan olahan yang menjanjikan hal serupa.

“Anggur juga memberikan kita nutrisi yang memberi makan bakteri baik pada usus, membuat mikrobioma komunitas bakteri baik yang jauh lebih baik sambil meningkatkan kesehatan usus,” ujar Li seperti dikutip dari laman UCLA Health.

Baca Juga:  7 Manfaat Labu Kuning untuk Mencegah Kanker dan Bikin Awet Muda

3. Stroberi

Memilih buah untuk melawan kolesterol, berarti Anda wajib memasukkan stroberi dalam daftar. Studi membuktikan stroberi mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Seperti dilansir dari University Health News dalam studi yang diterbitkan di jurnal Metabolism, peneliti melihat perkembangan 28 partisipan dengan kadar kolesterol tinggi selama 2,5 tahun.

Satu grup diberi asupan untuk makan tiga cangkir (sekitar 700 g) stroberi per hari. Hasilnya, kelompok ini mampu menurunkan lebih banyak kolesterol ketimbang kelompok lain.

4. Jeruk

Buah-buahan sitrus disarankan sebagai buah untuk jaga kolesterol saat Lebaran. Buah-buahan sitrus ini seperti jeruk, lemon, jeruk bali, atau jeruk nipis.

Seperti apel, buah-buahan sitrus tinggi akan pektin yakni serat yang mampu menurunkan kolesterol. Selain itu, buah-buahan ini juga tinggi vitamin C untuk bantu jaga daya tahan tubuh.

5. Alpukat

Alpukat mengandung asupan lemak sehat buat tubuh dan baik untuk menjaga kadar kolesterol. Kandungan lemak sehat berupa lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda akan sangat bermanfaat buat jantung.

Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat.

Selain sebagai berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, alpukat sangat dianjurkan karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah yang akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

6. Pisang

Pisang dikenal sebagai buah serbaguna dan kaya nutrisi. Kandungan potasium pada pisang membuat buah ini baik untuk menjaga kadar kolesterol Anda.

“Pisang adalah sumber potasium dan serat yang baik yang membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah,” kata Delnaz Chanduwadia, kepala penata asupan dan ahli gizi di Jaslok Hospital, seperti dilaporkan Healthshot.

Baca Juga:  9 Ide Konten TikTok Lebaran 2023, Dijamin Viral da Bercuan

7. Semangka

Semangka juga termasuk dalam keluarga buah-buahan penurun kolesterol. Pasalnya, semangka juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

8. Tomat

Tomat termasuk dalam daftar buah-buahan penurun kolesterol yang paling ampuh. Bahkan, riset dari jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak hampir sama berkhasiat dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

Selain itu, tomat tidak memiliki efek samping seperti lemas, sakit otot, dan bahkan kerusakan saraf saat rutin dikonsumsi dalam jumlah banyak. Rahasia khasiat tomat terdapat pada senyawa likopen pemberi warna merah pada tomat matang.

Likopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain likopen, di dalam tomat juga terkandung vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas