Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

7 Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan, Bahan Ramuan Tradisional dengan Beragam Khasiat

2125
×

7 Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan, Bahan Ramuan Tradisional dengan Beragam Khasiat

Sebarkan artikel ini
manfaat daun mimba

Manfaat Daun Mimba bagi Kesehatan – Manfaat daun mimba mungkin saat ini jarang diketahui. Daun mimba sangat bermanfaat karena bersifat antivirus, antibakteri serta antikanker. Untuk itu, manfaat tanaman herbal ini baik dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Mimba atau Azadirachta indica merupakan pohon yang asalnya dari India. Setiap bagian pohon ini memiliki manfaat, termasuk bagian daunnya. Daun ini bermanfaat sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi.

Baca juga: 5 Manfaat dan Bahaya Konsumsi Daun Kecubung Bisa Menimbulkan Efek Halusinasi? Berikut Penjelasannya

Manfaat Daun Mimba Tingkatkan Kesehatan Tubuh Anda

Nama asli dari tanaman mimba ini yakni Azadirachta indica. Tanaman ini banyak Anda jumpai pada negara tropis. Mulai dari India, Pakistan, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, hingga Vietnam.

Ketinggian dari pohon mimba ini sekitar 15 hingga 20 meter. Daun ini selalu terlihat hijau serta akan rontok pada saat musim kering. Daun tanaman herbal ini menyirip dengan panjang 20 – 40 cm.

Bunga dari pohon mimba memiliki warna putih kekuningan serta harum. Batang maupun cabang dengan panjang yang mencapai 25 cm.

Daun mimba ini memiliki banyak kandungan zat aktif. Sehingga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Adapun khasiat daun tanaman herbal satu ini, adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Daun mimba ini memiliki banyak zat asam lemak. Baik itu asam oleat, stearat, palmitat hingga linoleat. Kandungan tersebut yang sifatnya antiinflamasi, antioksidan serta antimikroba.

Sehingga cukup efektif dalam membantu meningkatkan kesehatan kulit. Salah satu manfaatnya yakni bisa mengurangi peradangan jerawat. Pasalnya, sifat antibakteri daun mimba yang akan bekerja secara menyeluruh serta menghentikan tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.

Selain berbagai manfaat tersebut, daun mimba juga berguna sebagai pengobatan berbagai gangguan kulit. Jika mengkombinasikan kunyit dengan pasta daun mimba yang berguna untuk gatal-gatal. Bahkan mengatasi eksim, cacing gelang serta beberapa penyakit kulit ringan.

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Ekstrak biji sari daun mimba memiliki kandungan azadirachtin. Senyawa aktif tersebut bisa melawan parasit pada rambut. Cara kerjanya yakni mencegah pertumbuhan maupun mengganggu proses reproduksi dari parasit.

Kandungan lainnya daun ini yakni terdapat nimbidin. Senyawa ini bisa membantu mengatasi ketombe. Sebab, memiliki sifat anti inflamasi serta antimikroba. Sehingga masalah iritasi kulit karena penumpukan jamur pada kulit kepala bisa Anda cegah.

Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat daun mimba berikutnya bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Sebab, terdapat sifat antiseptik, anti inflamasi serta antioksidan. Bahan alami yang ada juga akan membantu mengobati periodontitis, radang gusi, hingga kerusakan gigi.

Kandungan dalam daun mimba efektif untuk menekan pertumbuhan bakteri pada permukaan gigi. Untuk bisa merasakan manfaatnya, akan lebih baik berkumur-kumur dengan air dari ekstrak daun.

Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Sifat antioksidan serta antiinflamasi dari daun mimba juga akan membantu melawan stres oksidatif. Biasanya terjadi akibat adanya penumpukan radikal bebas.

Kandungan tersebut memicu timbulnya kerusakan organ hati serta ginjal. Cara kerjanya yakni meningkatkan efektifitas kinerja pada organ hati serta ginjal.

Mengobati Luka pada Kulit

Daun mimba juga bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka. Baik itu melalui peningkatan respons inflamasi serta pembentukan pembuluh darah baru. Caranya mudah, cukup mengoleskan 100 miligram ekstrak minyak dari daun ini 2 kali sehari.

Mengobati Penyakit Maag

Maag merupakan rasa tidak nyaman pada perut. Kondisi ini yang seringkali memicu sensasi perut terasa penuh, panas di perut bagian atas hingga kembung. Gejala ini bisa teratasi jika mengonsumsi 30 miligram ekstrak daun mimba 2 kali sehari.

Meski cukup aman sebagai bahan alami, namun pengidap alergi tidak bisa sembarangan mengonsumsi. Sebaiknya bertanya pada dokter terlebih dahulu untuk meminimalisir risiko efek samping.

Menurunkan Risiko Kanker

Daun mimba memiliki kandungan flavonoid. Sehingga bisa mengurangi pertumbuhan serta penggandaan dari sel kanker. Selain itu, pada daun ini terdapat limonoid yang menghambat pertumbuhan kanker serviks.

Limonoid tersebut bisa membantu mematikan sel kanker payudara serta serviks. Bahkan, bisa menjaga keseimbangan sistem imun sehingga menurunkan risiko kanker.

Manfaat daun mimba sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Meski begitu, ada efek samping dari daun ini yang patut Anda waspadai. Sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas