Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

7 Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam yang Paling Efektif

537
×

7 Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam yang Paling Efektif

Sebarkan artikel ini
mengatasi hp panas baterai tanam

Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam – Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh pengguna HP adalah HP yang cepat panas atau overheat. Penyebab HP panas juga beragam. Salah satunya karena kelamaan bermain game, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, terlalu banyak menggunakan widget, dan lain sebagainya.

Jika HP panas didiamkan maka akan membuat kerusakan yang cukup parah pada HP. Jadi apapun alasan yang menyebabkan HP panas tidak segera kamu bisa berakibat meledaknya HP. Pasti kamu pernah kan mendengar kasus HP meledak?

Baca juga: 6 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam

Nah, itu disebabkan karena HP yang tadinya panas tidak segera diatasi. Oleh sebab itu, kali ini kami akan membahas gimana sih cara mengatasi HP Panas. Jadi, disimak baik-baik ya!

Gini Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam!

Buat kamu yang menggunakan merk HP terbaik tapi menggunakan baterai tanam dan sedang mengalami HP panas, kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini untuk mengatasinya!

1. Nonaktifkan Bluetooth dan GPS

Cara mengatasi HP panas yang pertama adalah dengan menonaktifkan blueetooth dan GPS. Buat kamu yang terbiasa menggunakan headset bluetooth yang tersambung di HP, coba deh saat HP panas kamu nonaktifkan fitur tersebut.

Karena fitur bluetooth ini tetap searching device kamu sehingga mengurangi daya baterai. Bukan cuma itu, kamu juga perlu menonaktifkan fitur GPS, karena fitur GPS ini akan tetap berjalan di latar HP kamu sehingga memakan daya HP kamu.

2. Nonaktifkan Data Seluler dan WiFi

Cara mengatasi HP panas berikutnya adalah dengan menonaktifkan data seluler dan WiFi. Jika kamu sudah menonaktifkan bluetooth dan GPS, tapi HP kamu masih panas coba deh kamu nonaktifkan data seluler dan WiFi.

Karena kedua fitur tersebut tetap mencari sinyal yang kuat sehingga memakan banyak daya. Apalagi saat WiFi lemot, dimana HP akan mencari sinyal kuat. Nah, daya yang digunakan ini mempengaruhi mesin dan baterai HP sehingga menyebabkan HP cepat panas.

3. Istirahatkan HP Sebentar

Cara mengatasi HP panas selanjutnya adalah dengan istirahatkan HP sebentar. Setelah kamu menonaktifkan fitur bluetooth, GPS, data seluler dan WiFi, maka cara selanjutnya kamu diamkan saja HP sebentar. Gunanya untuk mengistirahatkan HP kamu agar tidak bekerja dengan berat.

Selain itu, mengistirahatkan HP ini berguna untuk mendinginkan mesin dan baterai HP kamu yang panas, serta mengindari kemungkinan buruk yang terjadi seperti HP meledak. Jadi, lebih baik kamu diamkan dan letakan HP di tempat yang aman.

4. Pastikan Menggunakan Charger Original

Cara mengatasi HP yang cepat panas berikutnya adalah dengan memastikan menggunakan charger original. Pada umumnya, penyebab HP cepat panas karena daya yang masuk tidak sesuai dengan standarnya. Sehingga baterai terpengaruh dan membuat HP menjadi panas.

Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan charger original. Makanya kamu harus tau cara membedakan charger yang original dan palsu. Sehingga kamu tidak terkena penipuan dari penjual yang menjual charger palsu dengan alih-alih charger original.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi HP yang cepat panas selanjutnya adalah dengan uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Sama seperti cara mengatasi aplikasi yang force close, biasanya aplikasi yang tidak digunakan ini tetap berjalan di latar belakang HP sehingga tetap menggunakan daya baterai.

Oleh sebab itu, kamu perlu menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Dengan begitu, permasalahan HP panas bisa diatasi. Selain itu, cara ini juga bisa berguna juga untuk mengatasi memori internal penuh di HP kamu.

6. Hindari HP dari Terik Matahari

Cara mengatasi HP panas baterai tanam berikutnya adalah dengan menghindari HP dari terik matahari. Gak jauh berbeda dengan cara mengatasi iPhone yang panas, saat HP kamu panas maka kamu harus menghindari HP dari sumber penghantar panas tersebut.

Salah satunya dari matahari, dimana matahari ini bisa memicu mesin HP menjadi panas. Oleh sebab itu, jika penyebab HP panas karena terik matahari maka kamu harus simpan di tempat yang teduh.

7. Manfaatkan Mode Hemat Baterai

Cara mengatasi HP panas batre tanam selanjutnya adalah dengan memanfaatkan mode hemat baterai. Salah satu penyebab HP panas karena daya baterai yang tiba-tiba turun drastis, sehingga menyebabkan baterai memanas dan membuat HP kamu menjadi panas juga.

Nah, ketika Hp mulai panas, kamu bisa langsung memanfaatkan fitur mode hemat baterai. Selain mengurangi suhu HP, mode hemat baterai ini juga berguna untuk kamu yang ingin menghemat baterai HP. Sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama.

Itulah beberapa rekomendasi cara mengatasi HP panas batre tanam Gimana nih, cara mengatasi HP yang cepat panas mana aja nih yang berhasil kamu coba?

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas