Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

7 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Short Tanpa Membuat Video 2023

714
×

7 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Short Tanpa Membuat Video 2023

Sebarkan artikel ini
Youtube Short

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Short – Platform YouTube akan memberikan gaji ke para konten kreator hingga Rp 140 juta per bulan untuk menggunakan YouTube Shorts.

Shorts merupakan aplikasi tambahan yang dihadirkan YouTube untuk menyaingi Tiktok. Popularitas mereka menjadi faktor utama untuk mendapatkan uang dari Shorts.

Baca juga: Inilah 4 Tips dan Cara Main Game Shopee, Isi Waktu Luang dan Dapatkan Koinnya

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts dan apa persyaratannya? Simak artikel berikut sampai akhir ya.

Cara Mendapatkan Uang dari Shorts

Ada cara mudah mendapatkan uang dari YouTube Shorts. Jika memiliki akun YouTube, Anda bisa dengan mudah mendapatkan uang tambahan secara online dari YouTube atau Shorts.  Google telah mengeluarkan layanan baru YouTube Shorts.

Menurut halaman dukungan Google, YouTube Shorts adalah cara bagi siapa saja untuk terhubung dengan penonton barunya hanya dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi YouTube.

1. Iklan

Iklan telah menjadi inti aliran pendapatan kreator konten, dan terus menjadi cara utama pembuat konten dapat menghasilkan uang di YouTube. Setelah bergabung di YPP, kreator dapat memutuskan video mana yang akan diaktifkan iklannya.

Selain Pedoman Komunitas Google, video harus memenuhi Pedoman yang Cocok untuk Pengiklan agar memenuhi syarat untuk iklan. Pembuat konten menerima sebagian besar pendapatan yang dihasilkan dari iklan di YouTube.

2. YouTube Premium

YouTube Premium adalah opsi langganan berbayar yang memungkinkan member menikmati konten bebas iklan, pemutaran di latar belakang, unduhan, konten eksklusif, dan akses premium ke aplikasi YouTube Music. Sebagian besar pendapatan langganan masuk ke mitra YouTube.

3. Merchandise

Galeri merchandise memungkinkan channel untuk menampilkan merchandise bermerek resmi mereka langsung di halaman tonton di YouTube.

4. Super Chat

Penggemar yang menonton live stream dan Premiere dapat membeli Super Chat: pesan yang disorot dalam aliran chat yang menonjol dari yang lain untuk mendapatkan lebih banyak perhatian kreator favorit mereka.

5. Super Stickers

Cara lain pengikut dapat menunjukkan dukungan selama streaming langsung dan Premiere adalah dengan Super Stickers, yang memungkinkan penggemar membeli stiker menyenangkan yang menonjol.

6. Channel Memberships

Dengan Channel Memberships, kreator dapat menawarkan manfaat dan konten eksklusif kepada penonton yang bergabung dengan channel mereka sebagai pelanggan berbayar bulanan dengan harga yang ditetapkan oleh kreator.

7. Super Thanks

Viewers juga dapat mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada video yang diunggah melalui Super Thanks. Dengan Super Thanks penggemar dapat mendukung channel favorit mereka sekaligus memberi kreator akses ke sumber pendapatan baru.

Sebagai bonus, penggemar akan mendapatkann komentar yang berbeda dan penuh warna untuk menyoroti pembelian, yang dapat ditangapi oleh pembuat konten.

Syarat Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts

Pada Desember 2022, YouTube telah menyiapkan dana sebesar USD 100 juta atau setara Rp 1,4 triliyun. Dana tersebut digunakan untuk membangun basis pengguna dan kreator di Shorts.

Di bulan Agustus Ini, kreator Shorts yang berasal dari 10 Negara termasuk Indonesia akan mulai menerima pembayaran gaji.

Gaji yang diterima mulai dari 100 hingga 10.000 dollar setiap bulannya atau Rp 1,4 jutaan hingga 143 jutaan.

Syarat utama untuk mendulang rupiah dari platform ini adalah mengunggah video yang original. Bukan video ulang atau unggahan yang dibuat di platform lain seperti TikTok, Reels ataupun Snapchat.

Jika tidak memenuhi syarat tersebut, konten kreator akan didiskualifikasi dan tidak mendapatkan pembayaran. Menurut YouTube, pihak mereka akan menganalisis channel para konten kreator dengan performa terbaik.

Mereka kemudian akan menghitung pendapatan yang akan diberikan berdasarkan jumlah penayangan, asal audiens dan faktor lainnya yang tidak disebutkan.

Tetapi, pihak YouTube belum memberikan detail berapa jumlah minimum penayangan Short yang harus dicapai. Menuru mereka, ambang batas penayangan terus berubah dari waktu ke waktu.

Syarat kedua, kreator harus sudah berusia minimal 13 tahun. Ketiga, kreator sudah memahami dan setuju mengenai semua kententuan dari YouTube.

Keempat, kreator harus menautkan akun ke akun Adsense mereka karena bonus akan dikirimkan langsung ke Adsense.

Bagi kreator yang berusia berusia 13–18 tahun bisa meminta bantuan orang tua atau wali untuk menyetujui persyaratan dan menyiapkan akun AdSense untuk pembayaran, jika belum ditautkan ke channel-nya.

Kelima, channel YouTube sudah memiliki minimal satu video Shorts dalam 180 hari terakhir. Video yang diupload sudah sesuai dengan pedoman komunitas, hak cipta dan kebijakan monetisasi yang diberlakukan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas