Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Cara Mengatasi Laptop Mendadak Black Screen Saat Dinyalakan

324
×

6 Cara Mengatasi Laptop Mendadak Black Screen Saat Dinyalakan

Sebarkan artikel ini
laptop black screen

Cara Mengatasi Laptop Mendadak Black Screen – Laptop black screen merupakan salah satu masalah pada komputer yang hanya menampilkan layar berwarna hitam. Kondisi ini tentu tak bisa dibiarkan.

Pasalnya, laptop tidak dapat digunakan ketika hal tersebut terjadi. Berikut cara mengatasi laptop black screen sebelum membawanya ke tempat servis.

Baca juga: 4 Penyebab Laptop Cepat Panas Saat di Cas, Berikut Cara Mengatasinya!

Black screen pada laptop biasanya disebabkan oleh sejumlah masalah, seperti kerusakan pada perangkat lunak ataupun keras. Selain itu, kurangnya kompatibilitas dengan program yang baru diinstal juga bisa menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Sebagian pengguna laptop mengalami layar menjadi hitam atau black screen. Tentunya gangguan ini memiliki beberapa penyebab seperti terdapat virus yang masuk pada sistem. Semakin sering Anda menggunakan laptop, maka semakin besar juga kemungkinan virus yang akan masuk.

Terjadi masalah pada kabel konektor juga bisa menyebabkan black screen pada layar. Penyebab munculnya black screen ini juga bisa terjadi karena menggunakan laptop sampai overhead. Pekerjaan yang terlalu banyak dan harus menyelesaikannya tepat waktu, bisa membuat para pemilik akan bekerja terus-menerus.

Sehingga laptop akan beroperasi dalam waktu yang lama dan bisa memungkinkan gangguan tersebut muncul. Terdapat beberapa solusi untuk mengatasi gangguan black screen pada laptop. Berikut merupakan solusi untuk mengatasi laptop mendadak black screen.

Ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi black screen pada laptop. Simak langkahnya berikut ini.

1. Menggunakan Pengaturan Safe Mode

Untuk mengatasi layar laptop teks screen yang pertama Anda bisa menggunakan safe mode. Menggunakan safe mode bisa menjadi solusi yang mudah untuk mengatasi gangguan tersebut.

Baca Juga:  7 Tips Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara, Kalian Cek Pengaturan Audio

Anda bisa menghidupkan laptop terlebih dahulu lalu tekan tombol Windows bersama F8. Setelah itu, akan keluar daftar program dan sistem.

Anda bisa memilih menu safe mode dan menekan enter. Maka otomatis laptop akan melakukan proses booting. Setelah itu masuk pada safe mode dan pilih menu system restore.

2. Menggunakan Task Manager

Solusi mengatasi laptop mendadak black screen selanjutnya yaitu menggunakan task manager. Langkah penggunaan untuk mengatasi gangguan cukup mudah. Pertama nyalakan laptop terlebih dahulu, apabila saat proses booting laptop tiba-tiba black screen, tekan kombinasi tombol ctrl+alt+delete.

Nantinya akan keluar sebuah layar dan pilih opsi task manager. Lalu pilih add new task dan tulis explore.exe pada kolom yang tersedia. Selanjutnya pilih aplikasi explore maka otomatis laptop akan memulai proses.

3. Mengembalikan Pengaturan Default BIOS

Mengembalikan pengaturan default BIOS menjadi salah satu solusi untuk mengatasi laptop mendadak black screen. Bisa dibilang BIOS menjadi salah satu kunci utama untuk mengatasi black screen pada layar. Anda bisa akses menu BIOS pada laptop terlebih dahulu lalu masuk pada menu exit.

Setelah itu, pilih opsi load setup defaults dan klik yes. Selanjutnya BIOS akan otomatis kembali pada peraturan awal.

4. Install Ulang Windows

Solusi untuk mengatasi layar laptop yang mendadak black screen selanjutnya yaitu dengan melakukan install ulang Windows. Melakukan install ulang Windows merupakan langkah yang bisa memperbaiki software pada laptop. Tetapi, sebelum melakukan cara ini sebaiknya backup data penting terlebih dahulu.

Saat melakukan install ulang Windows, maka kemungkinan dokumen penting yang Anda miliki akan terhapus. Setelah berhasil melakukan install ulang Windows maka performa laptop akan kembali normal.

Baca Juga:  Inilah 5 Tanda-Tanda Akun FB Diretas, Ketahui Penyebab dan Solusinya

5. Cek Kondisi RAM Laptop

Random access memory atau RAM memiliki peranan penting yang bisa membuat perangkat bekerja baik. Apabila terjadi kerusakan pada RAM layar laptop menjadi black screen. Untuk mengatasinya Anda bisa melepas RAM dari laptop.

Setelah itu, cek kondisi RAM dan bersihkan dari kotoran yang menempel. Pastikan kondisi RAM tersebut dalam keadaan baik dan bersih sebelum memasangnya kembali. Selanjutnya pasang kembali pada laptop dengan langkah yang benar.

6. Melakukan Cek Sistem Penyimpanan

Melakukan cek sistem penyimpanan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi laptop yang mendadak black screen. Sistem penyimpanan yang mengalami masalah juga bisa menyebabkan layar menjadi black screen. Sehingga Anda bisa melakukan cek sistem penyimpanan apakah mengalami masalah atau tidak.

Lakukan pengecekan pada kecepatan putar piringan apabila menggunakan hardisk. Selain itu, juga perhatikan apakah ada bunyi yang mengganggu pada SSD. Apabila hal tersebut terjadi, maka sistem penyimpanan laptop sedang bermasalah.

Nah, itu dia ulasan tentang berbagai solusi laptop mendadak black screen yang bisa Anda lakukan. Layar laptop yang tiba-tiba black screen tentu bisa membuat para pengguna panik. Maka dari itu, segera atasi dengan solusi-solusi tersebut supaya laptop kembali normal.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas