Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

6 Cara Memilih Flashdisk Kualitas Terbaik yang Awet dan Harga Terjangkau, Jangan Asal Beli!

495
×

6 Cara Memilih Flashdisk Kualitas Terbaik yang Awet dan Harga Terjangkau, Jangan Asal Beli!

Sebarkan artikel ini
flashdisk

Cara Memilih Flashdisk Kualitas Terbaik – Flashdisk bagus dan awet di era digital seperti saat ini menjadi perangkat yang cukup penting. Terutama untuk menyimpan dan mentransfer data penting. Baik itu data yang berkaitan dengan pekerjaan Anda maupun untuk keperluan lain seperti hiburan. Memilih flashdisk yang terbaik pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan.

Jangan sampai salah beli, berikut ada lima tips memilih flash disk yang bagus dan awet sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan memilih flash disk yang tepat, kamu bisa memanfaatkannya dengan lebih baik tanpa harus membelinya secara berulang.

Baca juga: 8 Aplikasi Portable Windows untuk Menunjang Kreativitas, Bikin Konten Kreator Makin Mantap

Memilih Flashdisk Bagus dan Awet

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum membeli dan memilih flashdisk yang tepat untuk menunjang keperluan.

1. Kapasitas Penyimpanan Sesuai Kebutuhan

Sebagai langkah awal dalam memilih flashdisk yang bagus dan awet, pastikan kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah flashdisk digunakan untuk menyimpan file berukuran sedang atau file berukuran cukup besar seperti game, film, dan untuk keperluan desain grafis.

Pada umumnya, flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Misalnya saja pada flashdisk SanDisk, mulai dari 1 GB, 2 GB, 16 GB, 32 GB, hingga 64 GB. Dari ukuran kapasitas penyimpanan tersebut, dapat Anda pilih untuk berbagai keperluan.

2. Casing Flashdisk Bagus Lebih Kuat dan Kokoh

Bagian luar flashdisk atau casing adalah bagian lain yang perlu diperhatikan. Memilih casing tak hanya sekadar bagus dan menarik dari segi bentuk maupun warnanya saja, namun kekuatan dan kekokohannya. Pada casing flashdisk bagus biasanya melekat erat untuk melindungi bagian di dalam flashdisk.

Selain kuat, casing harus pas menancap pada perangkat dan mudah saat dicabut. Kemudian, pilihlah ukuran yang pas agar tidak mengganggu port USB sebelahnya saat digunakan. Agar lebih nyaman, pilihlah flashdisk yang memiliki desain ergonomis dan tutup menyambung di badan flashdisk.

3. Kecepatan untuk Transfer Data

Setelah mempertimbangkan soal kapasitas penyimpanan dan casing yang kokoh, maka perhatikan juga kecepatan data yang dimilikinya. Kecepatan data ini merupakan kecepatan flashdisk dalam membaca maupun menyimpan data yang ada. Biasanya, kecepatan dalam membaca data lebih tinggi ketimbang kecepatan menyimpan data.

Flashdisk bagus memiliki kecepatan pembacaan data paling tinggi hingga 34 Mbyte/s (272 Mbit/s). Untuk kecepatan dalam penyimpanan hingga 28 Mbyte/s (224 Mbit/s). Pada USB 2.0, kecepatan transfer datanya adalah 14 Mb/s sampai 24 Mb/s. Kecepatan transfer ini bisa menurun ketika Anda menggunakan USB hub atau kabel USB.

4. Memiliki Fitur Keamanan

Jika Anda ingin lebih aman menyimpan data penting dalam flashdisk bagus, maka pertimbangkan flashdisk yang memiliki fitur tambahan. Misalnya saja fitur software pengamanan data. Bentuknya pun beragam seperti adanya fitur pemindaian sidik jari atau fingerprint.

Sitem fingerprint pada flashdisk disebut-sebut sebagai fitur yang bisa diandalkan dan keamanannya cukup tinggi. Ini tidak terlepas dari adanya sensor unik dan hanya dapat digunakan oleh satu orang saja untuk mengakses flashdisk tersebut. Sehingga, meskipun berada di tangan orang lain belum tentu bisa membukanya.

5. Flashdisk Bagus Harga Bersaing

Terakhir adalah mengenai masalah harga, ini tentu sangat penting sebab saat ini sudah banyak produk flashdisk dengan harga yang terjangkau. Namun, ada baiknya Anda tidak tergiur harga murah yang ditawarkan. Sebab, tak jarang harga yang murah tidak sesuai dengan ekspektasi seperti kapasitasnya yang kurang atau casing flashdisk kurang kokoh.

Sebenarnya, tidak masalah Anda membeli flashdisk dengan harga terjangkau. Asalkan sesuai dengan kebutuhan dan pastikan harga tersebut adalah harga promo yang resmi diselenggarakan oleh pihak brand maupun distributor resminya. Hal ini dimaksudkan agar Anda lebih aman dan nyaman serta mendapatkan produk yang tidak mengecewakan.

6. Pertimbangkan merek dan reputasi

Merek dan reputasi juga merupakan faktor penting dalam memilih flash disk yang bagus. Pilihlah merek yang sudah dikenal dengan kualitas produknya dan memiliki reputasi baik di pasaran. Hal ini penting untuk memastikan bahwa flash disk yang kamu beli cukup berkualitas dan terjamin bisa berfungsi dengan baik.

Pastikan produk flash disk yang kamu beli original, bukan produk KW atau tiruan. Faktanya, produk tiruan cenderung mudah rusak dan tidak sesuai dengan kecepatan transfer data yang tertera pada flash disk tiruan itu sendiri.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas