Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Tips Sederhana Merawat Charger Laptop, Biar Makin Awet dan Tahan Lama

388
×

5 Tips Sederhana Merawat Charger Laptop, Biar Makin Awet dan Tahan Lama

Sebarkan artikel ini
merawat charger laptop

Tips Sederhana Merawat Charger Laptop – Jika sebelumnya kita sudah membahas tips merawat laptop agar awet, maka akan terasa kurang juga kalau kita tidak membahas tips merawat chager laptop agar tidak cepat rusak.

Seperti yang kita ketahui, charger laptop ini merupakan salah satu komponen penting dalam penggunaan laptop. Karena, akan sangat sulit diatasi jika charger laptop yang rusak bisa mempengaruhi kinerja baterai laptop.

Baca juga: 5 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

Apalagi kalau kamu memiliki laptop dengan baterai non-removable. Merawat laptop dengan baterai non-removable aja sudah sulit, gimana kalau chargernya juga ikutan rusak, iya kan? Oleh sebab itu, kamu harus simak nih tips merawat charger agar awet dan gak cepat rusak berikut ini!

Tips Merawat Charger Laptop Agar Awet dan Gak Cepat Rusak

Tenang, tips merawat charger laptop agar tidak cepat rusak berikut ini mudah banget kok! Jadi, langsung aja ya disimak!

1. Simpan Charger Laptop di Tempat yang Aman

Tips merawat charger laptop agar awet yang pertama adalah dengan menyimpan charger di tempat yang aman. Pastikan kamu menyimpannya di ruangan yang suhunya pas.

Karena jika ditaruh di tempat yang lembab akan membuat kabel halus yang ada di dalamnya menjadi rapuh. Gak hanya itu aja, kamu harus menyimpannya di tempat yang aman dari hewan liar seperti tikus dan kecoa, agar charger tidak digigit oleh hewan tersebut.

Menyimpan charger laptop, juga sama halnya ketika kamu menyimpan smartphone di tempat yang gak aman, jika salah akan cepat rusak.

2. Jangan Asal Cabut Charger Laptop

Tips merawat charger laptop agar tidak cepat rusak yang kedua adalah jangan asal cabut charger laptop. Mengapa demikian? Karena, hal tersebut bisa sangat membahayakan loh!

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Semut, Lakukan Langkah Ini!

Bisa saja akan memicu kabel charger menjadi putus dan menimbulkan konsleting, sehingga bisa saja kamu tersetrum.

Apalagi kalau charger laptop tersebut masih terpasang di laptop, bisa saja akan membuat laptop koslet dan laptop tidak menyala. Kalau sudah begitu, kamu akan kesulitan untuk mengatasi laptop yang tidak menyala gaes jadinya.

3. Jangan Menggunakan Charger Terus Menerus

Tips merawat charger laptop agar awet yang ketiga adalah jangan menggunakan charger terus menerus. Mungkin hal ini berlaku untuk laptop dengan series yang jadul ya.

Karena ketika baterai laptop sudah terisi penuh dan masih terus mendapatkan daya yang masuk akan membuat laptop cepat panas atau overheat dan kabel charger akan cepat rusak.

4. Lepaskan Charger Laptop dari Stop Kontak

Tips merawat charger laptop agar tidak cepat rusak yang keempat adalah dengan melepaskan charger laptop dari stop kontak.

Sama halnya dengan poin sebelumnya, jika kamu tidak melepaskan charger laptop dari stop kontak maka akan membuat charger cepat rusak.

Selain itu, bisa sangat berbahaya jika ujung charger laptop menjadi lembab. Karena, bisa menyebabkan kosleting dan kebakaran.

5. Jangan Terlalu Menekuk Charger Laptop

Tips merawat charger laptop agar awet yang terakhir adalah jangan terlalu menekuk charger laptop. Mungkin salah satu mitos tentang teknologi yang masih dipercaya adalah dengan melipat charger laptop akan membuat charger tidak cepat putus.

Padahal, kalau kamu terlalu rapat dan terlalu menekuk kabel charger laptop akan membuat lapisan luarnya menjadi terkelupas dan kabel-kabel halus yang ada di dalamnya menjadi rusak.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas