Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Manfaat Kirim Memo Suara dengan Asisten Google Mudah dan Cepat

307
×

5 Manfaat Kirim Memo Suara dengan Asisten Google Mudah dan Cepat

Sebarkan artikel ini
Kirim Memo Suara

Manfaat Kirim memo suara dengan Asisten Google jelas terasa praktis – Asisten Google memang memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan berbagai hal seputar pengoperasian gadget. Untuk mengoptimalkan fungsi tersebut, pastikan tahu bagaimana tutorial HP ini.

Kirim Memo Suara dengan Asisten Google dan Tutorialnya

Fitur ini bisa membantu pengguna dalam melakukan berbagai hal hanya melalui suara. Pengguna pun bisa merasa lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mengetik perintah.

Baca juga: Review Translate Menggunakan Google Drive, Lebih Mudah dan Cepat 2024

Fungsi tersebut juga bisa pengguna manfaatkan untuk mengirim memo suara. Kemampuan ini terintegrasi dengan WhatsApp. Perihal bagaimana tutorialnya, cek saja langkah-langkah dalam panduannya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka fitur Google Assistant yang ada di HP.
  2. Kemudian ucapkan “Hi Google, send an audio message.”
  3. Sebutkan nama kontak yang ingin menerima memo suara.
  4. Sampaikan memo suara. Fitur ini akan merekam dan mengirimkannya.

Ketika kirim memo suara dengan Asisten Google ini, pengguna bebas memilih lewat WhatsApp atau SMS. Pengguna hanya perlu menyampaikannya pada fiturnya.

Dengan memanfaatkan layanan ini, pengguna tentu saja merasa sangat beruntung. Bukan hanya bisa merasa praktis karena hemat waktu dan tenaga, pengguna juga bisa merasakan pengalaman dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Sekilas mengenai Google Assistant sendiri, sebenarnya sudah tersedia di perangkat Android maupun iPhone. Fitur ini mendukung berbagai bahasa, tak terkecuali dengan bahasa Indonesia.

Akan tetapi, ada sejumlah syarat yang harus pengguna perhatikan untuk memanfaatkan fitur ini. Syarat tersebut mulai dari pastikan perangkat sudah memiliki layanan Google Play, kapasitas memori memadai, sistem operasi Android minimal 5.0, sampai dengan resolusi layarnya setidaknya 720p.

Sebelum memanfaatkan fitur ini, pastikan pengguna juga sudah mengatur bahasa perangkatnya dengan baik. Bahasa perangkat harus sesuai dengan bahasa yang didukung oleh Google Assistant.

Manfaat Lain Google Assistant

Selain memberikan kemudahan bagi pengguna dengan kirim memo suara, Asisten Google juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Berikut sejumlah manfaatnya.

1. Melakukan Berbagai Konversi

Tak banyak yang menyangka bahwa ternyata Google Assistant juga bisa melakukan berbagai konversi. Hal ini tentu saja mengingatkan pengguna dengan Google Search. Hanya saja, tampilan antarmuka kedua fitur ini berbeda.

Ketika melakukan konversi dengan Google Assistant, pengguna hanya perlu mengucapkan hal-hal sesuai keinginan. Tak butuh waktu lama, fitur ini akan memberi jawaban sesuai dengan yang pengguna ucapkan.

2. Menerjemahkan Kalimat

Layanan ini ternyata juga bisa menerjemahkan kalimat secara mudah dan cepat. Berkat kemampuan tersebut, pengguna bisa memiliki alternatif penerjemahan selain fitur Translate.

Ketika memanfaatkan fitur ini, pengguna bisa menerjemahkan kata sampai dengan kalimat. Hasilnya juga akurat sehingga bisa jadi referensi fitur recommended ketika mengoperasikan ponsel.

3. Membacakan Berita

Selain kirim memo suara, Asisten Google juga bisa membantu pengguna dalam membacakan berita dengan jelas di internet. Hal tersebut tergantung dari ucapan penggunanya.

Karena hal itu, pengguna tidak perlu membacanya sendiri, namun cukup mendengarnya saja. Sembari mendengarkan berita, pengguna juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya. Misalnya saja dengan bersih-bersih rumah, makan cemilan, dan lainnya.

4. Mengetahui Kondisi Lalu Lintas Jalan

Hanya lewat genggaman tangan, pengguna sudah bisa mengetahui bagaimana kondisi lalu lintas jalanan. Hal ini tidak lain berkat pemanfaatan fitur Google Assistant.

Setelah mengetahui bagaimana kondisi lalu lintas, pengguna juga bisa meminta bantuan fitur ini untuk mendapatkan rute terbaik. Dengan demikian, pengguna bisa terbebas dari kemacetan maupun hal yang bisa menghambat perjalanan lainnya.

5. Sebagai Pengingat

Fitur ini juga bisa membantu penggunanya agar tidak melupakan momen penting. Sebagai contohnya, ulang tahun pasangan, jadwal rapat, deadline tugas, dan masih banyak lagi.

Hal ini lantaran fitur tersebut bisa berperan penting sebagai pengingat yang terpasang di perangkat. Untuk menjadikannya sebagai pengingat pun, pengguna cukup memerintahkannya lewat suara.

Secara otomatis, fitur ini akan membuat jadwal sesuai agenda yang pengguna perintahkan. Momen penting pun tak akan terlewatkan begitu saja.

Kirim memo suara dengan Asisten Google terbilang mudah sehingga pemula tidak perlu ragu untuk mencobanya. Selain memberikan kemudahan saat mengirim memo suara, rupanya fitur ini juga memiliki berbagai manfaat tak kalah penting lainnya.