Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

5 Manfaat Biji Alpukat, Menurunkan Kolesterol Hingga Cegah Penyakit Jantung

210
×

5 Manfaat Biji Alpukat, Menurunkan Kolesterol Hingga Cegah Penyakit Jantung

Sebarkan artikel ini
manfaat biji alpukat

Manfaat Biji Alpukat – Manfaat biji alpukat membuat siapa saja merasa terkejut. Bagaimana tidak, biji alpukat yang terkenal pahit ternyata memiliki manfaat melimpah di dunia kesehatan. Bahkan biji alpukat juga mampu mencegah kanker.

Alpukat merupakan buah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain banyak dijual di pasar dan ditanam di pekarangan rumah, beberapa orang menjajakannya sebagai jus di kafe-kafe hingga restoran. Tumbuhan yang berasal dari benua Amerika ini memiliki sejumlah karakteristik.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Zaitun, Rahasia Awet Muda hingga Rambut Sehat

Umumnya, buah ini memiliki rasa manis dan segar saat dikonsumsi. Buahnya bewarna hijau dengan bentuk oval atau lonjong. Buah alpukat bisa dikonsumsi baik secara langsung maupun diolah terlebih dahulu menjadi beraneka makanan atau minuman. Buah ini dipercaya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Cara Mengonsumsi Biji Alpukat

Manfaat biji alpukat bisa Anda dapatkan apabila tepat dalam mengonsumsinya. Adapun langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin mengonsumsi biji alpukat yakni mengeringkannya terlebih dahulu.

Supaya proses pengeringan memberikan hasil optimal, Anda bisa melakukannya dengan bantuan oven bersuhu tinggi. Biarkan berada di dalam oven selama beberapa jam. Sebagai rekomendasi terbaik, keringkan di oven dengan suhu 121⁰ Celcius selama 2 jam.

Saat biji alpukat sudah kering, Anda bisa mencincang dan memasukkannya ke blender. Bisa pula memanfaatkan food processor hingga berubah menjadi bubuk. Bubuk biji alpukat tersebut terasa pahit sehingga Anda perlu mencampurkannya ke smoothie.

Kandungan smoothie yang Anda gunakan sebagai campuran sebaiknya berisikan buah yang terasa manis dan asam. Sebagai pilihannya, bisa menggunakan buah strawberry dan pisang. Rasa pahit dari biji alpukat pun bisa diminimalisir dengan baik.

Dari review di atas, Anda bisa tahu apa saja manfaat biji alpukat. Nyatanya manfaatnya sangatlah beragam asalkan mampu mengonsumsinya dengan baik. Agar mendapatkan khasiatnya secara lebih optimal, Anda juga perlu mengonsumsi biji alpukat dengan teratur.

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

Berbicara mengenai alpukat, pasti Anda langsung tergiur untuk mengolahnya menjadi jus buah yang menyegarkan. Namun siapa sangka bahwa ternyata biji yang ada di dalam buah alpukat juga berkhasiat. Lantas apa saja manfaat biji alpukat?

Mencegah Kanker

Sebagaimana yang sudah kita singgung di atas bahwa salah satu manfaat biji alpukat yaitu mencegah kanker. Hal ini karena di dalam biji alpukat terdapat kandungan antioksidan.

Kandungan tersebut berperan penting dalam menghalau sel-sel tubuh dari segala bentuk kerusakan yang memicu kanker.

Selain berkat kandungan antioksidan, khasiat ini juga didapat karena adanya flavonoid di dalam biji alpukat. Oleh karena itu, Anda bisa konsumsi biji alpukat agar terhindar dari berbagai jenis kanker.

Hal ini sangat menguntungkan karena kanker terkenal sebagai salah satu jenis penyakit mematikan. Akan sangat mengerikan apabila Anda terjangkit penyakit kanker. Pada dasarnya, mencegah memang lebih baik daripada mengobati.

Mengatasi Gula Darah

Biji alpukat tak hanya memiliki manfaat dalam mencegah kanker saja, melainkan juga mengatasi gula darah. Hal ini karena di dalam biji alpukat ada kandungan phytochemical bioaktif. Berkat kandungan tersebut, risiko diabetes di tubuh bisa menurun.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah bisa turun dengan memanfaatkan ekstrak biji alpukat. Biji yang ada di dalam buah alpukat terbukti ampuh merelaksasikan pembuluh darah. Dengan begitu, tekanan darah bisa mengalami penurunan.

Karena tekanan darah turun, maka Anda bisa terhindar dari risiko penyakit jantung. Apabila Anda selama ini mengalami tekanan darah tinggi, pastikan mengonsumsi biji alpukat secara rutin agar mendapatkan manfaat tersebut.

Memperbaiki Pencernaan

Di dalam biji alpukat, Anda bisa menemukan senyawa anti inflamasi dan serat larut yang melimpah. Berkat kandungan tersebut, Anda bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan. Mulai dari diare, sembelit, perut kembung, dan lain sebagainya.

Tak berhenti di situ saja, biji alpukat juga memiliki manfaat dalam membersihkan perut dari racun maupun limbah. Sebagaimana yang kita tahu bahwa limbah dan racun selama ini jadi pemicu komplikasi. Jika tidak dihilangkan, maka akan memperparah kondisi penderitanya.

Kandungan Biji Alpukat

Apabila menyimak pembahasan tadi, Anda tentu bisa mengetahui beberapa kandungan yang ada di dalam biji alpukat. Memang penting Anda pahami bahwa kandungannya bukan hanya itu saja, melainkan beragam dan melimpah.

Adapun kandungan di biji alpukat mulai dari air, pati, abu, dan mineral. Selain itu, juga ada campuran komponen polifenolik. Sebut saja epikatin dan katekin. Lebih dari itu, di dalam biji alpukat juga terdapat sumber campuran kompleks zat polifenol.

Setelah Anda tahu betapa melimpahnya kandungan nutrisi yang ada di dalam biji alpukat, maka tak perlu ragu untuk memanfaatkannya. Alhasil, Anda sama saja telah berupaya menjaga kesehatan tubuh.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas