Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Pola Hidup Sehat Melalui Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya

661
×

Pola Hidup Sehat Melalui Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya

Sebarkan artikel ini
makanan

Pola Hidup Sehat Melalui Makanan 4 Sehat 5 Sempurna – Kita pasti telah mengenal yang namanya empat sehat lima sempurna artinya makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap di dalamnya. Kandungannya mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Makanan 4 sehat 5 sempurna ini terdiri dari beberapa jenis yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, dan buah-buahan serta susu.

Baca juga: Inilah 10 Penyebab Berat Badan Naik, Ternyata Tidak Hanya Makanan

Jenis-Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

1. Makanan Pokok

Makanan pokok adalah sumber karbohidrat yang seimbang. Karbohidrat adalah salah satu kelompok makanan dasar yang memiliki peran yang penting di dalam pola makan sehat.  karbohidrat juga memiliki manfaat yang besar di dalam tubuh sebagai energi utama.

Karbohidrat kompleks juga memiliki lebih banyak nutrisi. Akan tetapi, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna pada tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks memiliki banyak mineral, vitamin dan serat.

Contohnya seperti nasi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu, kentang juga merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia. Tidak hanya itu, makanan pokok seperti roti, ubi dan singkong juga banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok.

2. Lauk Pauk

Lauk pauk merupakan sumber protein yang baik. Protein diperlukan untuk sel sehingga sel dapat berfungsi dengan baik. Protein memiliki kandungan asam amino di dalamnya. Pengaturan jaringan, sel serta organ yang ada di dalam tubuh tidak akan terjadi jika tidak ada protein di dalamnya.

Protein tersebut bisa didapatkan melalui makanan. Jika seorang anak tidak memiliki protein yang cukup, hal itu akan menyebabkan masalah yaitu mengalami gizi buruk. Protein tersebut nisa didapatkan dari berbagai sumber, seperti sumber hewani seperti ikan, telur, dan daging.

Selain pada hewan, protein juga bisa didapatkan dari sumber nabati atau tumbuhan. Contohnya tahu, tempe, kedelai, dan kacang-kacangan.

3. Sayur Mayur

Selain sebagai sumber protein, sayuran juga menjadi sumber mineral dan vitamin untuk tubuh. Kebanyakan sayuran yang rendah kalori tetapi memiliki vitamin yang tinggi. Selain itu, serat dan vitamin juga banyak terkandung di dalam sayuran.

Vitamin merupakan hal yang memiliki peran penting di dalam tubuh sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin bertugas untuk memproduksi energi dan fungsi kekebalan di dalam tubuh. Di dalam sayuran mengandung banyak mineral yang memiliki beragam manfaat yaitu berperan dalam proses pertumbuhan.

Selain itu, mineral juga memiliki peran dalam kesehatan tulang dan keseimbangan cairan. Selain bergizi, sayuran juga kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit jika mengonsumsi banyak sayuran. Penyakit-penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung hingga kanker dapat dicegah melalui bayak makan sayuran.

4. Buah-Buahan

Di dalam buah-buahan banyak mengandung serat, vitamin dan mineral esensial. Keduanya memiliki peran dan fungsi yang sangat baik untuk tubuh. Buah-buahan juga memiliki beragam antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan. buah-buahan juga terdapat serat yang bisa membantu kesehatan. Seperti memperlancar buang air besar dan dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Susu

Susu adalah sumber dari kalsium, protein, fosfor dan mineral penting lainnya. Ada banyak manfaat yang di dapat dari minum susu. Contohnya seperti mencegah osteoporosis dan patah tulang. Mengonsumsi susu dapat menyehatkan tulang.

Selain itu, susu juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat. Karena kombinasi antara nutrisinya yang kuat yaitu antara kalsium, kalium, protein dan fosfor. Semua nutrisi-nutrisi tersebut penting dan memiliki peran yang besar dalam menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya minum susu secara langsung, susu juga banyak dipakai sebagai bahan makanan seperti krim, keju, yogurt, mentega dan banyak produk-produk lainnya.

Manfaat Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

1. Mencegah Gizi Buruk

Kekurangan gizi dapat mengganggu kesehatan tubuh yang memiliki resiko tinggi. Untuk mencegahnya bisa dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti 4 sehat 5 sempurna yang dapat membantu menyeimbangkan gizi yang ada di dalam tubuh.

2. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh/Imun

Konsumsi sayur dan buah yang cukup dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kita. Karena di dalamnya terdapat khasiat yang bagus untuk tubuh. Selain itu, vitamin yang terkandung di dalamnya juga dapat membentuk sistem kekebalan tubuh. Contohnya seperti mengonsumsi vitamin c dapat menghindari berbagai penyakit.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Melalui makanan sehat sistem pencernaan dalam tubuh akan terjaga. Makanan yang dapat menjaga pencernaan adalah sayuran hijau. Selain itu. Yogurt dan juga putih telur memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh.

4. Dapat Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal. Selain itu, juga dapat mengurangi masalah kesehatan yang kronis. Banyak orang yang sedang diet menerapkan makanan sehat tetapi juga harus diimbangi dengan olahraga secara teratur.

Itulah beberapa penjelasan serta manfaat pada makanan 4 sehat 5 sempurna. Kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat tubuh kita akan terjaga dan jangan lupa juga diimbangi dengan berolahraga.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas