Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Kenali Penyebab Kursor Laptop Bergerak Sendiri, Begini Solusi Paling Ampuh!

693
×

5 Kenali Penyebab Kursor Laptop Bergerak Sendiri, Begini Solusi Paling Ampuh!

Sebarkan artikel ini
Kursor Laptop Bergerak
Kursor Laptop Bergerak

Kenali Penyebab Kursor Laptop Bergerak Sendiri – Kursor laptop bergerak sendiri penting untuk kita cari solusinya. Banyak di antara kita yang mengandalkan kursor atau touchpad pada laptop. Penggunaan kursor pada laptop memudahkan sejumlah tugas, terutama ketika kita tidak memiliki mouse.

Baca juga: Begini 4 Cara Cek Auto Cut Off Charge Pada Laptop, Mudah dan Terupdate

Kursor Laptop Bergerak Sendiri, Begini Solusinya!

Bagi para pengguna laptop, masalah kursor yang sering bergerak sendiri mungkin sudah tidak asing. Kursor pada laptop memang sangat sensitif, terutama saat tanpa sengaja menyentuhnya. Hal ini dapat menyebabkan kursor bergerak sendiri dan menuju ke area yang tidak diinginkan.

Kursor laptop atau touchpad yang bergerak sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti kerusakan atau keberadaan kotoran sekitar kursor. Berikut beberapa penyebab dan langkah-langkah mengatasinya yang perlu dilakukan:

1. Masalah pada Adaptor

Penyebab utama dari touchpad yang bergerak sendiri ternyata dapat terkait dengan adaptor (charger) dan komponen lain yang mengalami masalah. Kemungkinan ini terkait dengan kerusakan kabel atau komponen adaptor.

Untuk menangani masalah ini, coba gunakan beberapa adaptor yang sesuai dengan jenis laptop Anda. Jika menggunakan adaptor lain dapat menyelesaikan masalah tersebut, maka kemungkinan penyebabnya adalah adaptor yang Anda gunakan mengalami masalah atau rusak.

2. Driver Touchpad Bermasalah

Driver yang Anda instal pada touchpad mungkin tidak kompatibel. Sehingga dapat menyebabkan kursor laptop bergerak sendiri secara otomatis. Oleh karena itu, perlu langkah uninstall untuk menghapus driver yang tidak sesuai dengan laptop yang Anda gunakan.

Langkah mengatasi:

  1. Klik kanan pada ikon “My Computer / This PC”.
  2. Pilih “Properties”.
  3. Cari dan klik “Device Manager”.
  4. Pilih ikon “mouse” di kategori Mice and other pointing devices.
  5. Klik dan pilih ikon mouse yang bukan “HID – compliant mouse” sesuai dengan laptop masing-masing, karena berbagai jenis laptop memiliki perbedaan.
  6. Pilih “Uninstall” pada driver yang dipilih/download.
  7. Restart laptop.
Baca Juga:  Rekomendasi 7 Laptop 12 Inch Terbaik 2024, Desain Slim Punya Performa Berkelas

3. Masalah pada Mouse atau Touchpad

Kursor laptop yang bergerak sendiri dapat disebabkan oleh masalah pada mouse atau touchpad. Jika Anda menggunakan touchpad untuk mengarahkan kursor, coba untuk menonaktifkannya. Terutama jika touchpad mengalami kerusakan, sebaiknya nonaktifkan saja.

Bagaimana cara menonaktifkan touchpad? Jika Anda menggunakan laptop Asus, tekan Fn + F3/F7. Untuk pengguna Mac, tekan tombol Fn + F2.

Pengguna laptop Acer dan Dell dapat menonaktifkan touchpad dengan menekan tombol Fn + F7.

Sementara bagi pemakai laptop Lenovo, cukup tekan tombol Fn + F6. Untuk pengguna Toshiba, cara menonaktifkan touchpad adalah dengan menekan Fn + F9.

Setelah touchpad dinonaktifkan, Anda dapat menggunakan mouse. Namun, bagaimana jika mouse mengalami masalah? Jika Anda menggunakan mouse berkabel, pastikan kabelnya tidak terlipat atau kusut.

Sementara bagi pengguna mouse nirkabel, cobalah untuk mengganti port USB. Kadang-kadang hal ini juga dapat memengaruhi kursor laptop sehingga bergerak sendiri.

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah tersebut dan masalah masih belum teratasi, mungkin saatnya untuk mencoba menggunakan mouse yang lain. Jika dengan mouse baru tidak ada masalah pada kursor, ini menunjukkan bahwa mouse lama Anda mungkin sudah rusak dan perlu diganti segera.

4. Error pada Sistem Komputer

Penyebab lain dari kursor laptop bergerak sendiri yakni kesalahan pada sistem komputer. Untuk mengatasinya, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah me-restart laptop Anda.

Jika masalah kursor muncul setelah penggunaan laptop yang berkepanjangan, sebaiknya matikan laptop terlebih dahulu. Beristirahatlah selama 15 menit sebelum kembali menyalakannya.

Langkah ini dapat membantu mereset kembali kursor dan memungkinkan Anda melanjutkan pekerjaan yang tertunda karena masalah kursor pada laptop.

5. Baterai Laptop Bermasalah

Jika proses uninstall driver tidak mengatasi masalah touchpad, mungkin karena baterai laptop mengalami masalah tidak dapat menyimpan daya. Jika laptop Anda memiliki baterai tanam, sebaiknya untuk membongkar bagian laptop yang terkait dengan baterai tersebut.

Baca Juga:  Resmi Rilis! Asus ROG Flow X13, Laptop Gaming Convertible Pertama di Dunia

Kerusakan pada baterai dapat berdampak pada masalah touchpad, seperti gerakan yang tidak terkendali atau respons yang lambat.

Langkah mengatasinya, bongkar baterai tanam pada laptop dan coba mengisi daya setelah baterai Anda ambil. Kemungkinan masalah tersebut karena baterai laptop yang sudah tidak dapat menyimpan daya.

Masalah seperti touchpad atau kursor laptop bergerak sendiri, lambat, hang, atau terlalu cepat pasti menyebabkan ketidaknyamanan saat menggunakannya. Mencoba beberapa langkah untuk mengatasi masalah tersebut dapat menjadi solusi yang baik.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas