Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Begini 4 Cara Cek Auto Cut Off Charge Pada Laptop, Mudah dan Terupdate

463
×

Begini 4 Cara Cek Auto Cut Off Charge Pada Laptop, Mudah dan Terupdate

Sebarkan artikel ini
Cek Auto Cut Off

Cara Cek Auto Cut Off Charge pada Laptop – Cara cek Auto Cut Off Charge laptop ini sebenarnya tergolong mudah. Fungsi dari fitur ini sebenarnya untuk menjaga kesehatan baterai laptop.

Begini ilustrasinya, banyak orang yang lebih suka selalu mencolokkan charger laptop meskipun baterainya sudah terisi penuh. Padahal, beberapa orang beranggapan bahwa melakukan hal itu membuat baterai laptop mudah jebol.

Biasanya yang suka mencolok charger meski baterai sudah 100% adalah gamer, karena mereka membutuhkan performa yang lancar saat bermain game. Dengan charger yang dicolok terus, maka laptop akan bekerja lebih lancar.

Untuk apa harus cek Auto Cut Off Charge laptop? Oke, kita akan bahas informasi detailnya di bawah ini, stay tune!

Penasaran apa laptop punya fitur auto cut off apa nggak? Baca artikel ini sampai selesai untuk tahu cara cek fitur auto cut off di laptop.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Aplikasi Ampere Charger, Dijamin Berhasil dan Cepat!

Pentingnya Fitur Auto Cut Off di Laptop

Sekarang sudah banyak laptop yang telah dilengkapi dengan fitur auto cut off. Fitur ini sangat penting karena berfungsi untuk memutus arus listrik ke baterai secara otomatis saat laptop sedang di-charge dan kapasitas baterainya telah mencapai 100%. Selanjutnya, penggunaan daya akan beralih langsung dari adaptor.

Dengan adanya fitur ini, laptop tidak akan mengalami overcharge, yang berarti baterai laptop akan lebih tahan lama dan sehat sehingga laptop tidak mudah rusak.

Keberadaan fitur auto cut off ini bisa mengamankan kondisi baterai laptop, terutama bagi kamu yang sering meninggalkan laptop di-charge untuk waktu yang lama. Dengan fitur ini, laptop dapat tetap dicolokkan ke listrik tanpa khawatir baterai akan rusak akibat overcharging.

Mayoritas laptop yang dirilis sejak tahun 2015 ke atas biasanya sudah memiliki fitur auto cut off ini. Namun, ada juga beberapa model yang belum dilengkapi dengan fitur ini. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk cek auto cut off charge laptop atau belum.

Untuk cek auto cut off charge laptop, kamu bisa mengunjungi situs web produsen laptop atau melalui pengaturan sistem pada laptopmu. Agar lebih jelas, bisa simak tutorial di bawah ini.

Cara Cek Auto Cut Off Charge Laptop

Sedikit informasi, dalam artikel cara cek auto cut off charge laptop ini saya menggunakan Windows 11. Mungkin kalau kamu pakai versi Windows yang lain, bakal ada beberapa perbedaan letak menu/aplikasinya, tapi secara garis besar masih sama saja.

1. Via Device Manager

Masuklah ke Device Manager. Caranya klik kanan ikon Windows (menu Start) dan klik “Device Manager.” Atau, kamu juga bisa ketikkan “device manager” di Search.

Setelah itu, klik pada opsi “Batteries” dan lihatlah apakah laptopmu ada fitur “ACPI-Compliant Control Method Battery” atau tidak. Kalau ada, berarti laptopmu sudah mendukung fitur auto cut off.

2. Via Menu Baterai di Taskbar

Cara lain untuk mengetahui apakah laptopmu telah dilengkapi dengan fitur auto cut off adalah dengan memperhatikan informasi pada logo baterai yang terdapat di taskbar.

Ketika laptop kamu sedang di-charge dan baterainya hampir penuh, cek apakah ada tulisan “Not Charging” pada ikon baterai tersebut. Jika tulisan ini muncul berarti fitur auto cut off telah aktif pada laptopmu.

Fitur auto cut off ini biasanya akan beroperasi ketika kapasitas baterai laptop berada di antara 75% hingga 100% sehingga bisa mencegah overcharge yang bisa mempengaruhi umur dan kesehatan baterai laptop dalam jangka panjang.

Tetapi, perlu diketahui, mungkin setiap merek laptop berbeda, ada yang memiliki indikator seperti ini, ada juga yang tidak ada. Jika tidak ada, belum tentu bahwa laptop tidak memiliki fitur auto cut off charge, jadi kamu bisa coba cek dengan cara lain.

3. Via Ikon Baterai Taskbar

Selain metode yang telah disebutkan sebelumnya, ada cara lain untuk memeriksa apakah laptop kamu mendukung fitur auto cut off atau tidak, yaitu melalui ikon baterai di taskbar.

Caranya, arahkan kursor ke ikon baterai pada taskbar dan tahan selama beberapa detik. Perhatikan apakah muncul keterangan “plugged in, not charging” pada pop-up yang tampil. Jika keterangan ini muncul, itu menandakan bahwa laptop kamu telah dilengkapi dengan fitur auto cut off.

Ketika laptop menunjukkan pesan “plugged in, not charging” meskipun masih terhubung ke sumber listrik, ini berarti bahwa fitur auto cut off sedang beroperasi.

Fitur ini secara otomatis akan menghentikan proses pengisian baterai ketika sudah mencapai tingkat tertentu, biasanya antara 75% hingga 100%, untuk mencegah baterai menjadi overcharge.

4. Cek Spesifikasi Laptop

Selanjutnya, kamu bisa cek auto cut off charge laptop dengan mengecek spesifikasi laptop tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Pertama, buka menu Startdan ketik “System Information” pada kolom pencarian.
  2. Setelah membuka System Information, cari dan klik dua kali pada “Battery Information” untuk melihat detailnya.
  3. Di bagian “Critical Battery Action”, perhatikan apakah terdapat pilihan “Hibernate” atau tidak. Jika ada, ini menandakan bahwa laptop kamu dilengkapi dengan fitur auto cut off.
  4. Cek Melalui Pengaturan Power Options

Untuk mengetahui apakah laptop kamu memiliki fitur auto cut off pada baterainya, kamu bisa melakukan pengecekan melalui pengaturan Power Options. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  1. Pertama, buka Control Panel pada laptopmu dan klik pada opsi “Power Options”.
  2. Pilih “Change plan settings” pada rencana daya yang saat ini aktif.
  3. Dalam menu “Change advanced power settings”, carilah opsi “Battery” dan klik pada tanda plus (+) untuk membuka submenu yang tersedia.
  4. Perhatikan apakah dalam submenu tersebut terdapat opsi “Critical battery action” dan “Critical battery level”. Jika opsi-opsi ini ada, itu berarti laptop kamu dilengkapi dengan fitur auto cut off.

Nah, itulah tadi beberapa cara cek auto cut off charge laptop yang mudah. Sebenarnya setiap laptop mungkin memiliki cara dan penempatan menu yang berbeda, namun kurang-lebih cara di atas bisa diterapkan pada semua merek laptop.