Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Promosi Gratis di Facebook Solusi Menghemat Budget!

479
×

5 Cara Promosi Gratis di Facebook Solusi Menghemat Budget!

Sebarkan artikel ini
promosi facebook

Cara Promosi Gratis di Facebook – Cara promosi di Facebook gratis sayang jika Anda lewatkan. Pada zaman serba digital, penjual perlu mengerti cara promosi di Facebook secara gratis. Cara promosi ini akan membantu jualan semakin laris.

Terdapat banyak potensial pelanggan yang bisa Anda peroleh dari media sosial terbesar di dunia saat ini. Proses mendapatkan pelanggan ini tidak selalu membutuhkan uang.

Apalagi pengguna aktif Facebook juga masih sangat banyak. Sehingga bisa menjadi target market yang tepat untuk produk jualan Anda. Namun ada hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai promosi.

Baca juga: Inilah 5 Tanda-Tanda Akun FB Diretas, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Cara Promosi di Facebook Gratis, Berikut Langkahnya

Facebook adalah media sosial yang sangat populer dengan jumlah pengguna terbesar dunia, termasuk Indonesia. Jumlah penggunanya juga setara dengan jumlah pengguna smartphone.

Oleh karena itu, ada banyak pelaku bisnis yang mencoba memanfaatkan Facebook untuk mempromosikan produk. Alhasil, ada lebih banyak pengguna yang mengenal produk Anda.

Meski demikian, tak sedikit orang yang belum tahu cara memanfaatkan promosi melalui Facebook. Padahal, promosi melalui Facebook bisa Anda lakukan secara gratis.

Adapun langkah mudah promosi melalui Facebook untuk mendapatkan hasil efektif, sebagai berikut.

Manfaatkan Fitur Marketplace

Marketplace adalah fitur khusus untuk bisa berjualan melalui Facebook. Fitur tersebut memiliki berbagai tools menarik yang akan membantu Anda. Abda bisa memanfaatkannya dalam melakukan pemasaran produk maupun jasa.

Anda bisa mulai berjualan serta beriklan melalui fitur Facebook Marketplace. Kemudian, Anda perlu menentukan target market. Untuk menentukan target market melalui “Location Setting” dan tentukan lokasi pemasarannya.

Cara promosi di Facebook gratis berikutnya, perlu mengisi detail produk. Misalnya seperti spesifikasi, kondisi barang, hingga alasan ingin berjualan. Pastikan untuk melakukan upload gambar produk lebih menarik.

Jika sudah selesai, posting produk Anda melalui Facebook Marketplace. Produk Anda akan terlihat pada halaman marketplace milik Facebook.

Iklankan Produk atau Jasa Melalui Grup

Cara beriklan melalui Facebook berikutnya yakni perlu melalui grup-grup secara aktif. Terdapat banyak grup yang tersedia pada Facebook. Kemudian bisa mencari grup yang sesuai dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya saat Anda berjualan handphone. Sebaiknya Anda mencari grup untuk keperluan jual beli handphone. Selain itu, ada grup-grup lainnya yang berhubungan dengan handphone.

Cara promosi di Facebook gratis ini terbilang potensial. Pasalnya, Anda bisa melakukan promosi dengan orang-orang yang tepat. Dengan demikian, potensi penjualan juga akan semakin meningkat.

Sebaiknya Anda perlu berhati-hati saat memilih jenis grup. Sebab, tidak semua grup memperbolehkan anggotanya untuk berpromosi. Pastikan Anda memilih grup yang memperbolehkan melakukan promosi meskipun terbatas.

Beriklan pada Halaman Fanpage

Cara ini hanya cocok bagi Anda yang sudah memiliki Fanpage dan jumlah follower cukup banyak. Fanpage Facebook yakni salah satu layanan gratis yang bisa Anda manfaatkan dalam melakukan promosi.

Anda juga bisa menggunakannya dalam menampilkan detail mengenai bisnis maupun produk. Ini artinya, Fanpage menjadi portal bagi pelanggan dalam mencari tahu detail produk maupun bisnis.

Secara sederhana, Fanpage yang berfungsi sebagai website kedua. Saat ini tidak jarang Fanpage muncul pada halaman pertama mesin pencari melalui kategori keyword tertentu.

Cara promosi di Facebook gratis membantu menarik pengunjung website. Anda hanya perlu menyisipkan link website pada akun Facebook pribadi atau Fanpage. Anda juga bisa memanfaatkan melalui Facebook Marketplace.

Link tersebut akan mengarahkan pengguna pada website milik Anda. Pasalnya, link tersebut memiliki sifat live. Sehingga saat mengklik link, penggunanya akan segera mengunjungi website tersebut.

Sebarkan Fanpage di Grup Facebook

Grup Facebook bukan hanya bisa Anda manfaatkan untuk beriklankan produk. Anda juga bisa memanfaatkannya dalam mengenalkan Fanpage. Hal tersebut agar orang-orang akan mengenal brand Anda.

Namun, akan lebih baik memperhatikan konten Fanpage. Pastikan jika konten tersebut tidak hanya berisikan penjualan dan promosi. Sebaiknya Anda juga membuat konten lebih bermanfaat.

Konten menarik yang akan membuat orang menyukainya serta mengikuti Fanpage Anda. Dengan demikian, setelah menyebar Fanpage, penggunanya menjadi tertarik dan mengikutinya.

Cara promosi di Facebook gratis dan mudah untuk Anda lakukan. Cara ini efektif bagi pelaku usaha yang merancang strategi modern dalam memasarkan produk. Bahkan, solusi paling optimal tanpa perlu mengeluarkan banyak dana.

 

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas