Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Mengurangi Ruang Penyimpanan Internal Tanpa Harus Menghapus Aplikasi

376
×

5 Cara Mengurangi Ruang Penyimpanan Internal Tanpa Harus Menghapus Aplikasi

Sebarkan artikel ini
Cara Mengurangi Penyimpanan Internal

Cara Mengurangi Ruang Penyimpanan Internal – Jika HP yang kamu gunakan sudah semakin sesak dengan berbagai file, maka penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengurangi penyimpanan Internal.

Sebagai salah satu pengguna smartphone Android tentunya kamu pernah menerima notifikasi ruang penyimpanan hampir habis atau storage space running out.

Notifikasi tersebut sudah jelas menandakan bahwa memori internal kamu sudah penuh, sehingga kamu perlu menghapus sebagian data maupun file yang sudah tidak digunakan lagi.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android, Lakukan Ini Dijamin Ampuh!

Memori internal yang penuh juga dapat menyebabkan performa HP kamu menjadi tidak maksimal atau menurun. Mulai dari rentan mengalami crash, tidak dapat memakai fitur kamera atau video, terjadi bug, aplikasi sering keluar sendiri dan yang lain sebagainya.

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa metode yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi penyimpanan internet kamu.

Lantas apa saja tips yang dapat kita lakukan? Nah, bagi kamu yang penasaran ingin mengetahuinya, maka kamu dapat menyimak lebih lanjut penjelasan serta informasi kali ini.

Cara Mengurangi Penyimpanan Internal

Berikut ini hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi penyimpanan internal pada ponsel kamu:

1. Clear Data

Clear data merupakan salah satu pembersihan seluruh data dan pengaturan aplikasi yang sudah tersimpan di Hp. Dengan melakukan create data tersebut maka aplikasi akan kembali ke setting awal pada saat pertama kali digunakan.

Cara yang satu ini tidak hanya dapat digunakan untuk membersihkan ruang memori internal saja, ternyata juga dapat mengatasi aplikasi yang bermasalah.

Untuk metode yang satu ini dapat kamu lakukan untuk membersihkan aplikasi YouTube, spotify Google Chrome maupun games yang memang cukup menguras pemakaian memori kamu.

Baca Juga:  Review 5 Fitur AI Terbaru di Google Maps, Navigasi Jadi Semakin Mudah dan Keren!

2. Clear Cache

Sebenarnya cara membersihkan memori internal hp juga dapat dilakukan dengan cara membersihkan data cache dari aplikasi-aplikasi yang terpasang di hp tersebut. Hal tersebut dikarenakan setiap aplikasi yang terpasang memiliki file cache yang berbeda-beda.

Semakin meningkatnya frekuensi penggunaan aplikasi tersebut, maka akan semakin menumpuk juga cache dari aplikasinya.

Nah, untuk menghapus file cachenya, maka kamu dapat membuka menu settings, kemudian buka menu apps dan buka juga menu manage apps. Setelah itu, kamu dapat mencari aplikasi mana yang ingin kamu hapus file cache-nya.

3. Simpan File Pada Memori Eksternal Atau Cloud

Supaya nantinya kamu dapat mengurangi kapasitas memori internal, Apakah kamu dapat menyimpan file gambar, audio, video dan yang lainnya pada memori eksternal maupun layanan Cloud seperti Google Drive.

Karena Google Drive ini sudah menyediakan memori penyimpanan yang berkapasitas sampai 15 GB secara gratis.

Sehingga kamu dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menyimpan file sehingga menjadi lebih fleksibel karena dapat diakses kapan saja.

4. Nonaktifkan Fitur Auto Download Di Whatsapp

Seperti yang kita ketahui bahwa WhatsApp memiliki fitur auto download yang akan membuat HP kamu menyimpan banyak sekali file.

Mulai dari foto, audio, video, dan yang lain sebagainya, tentunya dengan aktifnya fitur tersebut akan membuat memori HP kamu menjadi penuh.

Supaya kamu dapat menghindari hal tersebut, maka kamu dapat menonaktifkan fitur auto download. Sehingga nantinya hanya file-file tertentu saja yang akan masuk ke dalam memori hp yang kamu gunakan.

5. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara lain untuk mengurangi penyimpanan internal yaitu dengan uninstall aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi. Untuk memilih aplikasi mana saja yang akan kamu hapus, kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan dan cari opsi apps.

Baca Juga:  Inilah Bocoran Spesifikasi HP HMD Pulse Pro, Kamera Utama 50 MP

Setelah itu kau mau sortir satu persatu aplikasi mana saja yang akan kamu hapus dan jika sudah selesai klik uninstall apps.

Dengan melakukan cara tersebut maka memori internal kamu dapat kembali leluasa sehingga bisa digunakan untuk menyimpan file lain yang lebih penting.

Mungkin itu saja cara mengurangi penyimpanan internal yang dapat kamu lakukan, Semoga bisa membantu dan selamat mencoba tipsnya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas