Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Semut, Lakukan Langkah Ini!

631
×

5 Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Semut, Lakukan Langkah Ini!

Sebarkan artikel ini
laptop kemasukan semut

Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Semut – Laptop kemasukan semut menjadi salah satu gangguan yang umum terjadi. Apabila laptop telah kemasukan semut tentu akan mengganggu. Apalagi semut yang masuk dalam laptop dalam jumlah yang banyak.

Walaupun semut menimbulkan risiko kecil terhadap kerusakan, tetapi kehadirannya sangat mengganggu.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Mengatasi Backlight Laptop Mati dan Apa Penyebabnya

Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Semut yang Bisa Pemilik Lakukan

Semut bisa masuk dalam laptop umumnya terjadi karena terdapat makanan atau minuman terletak dekat laptop. Apabila Anda sering meletakkan laptop dekat makanan atau minuman, tidak menutup kemungkinan jika semut bisa masuk dalam laptop. Penyebab perangkat tersebut bisa kemasukan semut lainnya yaitu dari faktor peletakannya.

Jika pemilik sering meletakkan laptop di dekat tembok yang semut lewati, tentu saja hewan kecil itu akan mampir dalam laptop. Mereka akan mengira bahwa laptop merupakan sarangnya.

Maka dari itu, sebaiknya jangan meletakkan laptop dekat dengan sarang semut atau tembok yang biasa mereka lewati.

Apabila hewan ini sudah terlanjur masuk dalam laptop tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa cara mengatasi laptop kemasukan hewan tersebut yang bisa Anda lakukan. Berikut merupakan berbagai cara mengatasi laptop yang sudah kemasukan semut:

Jemur Laptop Sebentar

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi semut yang masuk dalam laptop yaitu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Anda bisa menjemur laptop di bawah sinar matahari dalam posisi layar membelakangi cahaya. Jangan sampai Anda menjemur laptop dengan posisi layar menghadap matahari.

Apabila melakukan hal tersebut tentu layar laptop Anda bisa rusak. Biarkan laptop terkena sinar matahari selama 5 sampai 7 menit saja. Jangan biarkan laptop terlalu lama terkena sinar matahari karena bisa menimbulkan risiko kerusakan.

Baca Juga:  Resmi Rilis! Asus ROG Flow X13, Laptop Gaming Convertible Pertama di Dunia

Gunakan Laptop Sampai Panas

Cara mengatasi laptop kemasukan semut selanjutnya yaitu gunakan laptop sampai panas. Ketika laptop dalam posisi mati maka bisa menjadi lembab, apalagi jika lama tidak Anda gunakan. Hal tersebut tentu bisa membuat semut semakin senang berada dalam laptop.

Maka dari itu untuk mengusir semut, sebaiknya gunakan laptop secara rutin. Pastikan menggunakan laptop secara rutin sampai menjadi panas. Suhu laptop yang panas bisa mengusir semut untuk keluar.

Tetapi, apabila suhu laptop panas berlebihan bisa menyebabkan semut mati. Semut yang mati justru bisa mengundang temannya untuk masuk dalam laptop.

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan laptop sampai panas untuk mengusir semut, tetapi jangan sampai membuat laptop menjadi panas yang berlebihan.

Menggunakan Vacuum Cleaner

Cara mengatasi laptop kemasukan semut selanjutnya yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. Sebaiknya gunakan nozzle yang lebih kecil supaya bisa menjangkau bagian yang sulit. Arahkan vacuum cleaner di rongga-rongga pada laptop.

Vacuum cleaner bisa membuat semut masuk dalam mesin sehingga akan hilang. Arahkan nozzle secara perlahan sampai semut berhasil keluar semuanya. Pastikan membersihkan semut dengan cara hati-hati supaya tidak menimbulkan kerusakan.

Tiup Rongga Laptop

Cara mengatasi hewan mini ini yang masuk pada laptop selanjutnya yaitu dengan meniup rongga laptop. Apabila mendapati semut keluar dan merayap di atas keyboard, maka Anda bisa langsung meniupnya. Dengan begitu semut akan hilang bersama dengan angin yang keluar dari mulut.

Cara ini sangat tepat untuk Anda lakukan apabila semut yang masuk dalam jumlah yang sedikit. Tetapi apabila semut yang masuk dengan jumlah yang banyak, tentu akan merasa kesulitan.

Menggunakan Kapur Barus

Menggunakan kapur barus menjadi salah satu cara untuk mencegah dan mengusir semut yang masuk dalam laptop. Penggunaan kapur barus dalam laptop menjadi salah satu cara yang aman apabila Anda melakukan.

Baca Juga:  Mengenal 5 Perbandingan Qualcomm dan MediaTek dari Berbagai Sisi, Mana yang Lebih Bagus

Langkahnya juga mudah, cukup dengan mengoleskan kapur barus saja pada kertas. Pastikan bahwa kapur barus teroles pada kertas secara merata.

Hal ini bisa Anda lakukan supaya hasil bisa maksimal. Setelah itu, letakkan laptop di atas kertas tersebut beberapa menit. Apabila semut telah mencium aroma kapur barus tersebut, mereka akan keluar dengan sendirinya.

Nah, itu dia ulasan tentang cara mengatasi laptop kemasukan semut. Berbagai cara tersebut bisa Anda lakukan sebagai solusi aman untuk mengusir semut dari dalam laptop. Dengan begitu, kegiatan Anda saat menggunakan laptop bisa nyaman lagi tanpa adanya rasa terganggu.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas