Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Mengatasi Indikator Laptop Tidak Menyala, Tetapi Lampu Power Hidup

277
×

5 Cara Mengatasi Indikator Laptop Tidak Menyala, Tetapi Lampu Power Hidup

Sebarkan artikel ini
indikator laptop

Cara Mengatasi Indikator Laptop Tidak Menyala – Lampu indikator laptop tidak menyala ketika dicas membuat Anda panik. Sebab, lampu indikator yang tidak menyala adalah indikasi laptop bermasalah. Walaupun tidak semua jenis laptop punya lampu indikator, tetapi apabila ada lampu mati maka terdapat sejumlah kemungkinan yang perlu Anda cek.

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan yaitu mengecek laptop Anda dalam keadaan menyala atau mati. Jika laptop Anda dalam keadaan menyala, maka yang jadi masalah utama ada pada adaptor atau charger.

Lampu Indikator Laptop Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya

Biasanya, letak lampu indikator adalah di body laptop. Fungsinya adalah untuk mempermudah pengguna di dalam memahami keadaan laptop. Lampu indikator laptop tersebut biasanya memberi simbol.

Baca Juga: Penyebab Mengapa Laptop Bunyi Beep Saat di Charge, Begini 7 Cara Mengatasinya

Indikator utama merupakan lampu indikator yang menunjukkan laptop tersebut menyala.  Sedangkan lampu indikator charging umumnya terdiri dari dua warna dan punya mode indikator.

Seperti lampu warna merah menandakan keadaan baterai akan habis. Sementara itu, lampu dengan warna merah diam menampilkan baterai yang sedang diisi. Lalu untuk lampu berwarna hijau atau putih menunjukkan bawah kapasitas baterainya penuh.

Lantas, bagaimana cara mengecek lampu indikator laptop tidak hidup saat Anda charger?

Hal yang Perlu Dicek Saat Lampu Indikator Laptop Tidak Menyala

Terdapat sejumlah tahap awal yang harus Anda lakukan. Anda perlu lebih dulu memastikan komponen mana yang mengalami kerusakan saat lampu indikator laptop tidak hidup ketika Anda cas. Baru setelah itu Anda bisa membeli lalu menggantinya dengan komponen anyar.

Periksa Keadaan Adapter atau Charger Laptop

Adapter atau yang bisa disebut sebagai charger ini merupakan benda yang pertama kali yang harus Anda cek saat lampu indikator laptop tidak hidup. Pengecekan dapat Anda lakukan dengan memakai alat bernama multitester.

Caranya pun cukup mudah. Tes pada ujung bagian kepala cas yang dimasukkan ke laptop memakai 2 pen yang terdapat di multitester.

Apabila Anda ukur pada pengaturan volt, maka output charger akan menampilkan tegangan seperti yang tertulis pada informasi di body adapter atau belakang body laptop.

Penyebab masalah indikator laptop tidak hidup kerap kali karena adapter laptop ini sendiri. Biasanya, hal tersebut juga menandakan bahwa baterai laptop Anda tidak terisi apabila adapternya rusak.

Dengan demikian, cobalah mengukurnya lebih dulu menggunakan multitester untuk melihat apakah charger laptop berfungsi secara normal.

Cek Konektor Baterai

Periksa juga konektor baterai laptop Anda. Sebab, ini juga bisa menjadi penyebab lampu indikator laptop tidak menyala. Pastikan bahwa konektor battery itu benar-benar duduk dengan baik pada tempatnya.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Padahal Sudah Dicas, Berikut Solusinya

Apabila tidak, Anda mesti memperbaikinya supaya lampu indikator laptop Anda bisa hidup. Anda juga perlu mengecek baterai laptop guna memastikan baterainya masih dalam keadaan bagus serta bisa berfungsi normal.

Cek Konektor DC

Berikutnya, Anda juga perlu mengecek konektor DC laptop Anda. Biasanya, konektor DC ini terletak pada bagian belakang laptop.

Periksa konektor itu untuk memastikan bahwasanya konektor DC laptop Anda bisa duduk dengan benar pada tempatnya. Apabila bisa seperti itu, maka Anda perlu segera memperbaikinya. Sehingga, lampu indikator laptop Anda kembali menyala.

Cek Perangkat BIOS

Anda pun perlu mengecek perangkat BIOS laptop. Perangkat BIOS tersebut bisa berpengaruh terhadap lampu indikator laptop.

Apabila Anda ada di BIOS, Anda mesti mengecek apakah terdapat settingan yang keliru atau tidak. Apabila ada, Anda perlu memperbaikinya supaya lampu indikator laptop Anda kembali hidup.

Reset BIOS

Apabila Anda sudah mengecek serta memperbaiki tiap-tiap pengaturan BIOS, Anda perlu mereset BIOS laptop. Melakukan reset BIOS bisa membantu Anda mengatasi permasalahan lampu indikator laptop tidak menyala.

Caranya yaitu dengan mematikan laptop lalu bukalah casingnya. Sesudah itu, Anda harus mencari tombol reset BIOS lalu tekan selama beberapa saat.

Selanjutnya, hidupkan kembali laptop dan cek apakah lampu indikator laptop Anda sudah hidup atau belum.

Cek Komponen yang Lain

Anda juga bisa mengecek komponen lain pada laptop Anda. Periksa komponen laptop secara keseluruhan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua komponen pada laptop Anda masih berfungsi dengan baik.

Apabila Anda mendapati adanya masalah pada salah satu komponen laptop, segeralah perbaiki sebelum Anda menghidupkan laptop. Hal ini untuk meminimalisir parahnya kerusakan dan mencegah komponen lainnya ikut rusak.

Demikian beberapa cara untuk menangani masalah lampu indikator laptop tidak menyala. Apabila masih belum berhasil, bawalah laptop Anda ke tukang service terpercaya untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas