Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Membuat Kata Sandi FB yang Aman dan Mudah Diingat, Akun Lebih Aman Anti Hacker

824
×

5 Cara Membuat Kata Sandi FB yang Aman dan Mudah Diingat, Akun Lebih Aman Anti Hacker

Sebarkan artikel ini
kata sandi fb

Cara Membuat Kata Sandi FB yang Aman – Cara membuat kata sandi Fb yang kuat bisa Anda coba untuk meningkatkan keamanan akun. Menariknya lagi, untuk membuat kata sandi akun Fb yang kuat itu ada banyak cara. Tutorial aplikasi Facebook ini juga mudah sehingga pemula tak perlu ragu untuk mencobanya.

Cara Membuat Kata Sandi Fb yang Kuat Dengan Mudah

Kata sandi atau yang juga terkenal dengan sebutan password menjadi salah satu hal penting karena berkaitan dengan akses login suatu akun, tak terkecuali pada Facebook. Karena hal itu, Anda harus membuat password yang aman.

Dalam artian, tidak ada orang lain yang bisa membobol akun Facebook Anda karena passwordnya lemah. Berkaitan dengan hal itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kata sandi Fb yang kuat dan aman. Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga: 5 Cara Promosi Gratis di Facebook Solusi Menghemat Budget!

Jangan Pakai Kata-kata Umum

Salah satu caranya yaitu jangan menggunakan kata-kata yang umum. Sebagai contoh yaitu akun Facebook, kata sandi, dan lain sebagainya.

Apabila Anda menggunakan password berisikan kata-kata umum, maka lebih mudah untuk orang lain tebak. Meski Anda menyimpan password serapi mungkin, orang lain tetap bisa membobol akun Facebook karena masalah tersebut.

Membuat Password yang Panjang

Selain jangan pakai kata-kata umum, pastikan Anda juga membuat password yang panjang. Bahkan semakin panjang password tersebut, tentu kian kuat.

Dalam hal ini, Anda bisa membuat password melebihi anjuran minimal jumlah karakternya. Dengan begitu, akun Facebook Anda bisa lebih aman.

Kombinasi Karakter

Saat ingin membuat kata sandi Fb yang kuat, Anda juga bisa melakukannya dengan cara mengombinasikan berbagai jenis karakter sekaligus. Nyatanya password yang panjang saja masih bisa Anda tingkatkan keamanannya dengan cara ini.

Baca Juga:  6 Kebiasaan Ini Bikin Laptop Kalian Cepat Rusak, Yuk Simak!

Untuk cara ini, Anda bisa gunakan password berisikan huruf kapital, huruf kecil, angka, maupun simbol. Perihal simbol, Anda hanya boleh menggunakan karakter dengan standar ASCII. Password ini tak akan mudah untuk orang lain tebak.

Akan tetapi, Anda juga jangan sampai lupa bagaimana kata sandinya. Untuk mencegahnya atau antisipasi, Anda bisa membuat catatan kecil yang berisikan password.

Pastikan hanya Anda yang tahu catatan tersebut. Sementara untuk contoh kata sandi Fb yang kuat dan susah yakni J2k@rTh%*8ohjUK56.

Kombinasi Bahasa

Cara membuat kata sandi Fb yang kuat dan aman juga bisa Anda lakukan dengan mengombinasikan berbagai bahasa. Misalnya saja bahasa Indonesia dan Inggris.

Bisa juga menggunakan bahasa Indonesia dan Korea maupun bahasa lainnya. Password dengan kombinasi bahasa ini akan lebih sulit untuk kena retas.

Jangan Gunakan Informasi Pribadi

Dalam menciptakan password yang baik dan aman, ada baiknya jangan menggunakan informasi pribadi. Hal ini karena informasi pribadi seringkali jadi acuan awal orang lain saat ingin membobol akun Facebook Anda.

Sebagai contoh, Anda membuat password hanya berisikan email, tanggal ulang tahun, nama lengkap, dan lainnya tanpa ada kombinasi karakter. Hal tersebut sama saja seperti Anda menyerahkan akun Facebook ke orang lain yang ingin menyadapnya.

Tips Meningkatkan Keamanan Password

Pembahasan lainnya yang juga menarik untuk Anda ketahui yakni tips meningkatkan keamanan password. Password akun Facebook yang Anda masukkan akan semakin aman dan terhindar dari hacker apabila memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

Rutin Ganti Password

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan password akun Facebook yaitu rutin menggantinya. Semisal Anda bisa mengganti password akun Facebook setiap sebulan sekali.

Baca Juga:  3 Tips Memilih Laptop untuk Pelajar Agar Produktif, Berikut ini Caranya!

Dengan Anda rutin mengganti password, bisa meminimalisir risiko terkena penyadapan. Tips ini juga sangat penting untuk Anda lakukan apabila terpaksa harus memberitahukan password akun Facebook ke orang lain dengan tujuan tertentu.

Tidak Menyimpan Akses Login

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk membuat sekaligus meningkatkan keamanan kata sandi akun Fb agar kuat yakni tidak menyimpan akses loginnya. Terlebih lagi jika Anda login dari perangkat milik orang lain atau fasilitas umum.

Apabila Anda menyimpan akses login, maka akun Facebook rentan berpindah tangan ke orang lain yang menggunakan perangkat tersebut. Selain itu, alangkah baiknya jika Anda juga tidak menyimpan akses login di perangkat sendiri.

Jika Anda menyimpan akses login akun Facebook di gadget sendiri, akan sangat mengkhawatirkan saat perangkatnya hilang. Apabila perangkat ditemukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, bisa saja menyalahgunakan akun Facebook Anda.

Otentikasi Dua Faktor

Password akun Facebook Anda juga bisa lebih aman apabila melakukan otentikasi dua faktor. Pada dasarnya, otentikasi dua faktor berperan penting sebagai lapisan tambahan.

Apabila ada orang lain yang berupaya untuk meretas akun Facebook Anda, tentu harus melewati prosedur tertentu dan seringkali berujung gagal. Pasalnya, hanya Anda saja yang bisa menggunakan otentikasi di gadget asli.

Dari uraian di atas, terlihat jelas bahwa cara membuat kata sandi Fb yang kuat terbilang sederhana. Jangan ragu untuk melakukannya demi keamanan akun Facebook Anda.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas