Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

5 Cara Membersihkan Door Trim Mobil, Coba Langkah Sederhana Berikut Ini!

525
×

5 Cara Membersihkan Door Trim Mobil, Coba Langkah Sederhana Berikut Ini!

Sebarkan artikel ini
Door Trim Mobil

Cara Membersihkan Door Trim Mobil – Cara membersihkan door trim mobil tidak terlalu sulit dicoba. Door trim mobil menjadi bagian interior yang membutuhkan perawatan tepat. Dengan mengetahui tips perawatan mobil yang tepat bisa mempercantik tampilan kendaraan Anda.

Umumnya panel pintu mobil menggunakan bahan plastik atau karet yang mudah kotor. Bahkan terlihat menguning jika terpapar sinar matahari secara terus-menerus. Selain itu, komponen mobil ini mudah terkena noda maupun kotoran yang menempel.

Untuk bisa menjaga tampilan interior tetap bersih dan terawat, maka perlu melakukan pembersihan rutin. Sehingga ketahui beberapa langkah dalam membersihkan door trim yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: 5 Cara Merawat Transmisi Mobil Matic, Mudah dan Hemat Biaya

Cara Membersihkan Door Trim Mobil Mudah Dilakukan

Bagian dari mobil cukup beragam, salah satunya yakni door trim atau panel pintu. Komponen tersebut memiliki banyak nilai fungsi dalam mempercantik tampilan interior yang terlihat apik.

Untuk mempercantik tampilan biasanya pengguna melapisi door trim dengan berbagai material. Meski terkadang cukup tricky untuk Anda bersihkan. Fungsi lainnya dari door trim yakni sebagai tempat menempel beragam tombol kontrol pengemudi.

Cara membersihkan bagian mobil ini perlu perhatian khusus. Berbeda dengan bagian eksterior yang bisa Anda bersihkan dengan leluasa. Anda perlu berhati-hati sehingga kelistrikan tombol tidak mengalami korsleting.

Adapun beberapa tips cara membersihkan door trim mobil untuk Anda coba, sebagai berikut.

1. Persiapkan Peralatan

Sebelum Anda mulai pembersihan, akan lebih baik mempersiapkan peralatan. Misalnya seperti sikat gigi bekas, kain lap bersih, sabun cuci piring, air, hingga penghapus noda.

Sebaiknya hindari penggunaan pembersih dengan kandungan bahan kimia keras. Sebab, hanya akan merusak permukaan panel pintu pada mobil Anda.

2. Bersihkan Bagian Dalam

Saat akan membersihkan bagian door trim, maka perlu memperhatikan bahannya. Perlu Anda tahu bahwa door trim memiliki beragam jenis bahan pembuatan, salah satunya lapisan kulit.

Anda bisa mencoba menggunakan kain katun, lap microfiber, serta cairan pembersih kulit. Kemudian, hanya perlu memberikan cairan pada lap microfiber. Setelah itu, menggunakannya untuk membersihkan bagian mobil ini dengan gerakan memutar.

Jika terdapat noda membandel, maka bisa mengulangi cara ini hingga beberapa kali hingga menghilang. Selanjutnya, biarkan hingga beberapa menit. Jika sudah, bersihkan menggunakan kain katun yang bersih.

Selain bahan kulit, door trim juga akan memanfaatkan material kain. Jika menggunakan bahan yang satu ini, cara membersihkan door trim mobil harus lebih berhati-hati.

Sebab, kesalahan saat membersihkan bagian mobil berbahan kain justru akan membuat tampilannya tampak semakin kotor dan mudah rusak. Untuk membersihkannya, maka hanya perlu menyikatnya secara perlahan tanpa air.

Sebaiknya Anda melakukannya secara searah agar debu bisa hilang secara menyeluruh. Sementara jika terdapat noda membandel, maka perlu memanfaatkan cairan interior cleaner.

Hal tersebut agar bisa menghilangkannya secara tuntas. Ternyata ada pula door trim yang menggunakan bahan plastik. Door trim bahan satu ini bisa Anda bersihkan dengan mudah.

Sebaiknya siapkan sikat, cairan pembersih, maupun lap chamois. Untuk membersihkan door trim bahan plastik dengan menyikatnya perlahan serta hati-hati.

3. Bersihkan Bagian Luar 

Setelah membersihkan bagian dalamnya, cara membersihkan door trim mobil bagian luar dengan kain lap bersih yang sudah Anda basahi. Sebaiknya rendam kain tersebut menggunakan air.

Selanjutnya tuangkan sedikit dengan sabun cuci piring. Kemudian, poles kain lap secara perlahan pada bagian luar. Untuk itu, lakukan secara perlahan dan hati-hati agar menghindari goresan pada permukaan panel pintu mobil tersebut.

4. Gunakan Pelindung Permukaan 

Jika ingin menjaga tampilan panel pintu mobil selalu terawat serta menghindari penguningan. Sebaiknya Anda menggunakan pelindung permukaan khusus yang dijual pada toko aksesoris.

Pelindung permukaan yang akan membantu mencegah kerusakan dari paparan sinar matahari. Bahkan juga bisa menjaga tampilan panel pintu mobil tetap tampak baru.

5. Perhatikan Kebersihan Secara Rutin

Untuk bisa menjaga door trim mobil tetap bersih serta terawat, akan lebih baik perhatikan kebersihannya secara rutin. Anda perlu membersihkan panel pintu mobil selama seminggu sekali. Bahkan juga bisa lebih jika mobil sering Anda gunakan.

Pastikan tidak membiarkan kotoran menumpuk pada door trim mobil ini. Sebab, hanya akan membuat kerusakan atau perubahan warnanya.

Pastikan memahami cara membersihkan door trim mobil dan lakukan secara teratur. Door trim mobil Anda menjadi terjaga kebersihannya serta terhindar dari efek negatif yang mungkin terjadi.