Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Penyebab Laptop Nyetrum Saat di Charge, Karena Instalasi Listrik Buruk

2212
×

4 Penyebab Laptop Nyetrum Saat di Charge, Karena Instalasi Listrik Buruk

Sebarkan artikel ini
laptop nyetrum saat di charge

Penyebab Laptop Nyetrum Saat di Charge – Laptop nyetrum saat di charge adalah permasalahan yang kerap terjadi. Biasanya, masalah laptop nyetrum hanya muncul saat Anda melakukan charging atau mengecas. Meskipun terkadang permasalahan tersebut juga mungkin muncul ketika laptop Anda pakai tanpa terhubung dengan charger.

Sebagai salah satu pengguna perangkat laptop, terdapat begitu banyak masalah yang bisa saja terjadi pada laptop Anda. Nah, salah satunya ialah laptop nyetrum. Hal tersebut biasanya terjadi akibat adanya permasalahan di grounding pada kelistrikan di rumah Anda.

Baca juga: 6 Cara Cek Kondisi Kesehatan Laptop, Mudah dan Paling Akurat!

Laptop Nyetrum Saat di Charge dan Penyebabnya

Dapat dikatakan, laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang cukup banyak dibutuhkan saat ini. Alasannya, dengan menggunakan laptop beragam aktivitas harian pengguna terasa lebih mudah.

Sebagai contoh untuk sarana bisnis, mengelola dokumen, mengatur data keuangan, sampai untuk menunjang kebutuhan aktivitas belajar mengajar. Namun, intensitas pemakaian laptop yang tinggi kadang menyebabkan perangkat tersebut mengalami sedikit persoalan.

Salah satu yang sering terjadi ialah laptop nyetrum ketika di cas, terutama pada komponen yang berasal dari bahan logam.

Cara untuk Mengatasi Laptop Nyetrum Saat di Charge

Efek dari nyetrum tersebut tentu saja cukup mengganggu kenyamanan saat menggunakan laptop itu sendiri. Lantas bisakah Anda perbaiki? Tentunya bisa.

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi masalah laptop Anda yang nyetrum ketika sedang Anda cas.

Perbaiki Instalasi Listriknya

Seperti penjelasan sebelumnya, penyebab yang sangat umum dari laptop nyetrum ini adalah akibat buruknya sistem grounding listrik atau instalasi listrik. Nah, itulah pentingnya untuk memilih teknisi pemasangan listrik yang handal ketika melakukan instalasi kabel listrik, baik di kantor maupun rumah.

Baca Juga:  Begini 4 Cara Kerja Genmoji di iPhone, Fitur Apple yang Mirip Emoji

Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan laptop yang nyetrum ini, Anda perlu memperbaiki kembali sistem grounding listrik tersebut. Sebab, masalah nyetrum ini bukan hanya dapat terjadi pada laptop saja. Tetapi bisa juga pada perangkat elektronik yang lain, seperti PC, televisi, kulkas, dan sebagainya.

Memperbaiki sistem grounding listrik di rumah Anda juga dapat membuat laptop maupun peralatan listrik yang lainnya menjadi lebih awet, terlebih untuk jangka waktu panjang.

Alirkan Listrik ke Tembok

Apabila Anda masih belum bisa memperbaiki sistem grounding listrik, solusi alternatifnya ialah dengan menghubungkan casing ke tembok memakai kabel. Cara kerjanya adalah kabel akan mengalirkan listrik statis yang tersebar pada casing laptop agar masuk ke dalam tembok atau tanah.

Cara ini juga terbilang cukup efektif. Inilah cara ampuh untuk mengatasi laptop nyetrum saat di charge:

  1. Pertama siapkan kabel apa saja dengan ukuran sedang tak terlalu besar
  2. Jika sudah, hubungkan ke laptop Anda (sambungkan melalui baut yang terdapat pada casing)
  3. Selanjutnya, masukkan kabelnya ke tembok menggunakan paku
  4. Pastikan sambungan tersebut tidak gampang lepas
  5. Dengan begitu, casing laptop atau komponen yang lainnya pun menjadi tidak nyetrum lagi.

Periksa Komponen Hardware pada Laptop

Kondisi laptop yang nyetrum juga dapat terjadi karena adanya masalah pada komponen hardware laptop. Contohnya pada komponen baterai, yang mana di dalam baterai tersebut ada komponen yang rusak atau mengalami masalah.

Dengan begitu mengakibatkan aliran listriknya menjadi tidak normal. Anda bisa mencoba untuk mengganti baterai laptop dengan yang lainnya namun sama tipenya.

Selain baterai, mungkin juga masalah ini terjadi karena kerusakan komponen hardware yang lain pada laptop. Anda dapat memeriksanya satu per satu memakai pengukur daya supaya lebih gampang menemukan penyebab utamanya.

Baca Juga:  3 Cara Menghubungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel dengan Benar, Solusi Gampang Tanpa Ribet!

Gantilah Charger Laptopnya

Cas laptop yang mengalami masalah juga bisa menjadi penyebab laptop nyetrum saat di charge. Bisa jadi komponen yang terdapat di dalam charger laptop Anda sudah tidak lagi berfungsi secara normal.

Sehingga, hal tersebut membuat aliran listriknya juga tidak normal. Hal itu pada akhirnya menjadikan pengguna laptop terkena setrum ketika menyentuh pada bagian komponen laptop dari material logam.

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk mengganti cas laptop dengan charger yang baru. Tetapi ingat, silahkan pilih charger ori atau asli yang memang kompatibel dengan tipe laptop milik Anda. Sebab apabila tidak, besar kemungkinan hal itu justru bakal menyebabkan kerusakan lainnya pada laptop.

Bawa ke Tukang Servis

Apabila beberapa cara di atas masih belum cukup membantu untuk mengatasi laptop nyetrum, maka langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah membawanya ke tukang servis laptop.

Tentunya, teknisi laptop paham benar tentang beragam permasalahan yang sering terjadi pada laptop serta bagaimana cara mengatasinya.

Dengan adanya permasalahan laptop nyetrum saat di charge, maka akan menyebabkan komponen yang lain turut bermasalah. Dimana daya listrik pada perangkat akan berpengaruh terhadap komponen lainnya, sehingga bakal lebih gampang rusak. Dengan begitu, jika masalah ini terjadi sesegera mungkin Anda perbaiki.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas