Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Tips dan Cara Mengatasi Motor Matic Ngegas Tanpa Harus ke Bengkel

981
×

3 Tips dan Cara Mengatasi Motor Matic Ngegas Tanpa Harus ke Bengkel

Sebarkan artikel ini
motor matic

Tips dan Cara Mengatasi Motor Matic Ngegas – Cara mengatasi motor matic ngegas dengan langkah mudah. Motor matic yang ngegas sendiri ada banyak cara mengatasi. Sebaiknya Anda lakukan langkah yang tepat sebagai solusi agar masalah pada gas motor tersebut dapat teratasi dengan aman.

Jika memang tidak bisa mengatasinya, cobalah kunjungi bengkel resmi agar motor tetap aman dan nyaman saat digunakan.

Baca juga: Rekomendasi 3 Ban Tubeless Motor Matic Terbaik dan Tips Memilihnya

Cara Mengatasi Motor Matic Ngegas dengan 3 Langkah Mudah

Bagi Anda yang memiliki motor matic terkadang banyak masalah yang sering dihadapi. Salah satunya masalah gas motor yang ngegas sendiri secara tiba-tiba.

Jika tidak segera teratasi tentu masalah ini akan membahayakan. Berikut ini kami akan berikan 3 langkah mudah agar motor matic ngegas sendiri bisa segera teratasi.

Periksa Throttle (gas) dan Kabel Gas

Pastikan kabel gas tidak terjepit atau terikat dengan cara yang salah. Periksa juga apakah throttle kembali ke posisi semula dengan bebas setelah Anda melepaskannya.

Selain itu, pastikan throttle (gas) pada stang motor matic Anda kembali ke posisi tertutup dengan bebas setelah Anda melepaskannya. Jika throttle terjepit atau terhalang, itu dapat menyebabkan motor terasa ngegas.

Bahkan memeriksa kabel gas terjepit, kusut, atau terikat dengan cara yang salah perlu Anda perhatikan. Pastikan kabel gas bergerak dengan lancar saat Anda memutar throttle (gas) pada stang.

Throttle body adalah bagian dari sistem injeksi yang mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin. Jika throttle body kotor atau terhalang, itu dapat menyebabkan masalah pada regulasi gas.

Namun membersihkan throttle body dengan menggunakan cairan pembersih throttle body bisa Anda lakukan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada produk pembersih tersebut.

Baca Juga:  Inilah 4 Penyebab V Belt Motor Sering Putus, Begini Solusi dan Efeknya

Sensor throttle position (TPS) mengukur sejauh mana throttle (gas) terbuka. Jika TPS tidak berfungsi dengan benar atau memberikan pembacaan yang salah, itu dapat menyebabkan masalah ngegas sendiri pada motor matic. Pastikan untuk memeriksa dengan cermat throttle (gas) dan kabel gas, serta membersihkan throttle body secara teratur.

Periksa Sistem Injeksi Bahan Bakar

Cara mengatasi motor matic ngegas sendiri dengan memeriksa injeksi bahan bakarnya. Pastikan sistem ini berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah seperti injektor yang tersumbat atau sensor yang rusak. Jika Anda merasa tidak nyaman untuk memeriksa sistem injeksi sendiri.

Injektor adalah komponen yang menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Untuk itu, pastikan injektor tidak tersumbat atau kotor. Jika ada endapan atau kotoran pada injektor, bersihkan menggunakan cairan pembersih injektor yang direkomendasikan.

Selain itu, pastikan tekanan bahan bakar yang masuk ke sistem injeksi sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Jika tekanan bahan bakar terlalu rendah atau terlalu tinggi, itu dapat menyebabkan motor matic ngegas sendiri.

Tidak hanya itu saja, filter bahan bakar dapat menjadi tersumbat oleh kotoran atau endapan dari bahan bakar. Periksa filter bahan bakar dan pastikan itu bersih. Periksa sistem injeksi bahan bakar secara berkala dan pastikan komponen-komponen tersebut berada dalam kondisi yang baik.

Bersihkan Filter Udara

Cara mengatasi motor matic ngegas sendiri bisa dengan mencoba membersihkan filter udaranya. Filter udara yang kotor dapat menyebabkan campuran udara dan bahan bakar yang tidak tepat. Sehingga pada gilirannya dapat menyebabkan motor ngegas sendiri.

Cara untuk membersihkan filter udara pada motor matic mulai dari mematikan mesin terlebih dulu. Selanjutnya temukan filter udara yang biasanya terletak di dalam kotak filter udara yang dapat diakses dengan membuka penutup di bagian samping atau di bawah jok.

Baca Juga:  Inilah 6 Keuntungan Menggunakan Aplikasi DANA, Banjir Promo Menarik

Kemudian lepaskan penutup atau klip yang mengamankan filter udara. Lalu periksa filter udara untuk melihat apakah ada kotoran, debu, atau endapan yang menumpuk. Gunakan sikat lembut atau kompresor udara untuk membersihkan filter udara.

Jika filter udara dalam kondisi yang buruk, sebaiknya ganti dengan yang baru. Sebaiknya pastikan filter udara terpasang dengan rapat dan aman dan tutup kembali penutup filter udara.

Membersihkan filter udara secara teratur dapat membantu menjaga kinerja motor matic dan mencegah masalah ngegas sendiri. Ada banyak cara mengatasi motor matic ngegas sendiri, sebaiknya coba untuk mengatasinya sendiri. Namun, jika memang tidak bisa teratasi bawa ke bengkel terpercaya.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas