Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Penyebab Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi, Begini Cara Mengatasinya!

424
×

3 Penyebab Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi, Begini Cara Mengatasinya!

Sebarkan artikel ini
play store tidak bisa download

Penyebab Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi – Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store? Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Jika kamu pernah atau sedang mengalaminya, Intrik.id akan membahas apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini! Cek penjelasan lebih lengkap tentang Play Store tidak bisa download aplikasi berikut, yuk.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan Play Store tidak bisa mendownload. Di antaranya adalah terdapat gangguan internal dari aplikasi itu sendiri dan juga sistem HP tidak ter-update. Masalah ini terhitung umum untuk kamu yang menggunakan HP Android.

Baca juga: 3 Cara Download Playstore di Laptop dengan Mudah dan Cepat 2023

Meskipun umum, masalah ini tentunya sangat mengganggu jika kamu akan mengunduh aplikasi yang diperlukan saat situasi penting. Di antaranya, saat ingin membuat akun m-banking dan perlu meng-install aplikasinya. Atau, kamu ingin mengunduh aplikasi untuk keperluan administrasi seperti Peduli Lindungi atau Taspen Otentikasi.

Nah, untuk dapat mengatasi masalah kenapa Play Store tidak bisa mendownload, kamu perlu melakukan beberapa cara berikut. Simak terus artikel tutorial dari Intrik.id berikut ini, ya!

Mengapa Play Store Tidak Bisa Mendownload?

Beberapa faktor berikut ini merupakan alasan kenapa Play Store tidak bisa mendownload. Kamu perlu mengikuti penjelasan di bawah ini.

Memori HP Penuh

Alasan pertama yang menjadikan Play Store tidak bisa mendownload aplikasi adalah memori HP kamu penuh. Ketika memori HP kamu penuh, tentu saja proses pengunduhan aplikasi  akan terganggu. Proses download juga akan berhenti secara otomatis.

Kamu perlu mengecek ketersediaan memori kamu secara berkala. Jadi jika ingin download aplikasi baru, kamu tak perlu lagi mengalami kendala ini.

Sistem Operasi Belum Diperbarui

Faktor lain yang menyebabkan Play Store tidak dapat mendownload aplikasi adalah sistem operasi HP masih lawas atau belum diperbarui. Untuk mengetahui apakah sistem operasi di HP kamu sudah update atau belum, berikut ini caranya:

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Klik Tentang Telepon (About Phone)
  3. Lalu klik Software Information

Cache HP Menumpuk

Cache HP yang menumpuk juga menjadi faktor kenapa Play Store eror dan tidak bisa mendownload aplikasi.  Dengan rutin membersihkan cache, potensi untuk Play Store tidak dapat mendownload aplikasi bisa kamu hindari.

Perlu diketahui, file cache merupakan file yang disimpan sementara yang dapat kamu kelola untuk mempercepat proses penyajian data. Adanya file cache ini berguna untuk efisiensi waktu saat kamu mengoperasikan sistem, aplikasi, ataupun browser. Tetapi, jika file tersebut menumpuk, maka kamu juga bisa mendapat masalah seperti dalam pembahasan ini.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Setelah mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan Google Play Store tidak dapat mendownload aplikasi, kamu perlu tahu cara untuk mengatasinya. Berikut ini tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Ikuti penjelasannya di bawah ini.

Periksa Koneksi Internet

Memeriksa koneksi internet merupakan Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Bisa jadi, Play Store gagal mendownload aplikasi karena koneksi internet kamu yang lemot.

Untuk bisa mendapatkan koneksi internet yang kuat, kamu bisa menyambungkan perangkat ke jaringan WiFi. Setelah itu, silakan coba kembali untuk mendownload aplikasi yang diinginkan.

Restart HP Kamu

Cara selanjutnya adalah dengan me-restart HP kamu. Cara ini cukup simple dilakukan, kamu hanya perlu menekan tombol power sampai muncul opsi Matikan atau Muat Ulang. Jika tidak terdapat opsi tersebut, kamu tinggal menekan tombol power sampai HP kamu mati dan kembali menyala.

Selanjutnya, buka Play Store dan pilih aplikasi yang ingin kamu download. Jika Play Store tetap tidak dapat mendownload aplikasi, kamu perlu mengikuti cara selanjutnya.

Menghapus Cache dan Data Play Store

Jika kedua cara yang telah disebutkan tidak berhasil, kamu perlu melakukan pembersihan data. Cara ini bisa kamu lakukan jika tidak bisa download di Play Store padahal memori kosong. Tenang aja, kamu bisa menghapus cache dan data Play Store dengan gampang, kok. Ikuti Langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, kamu perlu membuka menu Pengaturan
  2. Pilih opsi Aplikasi & Notifikasi
  3. Selanjutnya, klik Lihat Semua Aplikasi
  4. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan aplikasi Google Play Store
  5. Pilih opsi Penyimpanan
  6.  Setelah itu, kamu tinggal pilih opsi Hapus Cache dan Hapus Data

Jika sudah dihapus cache dan datanya, kamu tinggal buka Kembali Play Store. Silahkan pilih aplikasi yang ingin kamu unduh.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas