Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru Tidak Ribet dan Komisi Langsung Cair

481
×

3 Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru Tidak Ribet dan Komisi Langsung Cair

Sebarkan artikel ini
Tiktok affiliate

Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru – Kesempatan baru untuk menambah penghasilan kini hadir dengan cara mendaftar TikTok Affiliate. Popularitas TikTok sekarang gak terbatas hanya sebagai platform media sosial, tetapi juga telah berkembang menjadi platform belanja online.

Dengan berkembangnya peran TikTok dalam berbelanja online, kamu bisa bergabung sebagai affiliate dan memanfaatkan peluang ini. Banyak orang yang telah memanfaatkan peran affiliate dan semakin populer. Nah, berikut ini nih ulasan tentang pengertian dan cara mendaftar TikTok Affiliate.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Video TikTok Wajib Content Creator Ketahui!

Apa Sih TikTok Affiliate Itu?

TikTok Affiliate adalah program yang dibuat oleh aplikasi TikTok untuk menghubungkan antara kreator dan penjual (seller). Program ini memungkinkan seseorang untuk memberikan tautan dari konten video di TikTok untuk membeli produk atau barang yang dijual oleh seller.

Secara sederhana, orang yang bergabung menjadi TikTok Affiliate dapat mempromosikan produk yang dijual oleh para seller. Namun, program ini tidak hanya menguntungkan bagi para seller, karena sebagai kreator, kamu bisa memperoleh komisi jika bergabung dalam program affiliate.

Oleh sebab itu sebelum jadi TikTok Affiliate, tentunya kamu harus daftar dulu dan mengikuti panduan cara mendaftar TikTok Affiliate berikut ini.

Cara Mendaftar TikTok Affiliate untuk Kreator

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan saat mau mendaftar jadi TikTok Shop Affiliate untuk kreator. Pastikan tidak ada kesalahan saat proses pendaftaran. Nah, berikut langkah-langkahnya yang harus Diazens lakukan.

  • Akses seller-id.tiktok.com/account/welcome melalui browser.
  • Daftar atau masuk dengan menggunakan akun kreator TikTok kamu.
  • Baca dan setujui beberapa syarat dan ketentuan terkait TikTok Shop.
  • Klik tombol ” Authorized” untuk menyetujuinya.
  • Lengkapi semua data yang diminta, seperti alamat email, nomor telepon, alamat, dan lain-lain.
  • Jika sudah tandai kotak pada halaman informasi dasar.
  • Verifikasi data KTP dan lakukan selfie dengan KTP, lalu lengkapi data yang diminta.
  • Tekan tombol ” Simpan” dan tunggu email dari TikTok sebagai bukti registrasi.
  • Jika sudah mendapatkan bukti registrasi, pilih menu pengaturan dan privasi.
  • Pilih menu TikTok Shop.
  • Tambahkan produk yang akan dijadikan produk afiliasi.
  • Pilih produk menggunakan link dari TikTok Shop.
  • Lihat komisi yang dapat diperoleh saat mempromosikan produk yang dipilih.

Cara Mendaftar TikTok Affiliate untuk Seller

Para penjual juga bisa bergabung dan menawarkan produk mereka kepada kreator, dan menentukan komisi yang diberikan. Para seller bisa mengatur hal ini dari menu TikTok Shop Seller Center dengan cara masuk ke akun TikTok lebih dulu. Dengan cara ini, para kreator akan tertarik untuk mempromosikan produk jualan dari seller. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke halaman seller-id.tiktok.com dan login ke akun TikTok.
  • Akses website TikTok Shop Affiliate.
  • Pilih menu Program > Program Toko.
  • Buat dan pilih jenis komisi yang ingin diberikan pada kreator.
  • Tentukan persentase komisi yang akan diberikan.
  • Tekan tombol ” Kirim” untuk memvalidasi bahwa toko kamu sudah membuka kesempatan afiliasi.
  • Jika ingin menghentikan program afiliasi, kamu dapat memilih opsi ” Hentikan Program”.

Syarat Mendaftar TikTok Affiliate

Usai mengetahui cara mendaftar TikTok Affiliate, pelajari yuk apa aja sih syaratnya supaya untuk mendaftar jadi TikTok Affiliate. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi.

Langkah pertama yuntuk menjadi TikTok Affiliate adalah membuat akun TikTok Shop. Berbeda dengan akun kreator TikTok biasa, kamu perlu mendaftar ke TikTok Shop untuk bisa menjadi affiliate. Kamu tidak diwajibkan untuk menjual atau memproduksi barang untuk membuat akun TikTok Shop.

Kamu juga perlu memiliki rekening bank yang valid untuk menerima komisi dari program affiliate marketing. Nomor rekening yang terdaftar akan terhubung dengan pencairan komisi. Aktivitas dan performa akun juga bisa menjadi faktor penting dalam bergabung sebagai TikTok Affiliate.

Meskipun tidak diwajibkan, memiliki jumlah posting, pengikut yang banyak, atau engagement yang tinggi dengan penonton atau pengikut konten kamu dapat meningkatkan peluang kamu diterima sebagai affiliate. Namun, beberapa seller ada yang memberlakukan aturan minimal followers untuk affiliator yang mau mempromosikan produknya.

Gak Perlu Produk untuk Jadi TikTok Affiliate

Bila kamu memang berminat untuk menjadi seorang TikTok Affiliate, kamu gak harus memiliki produk secara langsung lho. Hal ini dikarenakan kamu hanya bertugas untuk mempromosikan produk yang dijual oleh para seller tersebut.

Sekarang, ada banyak contoh konten tanpa beli produk secara langsung di TikTok yang bisa masuk FYP misalnya dengan menggunakan beberapa foto dan menyematkan keranjang kuning, membuat kumpulan beberapa produk yang kamu rekomendasikan dan masih banyak lagi.

Cara Mendapatkan Komisi dari TikTok Affiliate

Ketika kamu menjadi TikTok Affiliate, kamu berkesempatan untuk mendapatkan komisi ketika pengguna membeli produk melalui tautan yang kamu promosikan. Oleh karena itu, semakin baik kamu dalam mempromosikan tautan tersebut, semakin besar pula komisi yang akan kamu dapatkan.

Sebagai aplikasi yang populer dan digunakan oleh banyak orang, TikTok tidak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga peluang untuk menghasilkan uang. Jika kamu tertarik untuk menjadi afiliasi TikTok.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas