Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Cek IP HP Android dengan Mudah dan Efektif

254
×

3 Cara Cek IP HP Android dengan Mudah dan Efektif

Sebarkan artikel ini
ip hp android

Cara Cek IP HP Android dengan Mudah – Cek IP HP bisa Anda lakukan dengan beberapa cara. Berikut akan kita bahas mengenai cara cek IP Address pada HP Android dengan mudah. Tutorial HP Android ini sangat mudah sehingga Anda bisa menerapkannya sendiri kapan saja ketika memang memerlukannya.

IP Address atau Internet Protocol Address merupakan sebuah alamat yang tertanam pada perangkat. Dengannya maka perangkat yang tersambung ke internet bisa terhubung dengan perangkat lainnya. IP Address terdiri atas 4 blok yang setiap bloknya terisi angka mulai dari 0 hingga 255.

Setiap ponsel yang terhubung ke jaringan internet pastinya memiliki alamat IP atau IP Address. Setiap ponsel pastinya juga memiliki IP Address sendiri-sendiri yang berbeda dan unik. Baik itu ponsel dari merek Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Huawei, Asus dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Tips Menghindari Aplikasi Android Berbahaya yang Beredar di Play Store!

Cek IP HP Android, Berikut Caranya yang Bisa Anda Terapkan

Beberapa orang mungkin mengabaikan dan tidak memedulikan IP Address ponsel mereka. Namun Anda pula yang sengaja ingin mengetahui apa IP Address HP yang mereka gunakan. Mengetahui IP Address HP memang bukan hal yang mustahil, bahkan kita bisa melakukannya sendiri.

Dengan mengetahui IP Address ponsel, maka Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat. Misalnya yaitu bisa lebih mengontrol koneksi jaringan, mendiagnosis dan mengatasi masalah jaringan. Mengatur perangkat seperti router atau printer agar bisa bekerja dalam jaringan yang sama.

Kemudian bisa mencegah kejahatan digital sehingga mampu meningkatkan keamanan dan privasinya. Manfaat lainnya yaitu pastinya mampu meningkatkan pengalaman online selama mengakses internet. Manfaat tersebut mungkin membuat beberapa orang termasuk Anda ingin melihat IP Address.

Cara cek IP HP pada ponsel Android sebenarnya juga cukup mudah dan simpel. Anda bisa melihat IP Address pada ponsel milik sendiri baik menggunakan aplikasi maupun tidak. Namun Anda tidak boleh melihat IP Address orang lain tanpa izin atau alasan yang jelas.

Sebab hal tersebut termasuk pelanggaran privasi dan juga pelanggaran etika penggunaan internet. Lalu bagaimanakah cara untuk mengecek atau mengetahui IP Address ponsel sendiri? Berikut akan kita bahas beberapa caranya yang bisa Anda terapkan dengan mudah:

Melalui Menu Pengaturan

Pada dasarnya setiap ponsel sudah menyediakan berbagai informasi tentangnya untuk pengguna. Termasuk informasi mengenai IP Address yang bisa kita lihat di menu pengaturan. Cara ini tentunya sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Berikut cara mengeceknya:

  • Pertama nyalakan ponsel Android Anda dan bukalah menu Pengaturan seperti biasanya.
  • Setelah itu carilah menu “Tentang Ponsel” atau “About Phone” dan bukalah menu tersebut.
  • Cara cek IP HP selanjutnya pilih menu “Status” atau “About Phone”.
  • Selanjutnya cari informasi IP Address dan Anda bisa melihat berapa IP Address ponsel Anda.
  • Anda pun bisa mencatat dan menyimpan IP Address tersebut jika sewaktu-waktu membutuhkannya.
  • Cara melihat IP Address ponsel Android melalui menu pengaturan pun sudah selesai.

Melalui WiFi

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan setting WiFi. Metode yang kedua ini tidak kalah mudah dan Anda tidak perlu mengunduh aplikasi lain. Nah, berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda terapkan dengan mudah dan cepat:

  • Pertama Anda harus menghubungkan ponsel Android dengan jaringan WiFi terlebih dahulu.
  • Setelah WiFi terhubung dengan ponsel maka klik jaringan WiFi yang Anda gunakan tersebut.
  • IP Address ponsel Anda pun akan muncul secara otomatis, jangan lupa untuk mencatatnya.

Cek IP HP Menggunakan Aplikasi

Selain dua cara di atas, masih terdapat cara lainnya yaitu dengan memanfaat aplikasi. Kini sudah tersedia banyak aplikasi untuk mengecek IP Address ponsel, misalnya Whats is my IP address. Berikut adalah cara mengecek IP Address menggunakan aplikasi What is my IP address:

  • Pertama unduh dan pasang aplikasi What is my IP address pada ponsel melalui Google Play Store.
  • Setelah aplikasi tersebut terpasang, maka Anda bisa langsung membukanya.
  • Kemudian Anda bisa langsung melihat IP Address ponsel beserta beberapa informasi lainnya.

Itulah beberapa cara cek IP HP pada ponsel Android yang bisa Anda lakukan. Setelah mendapatkan IP Address pastikan untuk menjaganya agar tidak tersebar. Tujuannya untuk menjaga keamanan dan mencegah risiko buruk yang mungkin terjadi.

Home
Adv
Kontak
Cari
Ke Atas