Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

3 Cara Agar Video TikTok Jernih dan Tidak Buram, Lebih Enak Ditonton

1514
×

3 Cara Agar Video TikTok Jernih dan Tidak Buram, Lebih Enak Ditonton

Sebarkan artikel ini
video tiktok

Cara Agar Video TikTok Jernih dan Tidak Buram – Aplikasi edit video CapCut menyajikan beragam fitur-fitur yang berguna untuk melakukan pembuatan konten video. Dengan fitur-fitur yang ada, pengguna bisa menggabungkan banyak video atau potongan cuplikan untuk menjadi kesatuan video utuh yang menarik untuk ditonton.

Kualitas video TikTok yang buram pastinya kurang enak ditonton, karena detailnya yang kurang jelas. Selain itu, video TikTok milikmu juga akan susah masuk ke FYP.

Baca juga: 2 Cara Copy Caption TikTok dengan Benar dan Mudah di Laptop

Lalu, bagaimana cara agar video TikTok tidak buram dan tetap HD? Yuk, scroll ke bawah untuk tahu ulasan lengkapnya!

Penyebab video TikTok jadi buram

Video jadi buram setelah diunggah ke TikTok biasanya karena penurunan kualitas video. Ini bisa disebabkan oleh hal-hal yang kurang sesuai sebelum kamu mengunggah video.

Apa saja hal-hal yang kurang pas tersebut? Berikut ini tiga di antaranya yang harus kamu tahu.

  • Resolusi layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah

Tiktok akan mengatur kualitas video yang diunggah sesuai dengan resolusi layar di HP-mu. Namun, resolusi maksimal yang disediakan TikTok hanya sampai 1080p.

Jika kamu mengunggah video beresolusi 4K, TikTok otomatis akan menurunkan kualitas video ke batas maksimal 1080p. Begitu pula dengan video beresolusi rendah, hasilnya akan semakin buram.

  • Spesifikasi video yang berbeda

TikTok memiliki spesifikasi khusus untuk video. Jika video yang kamu unggah belum memenuhi syarat, TikTok secara otomatis akan mengubah spesifikasinya agar sesuai standar.

Bagi kamu yang merekam video menggunakan kamera atau aplikasi selain bawaan TikTok, kemungkinan video yang kamu unggah akan mengalami penurunan kualitas video dan menjadi lebih buram.

  • Kapasitas server yang terbatas
Baca Juga:  9 Cara FYP di TikTok dengan tips yang anti gagal, Siap-siap Viral

Aktivitas unggah dan menonton video beresolusi 1080p di TikTok membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Ketika kapasitasnya hampir penuh, kualitas video di TikTok juga akan ikut menurun dan kurang jernih.

Cara agar video TikTok tidak buram

Sebenarnya, spesifikasi video di TikTok bisa kamu penuhi dengan mudah. Ketika video sudah memenuhi syarat, TikTok tidak akan menurunkan kualitas video yang kamu unggah.

Inilah syarat video yang dimaksud:

  • Ukuran maksimal video 250 MB (iOS) dan 75 MB (Android)
  • H.264 codec, MP4 atau MOV
  • Format video vertikal dengan rasio 1080px x 1920px

Selain spesifikasi video di atas, berikut ini ada lima cara agar video TikTok tidak buram yang bisa kamu coba. Dijamin video tetap HD dan anti buram!

1. Matikan mode penghemat data

Cara agar video TikTok tidak buram yang pertama adalah mematikan mode penghemat data atau data saver. Mengapa harus dimatikan? Pasalnya, mode ini bisa menurunkan resolusi video.

Memang data saver bisa menghemat penggunaan data, tapi resolusi video jadi menurun. Video pun tampak buram dan tidak jernih, detailnya juga kurang ter-highlight dengan baik.

Agar video milikmu tetap jernih, kamu bisa mematikan data saver dengan mudah. Ikuti tutorial di bawah ini, ya!

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Klik menu ‘Me’ di pojok kanan bawah
  3. Ketuk titik tiga di sebelah kanan atas
  4. Pada ‘Cache & Cellular Data’, tekan toggle ‘Data Saver’
  5. Selesai, mode data saver sudah dimatikan.

2. Rekam video dengan resolusi tinggi

Selain mematikan mode penghemat data, kamu juga harus membuat video dengan kualitas terbaik. Pastikan, kamu memilih resolusi yang sesuai dengan kondisi saat merekam.

Contohnya, pada kondisi ideal, kamu bisa gunakan resolusi 1080p untuk dapatkan video berkualitas tinggi. Sementara, di kondisi kurang cahaya, resolusi 480p dan 720p adalah yang terbaik.

Baca Juga:  Rekomendasi 6 Laptop ASUS 3 Jutaan, Ramah Kantong untuk Kebutuhan Sekolah dan Kerja

Mengapa 1080p tidak digunakan di kondisi kurang cahaya? Resolusi tersebut akan menghasilkan kualitas video yang buruk alias buram, saat dipakai di tempat yang kurang cahaya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kamera belakang untuk merekam video. Dilansir IT Geared, kamera belakang ponsel memiliki resolusi lebih baik dibanding kamera depan.

3. Upload video melalui TikTok web di laptop

Video-mu selalu buram saat diunggah melalui aplikasi TikTok di HP? Jika iya, kamu bisa gunakan alternatif lain, seperti unggah video lewat TikTok web di PC atau laptop.

Langkah-langkahnya cukup mudah. Berikut ini cara agar video TikTok tidak buram yang bisa kamu coba.

  1. Buka TikTok web melalui tautan https://www.tiktok.com
  2. Klik ‘Log In’ dan pilih ‘Scan QR Code’
  3. Buka aplikasi TikTok di HP dan scan QR di TikTok web untuk konfirmasi log in
  4. Tekan ikon ‘Upload Video’ dan unggah video yang kamu inginkan
  5. Lengkapi caption dan gambar cover 
  6. Klik ‘Post’ dan video TikTok berhasil diunggah
  7. Cek video apakah masih buram atau tidak.

Nah, itulah cara agar video TikTok tidak buram. Yuk, coba tutorialnya, supaya video TikTok-mu tetap HD dan berpeluang tinggi masuk FYP.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas