Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Buah Gayam bagi Kesehatan Mengobati Sariawan Hingga Diare

229
×

Inilah 7 Manfaat Buah Gayam bagi Kesehatan Mengobati Sariawan Hingga Diare

Sebarkan artikel ini
manfaat buah gayam

Manfaat Buah Gayam bagi Kesehatan – Buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan berkat kandungan di dalamnya. Untuk Anda yang penasaran dengan khasiat buah ini lengkap dengan kandungannya, maka bisa simak uraian berikut.

Manfaat Buah Gayam untuk Kesehatan Tubuh

Di bawah ini adalah beberapa khasiat yang bisa Anda peroleh dari buah gayam.

Sumber Antioksidan

Buah gayam mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Hal ini karena buah gayam kaya akan kandungan antioksidan, khususnya flavonoid.

Berkat fungsi tersebut, buah gayam terbukti efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imunitas tubuh yang baik bisa menghindarkan siapa saja dari serangan penyakit.

Menariknya lagi, kandungan antioksidan yang tinggi ternyata juga mampu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, Anda bisa senantiasa sehat dan prima dalam menjalani rutinitas sehari-hari apabila mengonsumsi buah gayam.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Kesuburan

Membersihkan Usus

Usus merupakan salah satu organ yang penting dalam mendukung kinerja saluran pencernaan. Dengan Anda mengonsumsi buah gayam, maka sama saja telah berupaya untuk membersihkan kotoran yang ada di usus.

Kotoran tersebut tentu saja juga mencakup sisa makanan yang telah dikonsumsi. Dengan usus yang bersih, maka akan lebih fungsional. Saluran pencernaan pun bisa terjaga kesehatannya.

Mengobati Diare

Manfaat buah gayam untuk kesehatan, terutama di saluran pencernaan, tak hanya berkaitan dengan usus saja, melainkan juga pengobatan diare. Sebagaimana yang kita tahu bahwa diare merupakan salah satu jenis penyakit di saluran pencernaan dengan kondisi terlalu sering buang air besar.

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini juga terbilang cukup mudah. Adapun caranya ialah dengan menyiapkan buah gayam yang segar terlebih dahulu sesuai kebutuhan.

Kemudian cucilah buah gayam tersebut hingga bersih dan potong kecil-kecil. Jika sudah, Anda bisa merebusnya hingga mendidih dan saring. Air rebusan tersebut bisa Anda minum dua kali sehari saat pagi serta sore hari.

Sumber Vitamin C

Tak bisa kita pungkiri bahwa buah gayam memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Salah satunya yaitu vitamin C. Dengan mengonsumsi buah gayam yang mengandung vitamin C, maka Anda bisa terhindar dari masalah sariawan maupun gusi berdarah.

Selain manfaat buah gayam untuk kesehatan tersebut, Anda juga bisa terlindungi dari berbagai masalah infeksi lainnya. Pada dasarnya, vitamin C ini tak hanya berkhasiat bagi kesehatan saja, melainkan juga kecantikan.

Pasalnya, berkat kandungan vitamin C tersebut, kulit jadi terlihat lebih cerah dan bersih. Melihat hal tersebut, tentu Anda bisa merasakan banyak khasiat hanya dengan mengonsumsi satu jenis buah saja.

Membantu Penyerapan Nutrisi Makanan

Tubuh bisa selalu sehat dan bertenaga apabila penyerapan nutrisi makanannya berlangsung dengan baik. Hanya saja karena beberapa alasan, penyerapan nutrisi makanan tidak optimal.

Untuk mengatasi tersebut, Anda jangan ragu mengonsumsi buah gayam. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah gayam bisa membantu penyerapan nutrisi makanan sehingga tubuh mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Menyembuhkan Nyeri Tulang

Apakah Anda tengah mengalami nyeri tulang? Jika iya, lebih baik untuk mengonsumsi buah gayam karena terbukti berkhasiat dalam menyembuhkan nyeri tulang.

Bukan hanya sebagai pengobatan herbal saja, melainkan juga jadi sarana pencegahan. Bisa kita bilang bahwa berkat buah gayam, maka jauh dari masalah nyeri tulang.

Kandungan Buah Gayam

Manfaat buah gayam untuk kesehatan memang melimpah. Semua ini berkat kandungan yang ada di dalam buah tersebut. Lantas apa saja kandungan buah gayam?

Di dalam buah ini, Anda bisa menemukan kandungan nutrisi berupa karbohidrat, protein, lemak, dan abu. Tak perlu khawatir soal lemak karena kadarnya terbilang rendah.

Dengan kandungan tersebut, buah gayam sangatlah ampuh menjaga kesehatan tubuh. Anda juga tak akan mengalami obesitas atau gangguan kesehatan apabila mengonsumsinya secara teratur, tepat, dan tidak berlebihan.

Dari review di atas, Anda tak perlu merasa penasaran lagi dengan apa saja manfaat buah gayam untuk kesehatan. Melihat manfaatnya yang sangat bervariasi, maka Anda tak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Imbangi pula dengan penerapan gaya hidup sehat agar hasilnya lebih optimal dan memuaskan.