Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

7 Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google Dalam Hitungan Detik

630
×

7 Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex Google Dalam Hitungan Detik

Sebarkan artikel ini
website terindex

Cara Agar Artikel Blog Cepat Terindex – Untuk membuat website kamu mudah ditemukan pada mesin pencarian Google, terlebih dulu kamu harus memastikan, apakah website kamu sudah masuk dalam Google Index? Memang SEO prosesnya sedikit rumit dan butuh proses. Sehingga dibutuhkan ketilitian dan analisa yang tepat. Bagi kamu yang tidak sempat melakukan itu semua kamu bisa menggunakan Jasa SEO.

Setiap pemilik situs pasti menginginkan situsnya terindex oleh Google secara cepat. Semakin cepat website terindex maka semakin cepat juga situs kamu muncul pada hasil pencarian SERP.

Baca juga: 4 Tips Aman Memilih Air Mineral yang Berkualitas untuk Kesehatan Keluarga

Namun, terkadang pemilik situs masih belum tahu bagaimana sebuah Google mengindex website dan cara agar website cepat terindex. Maka dari itu kamu perlu simak artikel kali ini sehingga website kamu bisa lebih cepat di halaman hasil pencarian dan ditemukan oleh pengguna. Langsung saja simak yuk!

Apa itu Google Index?

Google index adalah database Google yang berisi berbagai informasi dan halaman sebuah website. Dari database tersebut, Google dapat menampilkan berbagai hasil pencarian kepada pengguna.

Informasi dan halaman-halaman website tersebut didapatkan Google dari proses crawling dan indexing. Crawling adalah proses untuk “menemukan” berbagai halaman website, sedangkan indexing adalah proses untuk “menyimpan” setiap halaman website ke database agar muncul di hasil pencarian.

Bagaimana Cara Google Mengindex Website? 

Setelah mengetahui konsep index oleh Google, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara Google hingga bisa mengindex website.

1. Memanfaatkan Google Search Console

Cara pertama adalah memanfaatkan fitur dari Google Search Console.  Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk meminta index:

  • Buka situs Google Search Console.
  • Lalu pilih Inspeksi URL dan tempel link halaman yang hendak kamu index kemudian tekan enter. URL yang digunakan wajib sudah terdaftar pada Google Search Console.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil mendapatkan keberadaan URL tersebut.
  • Setelah itu halaman belum langsung terindex Google, agar terindex pilih Minta Pengindeksan.
  • Lalu Google Search Console akan memindai URL kemudian memastikan tidak ada eror seperti robot.txt atau yang lain.
  • Selesai, kamu sudah berhasil meminta pengindeksan pada Google dan sudah masuk dalam antrian.

2. Buat sitemap XML

Selanjutnya adalah membuat sitemap XML. Sitemap sendiri berisikan daftar halaman yang ada pada website kamu. Lantas mengapa harus membuat sitemap XML? Yaitu untuk mempermudah search engine dalam menemukan halaman web kamu.

Sehingga ketika crawler mencari halaman kamu, mereka bisa menemukannya langsung dalam satu file yakni sitemap, tanpa harus mencari satu persatu.

Apabila website mudah ditemukan, maka Google juga lebih cepat mengindex situs.

3. Buat konten

Membuat konten yang berkualitas juga merupakan salah satu cara mempercepat index Google. Mengapa demikian? Karena ketika website kamu berisi konten yang berkualitas dan relevan, maka Google akan melihat bahwa situs tersebut serius dan memang layak di-crawling.

Selain mengupload di web, kamu juga bisa membagikannya ke sosial media agar lebih banyak orang yang mengunjungi situsmu.

4. Tambahkan internal link

Ternyata, membuat artikel yang berkualitas saja tidak cukup kamu perlu tambahkan internal link di dalam artikel tersebut. Internal link sendiri merupakan link yang menuju konten atau halaman lain dalam situs yang sama.

Dengan menambahkan internal link dalam artikel, Google akan menilai bahwa situs kamu memiliki banyak konten dan satu sama lain saling berkaitan.

5. Ping URL

Ping URL merupakan cara untuk memberitahu Google bahwa terdapat update pada situs kamu, setelah itu mereka akan mengirimkan robot crawler untuk menjelajahi update yang terjadi.

Ping URL bisa dilakukan melalui beberapa tools diantaranya seperti Pingomatic, Pingdom, dan tools lainnya. Namun, yang perlu kamu ingat jangan terlalu sering melakukan ping karena justru akan dianggap spam oleh Google.

6. Buat halaman kategori konten

Cara cepat dalam melakukan Google index berikutnya yaitu membuat halaman kategori. Jika situs kamu membahas banyak topik, buat beberapa kategori sesuai topik yang ada, misanya blog intrik.id memiliki kategori konten Digital Marketing, Cyber Security, dan yang lain.

Cara ini dianggap dapat mempercepat index Google, karena pengunjung akan lebih mudah menemukan konten kamu. Selain itu Google juga lebih mudah menemukan konten yang serupa.

7. Ciptakan backlink

Cara mempercepat index Google yang terakhir yakni menciptakan backlink. Backlink merupakan link yang berasal dari situs lain namun menuju ke situs kamu. Semakin banyak backlink yang mengarah ke situs kamu, maka Google akan menilai bahwa situs tersebut berkualitas, sehingga mereka bisa lebih cepat mengindex halaman website.