Inilah 4 Cara Mengatasi HP Cepat Panas, Dijamin Dingin Seketika

hp cepat panas

Cara Mengatasi HP Cepat Panas – Apakah kamu pernah merasakan tidak nyaman saat menggunakan smartphone? Rasa tidak nyaman saat menggunakan smartphone terkadang disebabkan oleh masalah yang lemot, cepat panas, atau mungkin memiliki baterai yang boros.

Meskipun beberapa masalah tersebut normal dan dapat terjadi pada smartphone apapun, hp yang cepas panas terkadang dapat menandakan adanya kerusakan internal, masalah perangkat lunak, atau mungkin bagian malware yang tidak mendukung.

Baca juga: Terbaru! 4 Cara Merekam Layar HP yang Mudah Cepat dan Instan

Smartphone yang panas memicu berbagai macam kerugian yang dapat merusaknya. Biasanya hal ini terjadi karena kinerja perangkat berjalan berlebihan dan baterai mengalami masalah.

Ada berbagai macam penyebab ponsel pintar yang perlu kamu ketahui agar suhu tetap terjaga dan awet. Cara mengatasinya pun cukup mudah.

Penyebab HP Sering Panas

HP yang memiliki suhu panas sama sekali tidak nyaman untuk digenggam oleh para penggunanya. Tak hanya itu, panasnya gadget juga dapat berujung pada baterai rusak hingga perangkat mati.

Untuk menghindarinya, ada beberapa penyebab HP panas yang perlu kamu perhatikan, yakni sebagai berikut:

1. Keadaan Lingkungan yang Panas

Sinar matahari yang berlebihan dapat membuat handphone kamu panas. Selain itu, berada di ruangan yang cukup panas juga akan membuat perangkat panas. Hindari menyimpan atau menggunakan perangkat di tempat yang panas untuk menghindari kerusakan baterai.

2. Menonton Video Streaming Terlalu Lama

Ketika streaming video secara online, handphone akan terus menangkap sinyal agar video bisa berjalan dengan lancar. Aktivitas ini juga membutuhkan koneksi internet yang cepat dan daya baterai yang banyak.

Kamu perlu mengingat berapa lama saat menonton serial Netflix atau menonton video streaming di Nimo TV karena hal itulah yang membuat HP panas dan baterai terkuras.

3. Baterai Mengalami Masalah

Baterai yang sudah cukup lama dipakai, kualitasnya akan menurun. Hal ini memicu baterai cepat panas ataupun habis. Jika baterai smartphone sering panas apalagi dalam kadar waktu yang lama, sebaiknya ganti baterai yang baru agar HP tidak gampang panas.

4. Menggunakan Wallpaper Animasi

Wallpaper animasi dengan gambar animasi juga memicu handphone panas. Gambar di layar yang terus bergerak akan membuat kinerja HP terus berjalan tanpa henti. Hal ini juga memicu keborosan baterai perangkatmu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memakai wallpaper dengan gambar favoritmu namun tidak berbentuk animasi.

5.  Terlalu Lama Bermain Game

Bermain game merupakan suatu kegiatan mengasyikan saat mengisi waktu luang. Namun, tahukah kamu? Bermain game terlalu lama dapat membuat handphone cepat panas. Hal ini disebabkan oleh kinerja GPU yang bekerja sangat keras.

Untuk game yang memiliki intensitas cukup tinggi, pemrosesan pusat dan grafis handphone akan membuatnya menjadi cepat panas. Cukup gunakan handphone secukupnya lalu istirahatkan sejenak agar panas bisa berkurang. Kamu juga bisa menggunakan kipas untuk membuatnya dingin.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Dengan banyaknya penyebab HP panas yang berpotensi akan merusak perangkat, kini kamu tidak perlu khawatir karena cara berikut ini akan mengatasi suhu handphone yang panas. Simak selengkapnya:

1. Kurangi Aktivitas Multitasking

Banyak ponsel masa kini yang menawarkan performa andal untuk digunakan multitasking. Dengan keunggulan ini, kamu tetap harus menjaga suhu handphone saat melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan.

Aplikasi yang digunakan bersamaan tentunya akan membuat handphone cepat panas. Selain itu, aplikasi background yang terus berjalan membuatnya semakin berat.

Tutup aplikasi yang sedang tidak digunakan dan bersihkan tab pada smartphone-mu agar bisa tetap ringan dan awet.

2. Gunakan Charger Asli

Charger yang memiliki harga miring memang menggiurkan karena kamu tak perlu merogoh kocek yang dalam. Namun, kamu perlu berhati-hati, charger ini tidak jelas produksinya dan tentunya tidak asli.

Saat menggunakan charger yang tidak asli, kesehatan baterai handphone-mu akan terancam dan perangkat akan cepat panas. Dengan panasnya baterai secara berulang akan mengakibatkan kerusakan.

Jadi, tetap gunakan charger asli untuk menjaga kesehatan baterai dan handphone meskipun harga yang dijual biasanya agak tinggi.

3. Diamkan HP Beberapa Waktu

Saat suhu HP mulai panas, ada kalanya kamu perlu untuk mendiamkan perangkat beberapa saat hingga dingin. Hindari menyimpan handphone panas di atas bantal atau kasur dan di bawah sinar matahari karena akan membuatnya semakin panas.

4. Matikan GPS dan Bluetooth

Fitur GPS dan bluetooth bisa menyebabkan HP panas dan baterai cepat habis karena digunakan untuk mentransfer data dan memproses lokasi secara terus menerus.

Meskipun dalam keadaan diam, membiarkan kedua fitur itu menyala akan tetap membuat handphone panas. Untuk mengatasinya, aktifkan fitur hanya saat dipakai dan ketika sudah selesai kamu bisa langsung mematikannya.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas