Tak Perlu Takut! Ini Tips Olahraga Snorkeling untuk Para Pemula

olahraga

Tips Olahraga Snorkeling – Snorkeling adalah olahraga yang cukup banyak penggemarnya, terutama buat pada travelers. Snorkeling tidak hanya membuat tubuh bergerak aktif tetapi juga memungkinkan kita untuk melihat dunia bawah laut.

Walaupun tidak sedetail diving, snorkeling cukup menyenangkan dan mengobati rasa penasaran akan misteri dunia bawah laut. Buat kamu yang tertarik ingin mencoba olahraga snorkeling, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai seorang pemula berikut ini!

Baca juga: Mengenal 7 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh

Tips Olahraga Snorkeling untuk Pemula 

Snorkeling termasuk olahraga air yang aman dilakukan, bahkan buat kamu yang tidak bisa berenang. Akan tetapi,  tetap saja perlu perhatian khusus untuk para pemula yang hendak menjajal olahraga ini.

Lantas, seperti apa persiapan yang dilakukan saat hendak memulai olahraga snorkeling? Ini ulasannya:

1. Ketahui Cara Menggunakan Peralatan Snorkeling

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui cara penggunaan perlengkapan snorkeling. Pertama-tama pasang masker di atas mata dan ikat elastis belakang kepala. Pastikan tidak ada lilitan dan tali yang tidak rata dekat telinga. Tali masker harus pas di sekitar area kepala untuk memastikan masker tidak terlepas saat kamu bergerak di dalam air.

2. Tarik Napas Dalam-Dalam untuk Membantu Rileks

Selama snorkeling kamu akan bernapas menggunakan mulut. Mungkin ini menjadi sesuatu yang tidak biasa dilakukan dan bisa jadi membuat panik. Kamu harus tetap rileks dan jangan sampai kehabisan napas. Menarik napas dalam-dalam akan membantu kamu tetap rileks sembari menikmati keindahan bawah laut.

3. Jangan Menyentuh Batu Karang

Karang adalah organisme hidup, jadi jangan menyentuh atau berdiri di atasnya. Menjaga perilaku selama di bawah air sangat perlu diperhatikan untuk keberlangsungan organisme bawah air.

Jangan mengganggu makhluk laut atau kehidupan laut lainnya karena ini bisa berbahaya. Beberapa spesies bahkan bisa saja beracun. Beberapa di antaranya mungkin bereaksi secara defensif yang kemudian bisa membuat kamu terluka.

4. Wajib Menggunakan Pelampung

Sangat disarankan agar perenang snorkel menggunakan perangkat pelampung. Beberapa rompi pelampung dilengkapi dengan fitur yang memungkinkannya digembungkan melalui mulut untuk menambah daya apung.

Ada juga katup pelepas yang memungkinkan perenang snorkel menyelam ke dasar untuk melihat lebih dekat ikan dan kehidupan laut lainnya. Buat pemula, jangan pernah snorkeling sendirian.

5. Mengamati Kondisi Cuaca

Kondisi optimal untuk snorkeling adalah ketika laut tenang. Perlu kamu ingat, seiring berjalannya waktu, pola cuaca dapat berubah. Bahkan dengan prediksi cuaca cerah, penting untuk memeriksa sendiri apakah perairan kondusif untuk snorkeling atau tidak. Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama snorkeling.

6. Mengetahui Lokasi Snorkeling

Ketahui lokasi tempat kamu akan melakukan snorkeling. Pelajari sebanyak mungkin tentang tujuan snorkeling. Awasi lingkungan dan pastikan tidak ada banyak gelombang. Ikuti semua peraturan keselamatan, dan usahakan selalu waspada.

7. Jangan Memaksakan Diri

Ketahui batasan diri, ingatlah kalau ini pengalaman baru. Jika kamu terlalu lelah untuk menyelesaikannya, atau hanya merasa tidak nyaman, kamu bisa menghentikan snorkeling kapan saja.

Manfaat Olahraga Snorkeling

Tidak seperti diving, snorkeling memungkinkan kamu untuk melihat keindahan dunia bawah laut tanpa harus masuk lebih dalam. Walaupun tidak masuk sampai ke dalam laut, olahraga air ini dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti:

1. Memperkuat Otot

Snorkeling adalah aktivitas air yang memungkinkan kamu melatih seluruh tubuh. Gerakan kaki dan lengan yang memaksa otot-otot untuk melawan aliran air dapat memperkuat otot. Menendang lebih keras dan mendayung kaki juga dapat membakar lemak.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Saat menjelajahi bawah air dan melakukan gerakan mendayung menggunakan lengan dan kaki untuk menahan aliran air, detak jantung akan meningkat. Semakin cepat gerakan kamu lakukan, maka memungkinkan jantung menjadi lebih kuat bekerja.

Ini akhirnya mengurangi risiko masalah jantung seperti penyakit jantung koroner dan gagal jantung. Selain itu, snorkeling memungkinkan kamu membangun kapasitas paru-paru yang lebih besar, terutama ketika menahan napas di dalam air untuk waktu yang lama.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Suasana Hati

Snorkeling membantu meredakan kecemasan dan stres dan merupakan aktivitas air yang memicu pelepasan endorfin. Ini adalah bahan kimia yang bertanggung jawab untuk membuat mood lebih baik.

Kamu dapat mengendalikan pernapasan yang menenangkan pikiran seperti halnya meditasi, tetapi ini bahkan lebih baik karena kamu berada di bawah air. Aliran bawah laut menenangkan tubuh dan membuat diri merasa lebih nyaman.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas