Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

TOP 5 Aplikasi Chatting Android dan iOS Paling Rame dan Seru

285
×

TOP 5 Aplikasi Chatting Android dan iOS Paling Rame dan Seru

Sebarkan artikel ini
aplikasi

Aplikasi Chatting Android dan iOS – Bagi Anda yang baru saja membeli HP atau ingin menambah kenalan melalui berbagai aplikasi chat, postingan ini akan merangkum aplikasi chat apa saja yang bisa Anda gunakan.

Selain WhatsApp apalagi aplikasi chat yang cukup populer? Berikut lima aplikasi chat Android dan iPhone yang menarik dicoba.

Baca juga: 3 Tips Membuat Website Toko Online Tanpa Coding untuk Pemula

1. Telegram

Telegram, aplikasi chat hadir dengan tampilan yang lebih modern dan canggih, tidak kalah dengan beberapa aplikasi chat paling populer lainnya di dunia.

Aplikasi chat ini dapat kamu gunakan berbarengan dengan WhatsApp. Jadi, selain menginstall WhatsApp kamu juga menginstall Telegram.

Fitur-Fiturnya

Dari sisi fitur utama, Telegram tidak jauh berbeda dengan WhatsApp. Kamu dapat mengirimkan pesan teks, voice call, video call, grup, stiker, emoticon, grup, dan menambahkan kontak kamu otomatis sebagai teman pada telegram.

Hal yang membedakan Telegram dengan WhatsApp adalah privasi nomor telepon lebih rahasia dibanding WhatsApp. Kamu dapat menyembunyikan nomor telepon asli saat bergabung dengan grup atau channel.

Privasi Nomor Lebih Terjaga

Pengguna lain hanya mengetahui username dari Telegram. Dengan ini nomor kamu lebih terjaga privasinya.

Kemudian, menariknya Telegram dibanding WhatsApp adalah adanya fitur channel yang memungkinkan untuk berbagai berita, info terkini, atau update terbaru dari suatu event.

2. Line

Aplikasi chat yang hadir sebagai salah satu saingan dari WhatsApp dan Telegram yang tidak kalah populer di kalangan para pengguna media sosial. Terutama pelajar dan remaja.

Yaps, umumnya digunakan LINE oleh remaja atau anak kuliahan, misalnya grup sekolah atau grup kampus.

Pada LINE tersebut ditujukan untuk berkomunikasi perihal update informasi tugas, event, atau agenda tertentu.

Aplikasi ini cukup jarang digunakan untuk ibu-ibu atau orang dewasa. Begitu pula dengan dunia profesional yang lebih memprioritaskan menggunakan WhatsApp dibanding LINE.

3. Signal

Signal merupakan salah satu aplikasi chat android yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. Terlebih saat bos Tesla yaitu Elon Musk, menganjurkan para pengikutnya di twitter untuk beralih menggunakan signal.

Signal memiliki fitur yang dapat menjaga privasi dan keamanan penggunanya karena telah dilengkapi dengan fitur keamanan end-to-end encryption. Hingga saat ini signal telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna pada aplikasi play store.

Fitur-fitur umum seperti bertukar pesan, panggilan suara, dan panggilan video, telah hadir dalam aplikasi ini.

Signal sendiri memiliki kelebihan seperti tampilan yang simple, ringan dan juga tentunya terbebas dari iklan yang mengganggu. Hal telah dijanjikan oleh manajemen dari signal itu sendiri bahwa mereka tidak akan memasukkan iklan ke dalam aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, berbagai fitur dan keamanan yang ditawarkan, tentunya aplikasi ini bisa jadi salah satu pilihan dari sekian banyaknya aplikasi chat yang ada.

Sayangnya, untuk saat ini hype dari Signal cukup menurun dan pengguna beralih kembali pada penggunaan WhatsApp, LINE, atau Telegram.

4. WhatsApp

Di urutan pertama aplikasi chat yang harus kamu install adalah WhatsApp. Alasannya ialah mayoritas pengguna Android maupun iPhone menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chat utama mereka.

Hal ini berlaku hampir di berbagai negara di dunia, salah satunya Indonesia. Jadi, untuk stay update dan dapat menjalin komunikasi dengan kerabat, kenalan, atau orang yang baru kamu kenal, WhatsApp merupakan prioritas pertama.

Perihal fitur, layaknya SMS kamu utamanya dapat bertukar pesan teks dengan pengguna WhatsApp lainnya.

Hal yang membedakan adalah WhatsApp tidak membutuhkan pulsa tiap mengirimkan SMS, melainkan butuh jaringan internet saja.

Dimana ada internet, disana kamu dapat berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp lainnya.

Fiturnya yang simpel tapi menarik membuat WhatsApp tetap digemari para pengguna dari berbagai kalangan usia.

Kemudian terdapat pula fitur WhatsApp yang lebih ditujukan untuk bisnis, yakni WhatsApp Business. Fitur ini cocok bagi kamu yang sedang membangun bisnis dan komunikasi utamanya menggunakan WhatsApp.

5. OmeTV Chat

Bila kamu ingin aplikasi chat yang anti mainstream dan random, OmeTV bisa kamu coba.

Dengan OmeTV, kamu dapat mengobrol dengan pengguna OmeTV lainnya di seluruh dunia. Meskipun demikian, biasanya sistem akan mempertemukan kamu dengan pengguna lain dengan wilayah yang sama.

Pada aplikasi ini, kamu akan chat melalui video dengan pengguna lain secara acak. Disini kamu dapat saling kenal, menanyakan kabar, hingga belajar bahasa daerah lain dengan pengguna OmeTV yang kamu temui.

Ya, sebagai contoh Fiki Naki yang bertemu dengan pengguna OmeTV lainnya dari berbagai negara. Disini sambil menjadi kenalan, ia juga berlatih bahasa Inggris dan bahasa lainnya.