Wisata Pantai Pandan, Pantai Cantik yang Kaya Pesona di Tapanuli Tengah

pantai pandan

Pantai Pandan bagi masyarakat yang berada di daerah Tapanuli Tengah tentunya bukan lagi pantai yang asing. Pantai yang satu ini memang seringkali dijadikan sebagai lokasi favorit untuk berlibur, terutama ketika liburan panjang tidak. Maka dari itulah, tak heran jika wisata berupa laut tersebut populer di tempat ini.

Ketika mengunjungi Pantai Pandan Anda akan disuguhkan hamparan air laut yang terbentang begitu luas. Tak hanya pada hari libur saja, pantai tersebut pun begitu ramai dikunjungi ketika hari biasa. Selain itu tak jarang pengunjung yang berasal dari area luar kota maupun luar negeri menikmati panorama yang disuguhkan di wisata pantai ini.

Baca juga: Destinasi Wisata Bukit Paralayang, Dengan Sensasi View Diatas Awan

Air laut yang terdapat di pantai ini mempunyai warna yang terbilang cukup unik jika dibandingkan dengan Pantai lain. Hal itu dikarenakan warna air yang hijau serta kebiru-biruan. Tak hanya itu saja, airnya pun juga terlihat jernih ditambah dengan pepohonan yang tumbuh sejuk dan rindang. Suasana di pantai memang benar-benar alami dan menenangkan.

Daya Tarik Wisata Pantai Pandan

pantai pandan

1. Pemandangan Perahu

Perlu diketahui Pantai Pandan memiliki ombak yang cukup tenang. Di tempat ini banyak sekali perahu nelayan yang beroperasi. Perahu tersebut ditumpangi oleh mereka yang ingin mencari ikan di laut.

Perahu yang terdapat di sekitar pantai telah jadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terlebih lagi ketika sore hari, Anda akan menyaksikan perahu yang begitu elok diterpa oleh cahaya matahari tenggelam.

2. Keindahan Bawah Laut

Pantai Pandan diketahui kaya akan flora dan faunanya yang begitu beragam dan juga cantik. Terumbu karang yang terdapat di pantai ini masih mempunyai ekosistem yang begitu asri. Pepohonan dan tanaman di area pantai juga dilestarikan dan dijaga dengan baik. Beragam keindahan panorama bawah laut yang ada di sana tentu akan membuat siapapun terpukau.

3. Bukit yang Elok dan Indah

Saat pengunjung berada di Pantai Pandan, maka panorama hamparan air laut tentu akan menjadi keindahan tersendiri. Namun tak sekedar itu saja, di tempat tersebut Anda akan menyaksikan sebuah bukit yang terbilang cukup tinggi dan berada di area kanan pantai.

Keberadaan dari bukit ini semakin menambah elok pantai, begitu unik karena memang tidak semua pantai yang berada di kawasan tersebut memiliki bukit yang cukup tinggi seperti di tempat ini. Tak jarang wisatawan yang sengaja datang ke tempat tersebut merasa penasaran dan mendaki bukit.

4. Ombak Laut yang Tenang

Ombak yang terdapat di Pantai Pandan bisa dikatakan sangatlah tenang sehingga tidak berbahaya sama sekali bagi pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Hal itu dikarenakan air serta ombak lautnya sangat bersahabat, dengan begitu berbagai macam aktivitas air dapat dilakukan secara aman di tempat ini.

5. Panorama Sunset yang Begitu Menggugah

Saat sore hari tiba, wisatawan akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan panorama sunset atau matahari tenggelam di sekitar pantai tersebut. Perpaduan antara laut yang biru dipadu dengan warna langit yang jingga tentu akan menciptakan suasana yang begitu romantis. Tentunya pemandangan tersebut tak boleh disia-siakan.

6. Pantai yang Begitu Bersih

Ketika mengunjungi salah satu area wisata tentu hal yang menjadi prioritas selain keindahannya adalah kebersihannya. Itulah yang nantinya para pengunjung dapatkan ketika mengunjungi Pantai Pandan, karena selain panoramanya yang begitu indah, Anda pun akan mendapati pantai tersebut begitu bersih.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

pantai pandan

Pantai Pandan yang begitu indah tersebut berada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Akses untuk menuju ke area wisata bisa ditempuh dengan mudah oleh pengunjung. Infrastruktur yang sudah disediakan agar bisa mengakses tempat wisata memang sudah sangat mendukung.

Untuk rute yang harus ditempuh, nantinya pengunjung bisa menuju ke area lokasi melalui jalur darat ataupun jalur udara. Jika Anda memilih untuk menggunakan jalur darat, maka di sini Anda bisa memakai angkutan umum, baik itu bus umum ataupun travel bus dengan jurusan Medan ke Sibolga.

Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Kota Medan menuju ke Kota Sibolga sendiri dibutuhkan setidaknya kurang lebih selama 10 jam. Memakai jalur darat memang akan memerlukan waktu yang cenderung lebih panjang, rute yang harus dilewati di sini cenderung sulit.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandan

pantai pandan

Hal yang tak kalah menarik ditawarkan oleh Pantai Pandan yang memiliki pasir putih ini yaitu di sana tidak diterapkan harga tiket masuk. Dalam artian bisa masuk dengan gratis ke tempat ini. Pengunjung yang kebetulan membawa kendaraan pribadi nantinya hanya perlu membayar uang parkir saja.

Besaran uang parkir yang dikenakan relatif terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp 3.000 saja untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat yaitu sebesar Rp 5.000. Karena itulah, pantai ini menjadi salah satu favorit, karena tempat tersebut merupakan area wisata yang murah meriah.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas