5 Wisata Kuliner Malang yang Terkenal Enak dan Wajib Dicoba

malang

Malang merupakan kota dengan berbagai destinasi wisata alam ataupun rekreasi. Kamu bisa mengunjungi wisata museum, pantai ataupun pegunungan ketika berkunjung ke Malang. Nah, ada yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berada di sini, yakni kulinernya!

Salah satu kuliner khas Malang yang terkenal adalah bakso dan bakwan Malang. Toppers pasti tahu makanan ini, karena banyak pedagang kaki lima yang menjualnya dimana-mana. Namun, kuliner khas Malang bukan hanya itu, melainkan ada berbagai macam.

Oleh sebab itu, kamu tidak boleh melewati beberapa wisata kuliner Malang ketika berada di daerah dingin ini. Bahkan ada rumah makan legendaris di Malang yang pertama kali buka tahun 1920-an.

Baca juga: Rekomendasi 8 Makanan Khas Nganjuk Unik dan Enak

Daftar Kuliner Malang yang Terkenal Enak

Mulai dari camilan, makanan berkuah, hingga lauk pauk yang siap membuat kamu makan dengan lahap, Malang punya pilihan terbaiknya. Simak dan jadikan tempat makan di bawah ini destinasi wisata kulinermu di Malang!

1. Depot Hok Lay

Kuliner Malang yang harus kamu kunjungi pertama adalah Depot Hok Lay. Rumah Makan yang dibangun pada 1946 ini memiliki beraneka ragam menu masakan dari mie hingga lumpia.

Minumannya pun tak kalah eksis. Beberapa waktu lalu Depot Hok Lay pernah viral karena menu susu coklat yang disajikan di botol Coca Cola, Fosco namanya.

Jika mampir kesini, pastikan untuk memesan Pangsit Cwie Mie Malang yang sedap dan sebotol Fosco segar. Kedua menu itu bikin petualangan kuliner di Malang tidak akan terlupakan, Toppers!

  • Lokasi: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65118
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00–20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp20.000–Rp25.000/menu

2. Toko Oen Malang

Apabila Toppers ingin mencicipi makanan ala Eropa di rumah makan bergaya klasik, cobalah kunjungi Toko Oen Malang. Tempat ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda sekitar tahun 1930-an.

Suasana vintage sangat terasa ketika memasuki Toko Oen. Anda bakal mendapati desain bangunan dan interior bernuansa Belanda dengan kesan jadul, tapi tetap asyik.

Resep makanan yang digunakan pun tidak berubah sejak dulu. Kamu bisa mencoba berbagai pilihan rasa es krim, dan pilihan menu makanan berat seperti steak, bakmi, salad sayur dan buah, hingga roti.

  • Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00–20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp25.000–Rp60.000/menu

3. Pecel Kawi Malang Hj. Musilah

Berkunjung ke Malang jangan lupa untuk mampir di Pecel Kawi Malang Hj. Musilah, Toppers. Kamu bisa menikmati pecel ala Jawa Timur-an yang berbahan sambal kacang dengan sayuran rebus.

Perbedaan Pecel Kawi dengan pecel pada biasanya, pecel yang satu ini dilengkapi rempeyek, telur, tempe, bakwan, dadar jagung dan sebagainya. Rasanya dijamin enak dan gurih.

Toppers bisa menikmati Pecel Kawi di Rumah Makan Hj. Musilah yang telah beroperasi dari tahun 1975. Harganya pun cukup terjangkau hanya Rp14.000/porsi, langsung bikin senang lidah dan perut kenyang!

  • Lokasi: Jalan Kawi Kios No.43B Kauman, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00–17.30 WIB
  • Kisaran Harga: Rp10.000–Rp30.000/menu

4. Warung Lama Haji Ridwan

Wisata kuliner Malang selanjutnya ada di dalam pasar. Warung Lama Haji Ridwan terletak di lantai dasar Pasar Besar Malang. Warungnya cukup sederhana, tetapi kelezatannya tidak bisa diragukan lagi, Toppers.

Warung Lama Haji Ridwan pertama kali dibuka pada tahun 1919, pada waktu itu Haji Ridwan masih menjajakan dagangannya dengan gerobak. Kemudian ia resmi membangun warung tetap pada tahun 1925.

Kamu bakal menikmati berbagai masakan khas Malang yang begitu murah meriah di sini. Menu andalannya adalah rawon dan nasi campur.

  • Lokasi: Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15 -16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65141
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00–16.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp4.000–Rp17.500/menu

5. Bakso President

Berkunjung ke Malang, rasanya kurang lengkap kalau tidak mencoba bakso khas Malang. Ada satu tempat makan bakso legendaris di sini, namanya Bakso President. Masyarakat lokal pasti tahu benar asal usul usaha bakso Malang, karena telah ada sejak tahun 1970-an.

Di Bakso President, Toppers dapat menikmati semangkuk bakso sambil melihat kereta api yang lewat. Bakso Malang sendiri memiliki kekhasan dalam variasi menunya. Satu porsi Bakso Malang ada sajian bakso, tahu, siomay, gorengan, hingga pangsit kering.

  • Lokasi: Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00–21.30 WIB
  • Kisaran Harga: Rp12.000–Rp25.000/menu
Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas