3 Tips Restart Laptop dengan Keyboard Tanpa Ribet

laptop

Restart laptop Windows memang cuma perlu klik logo windows, lalu cari opsi restart. Tapi gimana kalau mouse kamu rusak atau touchpad tidak berfungsi?

Windows menyediakan banyak sekali shortcut dengan keyboard, bahkan sebenarnya kamu bisa mengoperasikan keseluruhan komputer hanya dengan keyboard, tapi tentu susah dan perlu waktu belajar.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Printer yang Tidak Bisa Menarik Kertas

Kalau tujuannya untuk memperbaiki masalah seperti hang, sebenarnya kamu bisa mematikan laptop dengan mudah: cukup tekan tombol power dan tahan beberapa detik. Setelah mati, nyalakan lagi seperti biasa. Tapi tombol power ini tidak bisa dipakai untuk me-restart laptop.

Untungnya, cara restart laptop dengan keyboard tidak susah samsek. Ada 3 cara:

1. ALT + F4

Kombinasi yang sudah tenar dimana-mana karena artinya sama dengan “exit” atau “keluar” dari program ini bisa kamu gunakan untuk mematikan, restart, atau hibernasi.

Caranya, langsung saja tekan ALT + F4 di keyboard, lalu akan muncul opsi-opsi restart, shutdown atau hibernasi. Atur pilihan kamu dengan tombol panah di keyboard, kalau sudah, tekan Enter.

Laptop kamu akan restart tanpa perlu sentuh mouse!

2. CTRL + ALT + DEL

Kombinasi yang satu ini juga populer dipakai kalau laptop sedang hang.

Caranya, tekan CTRL + ALT + DEL bersamaan, kemudian lihat di pojok kanan bawah layar (akan ada opsi restart). Navigasikan dengan tombol arah, kemudian tekan Enter.

3. Tombol Windows + X

Cara yang sedikit kurang lazim ketimbang yang sebelum-sebelumnya. Pertama kamu harus cari logo windows di keyboard, lalu tekan tombol itu bersamaan dengan tombol X.

Akan muncul menu, navigasikan dengan tombol panah ke Restart, lalu tekan Enter.

Gampang kan? Cuma dengan 3 cara ini saja kamu bisa restart, matikan, sign out, ataupun sleep di laptop kamu tanpa perlu touchpad ataupun mouse. Semoga lancar!

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas