Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Cara Screenshot di iPad, Gampang Banget Begini Caranya!

242
×

2 Cara Screenshot di iPad, Gampang Banget Begini Caranya!

Sebarkan artikel ini
iPad

Selain iPhone dan Macbook, iPad nyatanya juga menjadi salah satu produk dari Apple yang banyak diminati oleh berbagai kalangan.

iPad menyediakan berbagai fitur canggih yang bisa ditemukan, salah satunya tangkap layar atau screenshot. Fitur ini penting sebagai salah satu fitur untuk memudahkan kamu dalam mengambil tangkap layar. Lantas, seberapa pentingkah fitur screenshot pada iPad?

Fitur screenshot menjadi penting terutama bagi kamu yang ingin berbagi berita atau tulisan. Tentunya, kamu tidak mungkin berbagi tulisan atau berita dengan menulis secara manual bukan? Maka langkah yang perlu dilakukan dengan cara screenshot. Kamu bisa screenshot halaman yang berisi berita atau tulisan tersebut kepada teman dan membaginya ke aplikasi pengirim pesan.

Baca juga: 5 Tips Rawat Kulit Bayi Baru Lahir, Ibu Baru Wajib Perhatikan!

Fitur screenshot pada iPad juga penting untuk menyimpan gambar. Misalnya, kamu ingin menyimpan gambar dari Instagram namun, kamu belum menginstall aplikasi khusus untuk menyimpan gambar dari Instagram. Maka, cara yang cukup kamu lakukan dengan menyimpan gambar dengan screenshot di Instagram.

Kamu hanya perlu mengetahui cara untuk screenshot di iPad sebagai langkah untuk menyimpan gambar baik di Instagram atau gambar berupa berita dan tulisan yang ingin kamu bagikan kepada teman atau keluargamu. Lantas, bagaimana cara screenshot di iPad?

Bagaimana Cara Screenshot di iPad?

Screenshot memang memberikan banyak manfaat. Bukan tanpa alasan jika iPad menyematkan fitur screenshot pada perangkatnya. Cara screenshot di iPad sendiri memiliki cara yang berbeda dengan perangkat tablet merek lainnya.

Terdapat 2 cara screenshot pada iPad yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menggunakan salah satunya atau kedua cara screenshot tersebut. Kedua cara screenshot di iPad sangatlah mudah untuk kamu coba dan terapkan. Berikan 2 cara screenshot yang bisa kamu gunakan pada berbagai seri iPad.

Screenshot di iPad dengan Kombinasi Tombol

Cara pertama untuk melakukan screenshot di iPad dengan memakai tombol hardware. Kombinasi tombol hardware yang digunakan yaitu home dan power/sleep. Pertama, kamu hanya perlu menekan kedua tombol yaitu home dan power atau sleep/sleep secara bersamaan. Tekan tombol agak lama hingga mengeluarkan bunyi khas dan layar berkedip. Hal itu, menjadi tanda jika screenshoot berhasil.

Kamu bisa melihat hasil screenshot yang sudah dilakukan tadi dengan membuka Camera Roll. Jika kamu menggunakan iPad mini, kamu bisa menemukan hasil screenshot di aplikasi foto. Kamu bisa melakukan screenshot layar di tampilan apapun, seperti berita, tulisan atau gambar di media sosial yang ingin kamu simpan dan bagikan kepada teman atau keluargamu.

Screenshot di iPad dengan Assistive Touch

Cara kedua untuk melakukan screenshot di iPad dengan menggunakan tombol bulat putih atau biasanya disebut dengan Assistive Touch. Kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu tombol Assistive Touch supaya bisa diakses dari springboard dan homescreen.

Cara mengaktifkan Assistive Touch ini yaitu dengan masuk ke Pengaturan, pilih Umum, pilih Aksesibilitas, lalu aktifkan Toggle Assistive Touch. Setelah kamu sudah mengaktifkannya, kamu tutup settingan tersebut. Assistive Touch biasanya membutuhkan beberapa waktu untuk bisa aktif dengan lebih sempurna.

Setelah menunggunya beberapa waktu, sentuhlah Assistive Touch yang bisa kamu lihat sebagai bulatan putih. Maka, secara otomatis Assistive Touch akan menampilkan beberapa pilihan seperti Siri, Hrlu menemukan Opsi More dan lainnya, untuk selanjutnya tap lagi. Setelah itu, kamu pilihlah tap menu scome dan lainnya. Kemudian, lakukan tap pada menu perangkat. Pada menu perangkat, kamu hanya screenshot.

Secara otomatis fitur tersebut akan mengambil gambar pada lokasi layar tersebut. Selesai deh, kamu bisa mendapatkan hasil screenshot yang sudah kamu lakukan dengan Assistive Touch. Tombol Assistive Touch ini dapat kamu temukan pada berbagai seri iPad seperti iPad Air, iPad Pro 11 inci dan iPad Pro 12,9 inci.

Setelah kamu mengetahui cara screenshot di iPad, mudah bukan untuk bisa kamu lakukan? Meskipun iPad memiliki tampilan menu hingga fitur yang berbeda dengan perangkat tablet lainnya, kamu nantinya akan terbiasa menggunakan iPad. Perangkat Apple ini mudah kamu bawa kemana-mana mengingat bentuk dan ukurannya yang mungil.

iPad sendiri selalu melakukan update pada seri-seri terbaru yang mereka keluarkan. Perangkat dari Apple tentunya tidak perlu kamu ragukan lagi kualitasnya, mengingat alat teknologi tersebut selalu dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah penggunanya. Salah satunya dengan adanya fitur screenshot yang dapat dilakukan dengan 2 cara seperti pembahasan di atas.

Lantas, tunggu apalagi? Kamu bisa membeli berbagai seri dari iPad hanya di Blibli. Blibli memberikan berbagai promo dan diskon menarik. Berbelanja online di Blibli tentunya jauh lebih mudah bagi kamu untuk membeli iPad. Berbagai seri iPad juga bisa kamu temukan dengan harga yang jauh berbeda bila kamu membelinya secara offline.