Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Cara Mudah Membuat Subtittle Video di Android, Berikut Ini Langkahnya!

620
×

2 Cara Mudah Membuat Subtittle Video di Android, Berikut Ini Langkahnya!

Sebarkan artikel ini
Subtittle Video

Cara Mudah Membuat Subtittle Video di Android – Cara membuat subtitle video di Android memang bukan merupakan perkara yang sulit, sebab ada banyak trik mudah yang bisa Anda lakukan sendiri. Hadirnya subtitle pada film maupun video memang mampu untuk menjangkau lebih banyak penonton lagi.

Pada intinya supaya video kita dapat dimengerti oleh para penonton dari luar negeri, maka bisa menambahkan terjemahan (subtitle). Sehingga mereka akan bisa untuk memahami serta menikmati film maupun video yang kita buat tersebut. Lantas bagaimana caranya?

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Video Slow Motion di Android, Konten Makin Kece

Cara Membuat Subtittle Video di Android yang Paling Mudah, Simak!

Biasanya saat kita sedang melihat film luar negeri, pasti akan ada teks terjemahan yang ada pada bagian bawah layar. Nah teks terjemahan seperti ini terkenal sebagai sebutan subtitle yang bermanfaat untuk menulis teks narasi pada video untuk para penonton.

Agar video Anda dapat dinikmati oleh banyak orang dari berbagai macam bahasa, maka menambahkan subtitle adalah hal yang penting. Oleh karena itu apabila Anda masih kebingungan dan belum paham, maka Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai.

Sebab kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat subtitle video di Android dengan mudah menggunakan beberapa metode. Untuk saat ini juga sudah ada banyak trik yang bisa Anda lakukan, baik dengan menggunakan aplikasi atau tidak.

Keberadaan subtitle seperti ini juga bisa membuat orang lain lebih mudah untuk menangkap sejumlah informasi yang disampaikan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda tiru saat akan membuat subtitle video dengan mudah.

Baca Juga:  Mengenal 4 Fitur Digital Wellbeing Android, Serta Tingkatkan Kesehatan Pengguna

Gunakan Easy Subtitles

Cara membuat subtitle video di Android yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga bernama Easy Subtitles. Tidak hanya bisa menggunakan laptop saja, melainkan menggunakan smartphone pun Anda sudah dapat melakukannya.

Dari sini Anda bisa memanfaatkan aplikasi Easy Subtitles, ini adalah salah satu aplikasi yang menjadi rekomendasi banyak orang. Caranya tergolong sangat mudah, langkah yang pertama Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui layanan PlayStore.

Selanjutnya unduh dan instal sampai selesai di HP Android kemudian buka saja aplikasi Easy Subtitles itu. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan video yang ingin Anda tambahkan subtitle-nya.

Untuk step berikutnya adalah dengan menyimpan subtitle yang sudah selesai Anda buat tadi.

Gunakan YouTube

Cara membuat subtitle video di Android YouTube juga tergolong sangat mudah dan jauh lebih simpel. Sehingga untuk bisa menemukan ketiga opsi pembuatan teks terjemahan, maka Anda harus masuk dulu ke menu Add Language.

Bahkan caranya juga tergolong sangat mudah, pertama-tama Anda hanya perlu login terlebih dahulu ke akun YouTube. Jika sudah kemudian langsung klik foto profil lalu pilih opsi Your Channel.

Untuk tahap selanjutnya adalah pilih opsi manager Videos, kemudian Anda tinggal masuk saja ke bagian YouTube Studio. Pilihlah Subtitles dan pilih jenis video yang akan Anda tambahkan teks terjemahannya.

Ketuk atau klik opsi Add Language kemudian cari Indonesia apabila akan menambahkan ke dalam bahasa Indonesia. Terakhir tinggal klik Add dan secara otomatis akan langsung muncul 3 pilihan untuk membuat subtitle-nya.

Bagaimana Cara untuk Menerjemahkan Bahasa Asing ke Indonesia?

Cara membuat subtitle video di Android sebenarnya sangat mudah. Namun sebelum Anda akan memulai pembuatan subtitle, maka Anda harus melakukan hal lain. Yakni dengan menerjemahkan bahasa yang ada pada video ke bahasa yang akan digunakan.

Baca Juga:  WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Obrolan Tanpa Backup, Mudah dan Cepat 2023

Bagi yang sudah mahir dalam menguasai bahasa asing, mungkin saja hal ini tidak akan menjadi masalah. Lantas bagaimana dengan kita yang belum bisa menguasai bahasa tersebut.

Jika Anda salah satunya, maka tidak perlu khawatir, sebab ada banyak tool penerjemah yang dapat Anda gunakan. Sebut saja seperti Google Translate.

Caranya juga tergolong sangat mudah Anda bisa mencari file subtitle video yang akan Anda terjemahkan lalu buka file itu dengan text editor. Selanjutnya tinggal copy semua dan pastekan tes yang sudah Anda copy. Tahapan yang terakhir adalah dengan menyimpan file tersebut.

Setelah Anda mengetahui beberapa cara membuat subtitle video di Android, kini saatnya untuk mencoba dan mempraktekkannya sendiri.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas