Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Cara Mudah Melihat Kata Sandi Email di HP dan Laptop, Mudah Banget!

461
×

2 Cara Mudah Melihat Kata Sandi Email di HP dan Laptop, Mudah Banget!

Sebarkan artikel ini
kata sandi email

Cara Mudah Melihat Kata Sandi Email di HP dan Laptop – Alamat e-mail biasa digunakan oleh para pengguna untuk bisa terhubung dengan berbagai layanan. Namun jika pengguna lupa akan kata sandi Email maka akan membuat kerepotan pengguna. Sehingga sangat penting sekali pengguna untuk selalu mencatat dan mengingat kata sandi Email.

Saat ini alamat e-mail Gmail (akun Gmail) biasa digunakan  yang terhubung dengan berbagai layanan Google lain. Bila sampai lupa sandi e-mail maka pengguna tak bakal bisa mengakses semua layanan yang terhubung dengan alamat e-mail itu.

Baca juga: Cara Mengubah Tema Gmail Lebih Menarik dengan Mudah

Meski penting untuk selalu diingat, dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja mengalami masalah lupa sandi e-mail. Masalah tersebut bisa ditimbulkan lantaran mungkin pengguna jarang mengakses akun e-mail, sehingga tak mengingat sandinya.

Selain itu, lupa password e-mail juga bisa disebabkan karena susunan kata sandinya terlalu rumit, sehingga sulit diingat. Jika lupa, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah pengguna bisa melihat kembali kata sandi e-mail miliknya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui kata sandi e-mail yang lupa? Untuk mengetahui kata sandi e-mail yang sudah lupa, pengguna bisa memanfaatkan fitur pengelolaan sandi yang terdapat di browser laptop dan HP.

Untuk diketahui, tiap browser umumnya dibekali fitur pengelolaan sandi. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menyimpan informasi login akun di browser. Dengan fitur ini, pengguna bisa login akun di berbagai platform tanpa harus memasukkan sandi lagi.

Di fitur pengelolaan sandi, pengguna dapat melihat semua informasi login akun, termasuk sandi e-mail, yang tersimpan dalam browser. Bila hendak mengetahui kata sandi e-mail yang sudah lupa, silakan simak penjelasan lebih lengkap caranya di bawah ini.

Baca juga: 2 Cara Membuat Akun YouTube untuk Pemula di HP, Kepentingan Reguler hingga Bisnis

Cara Melihat Kata Sandi Email yang Lupa

Melihat password e-mail di laptop

  • Buka browser di laptop yang pernah digunakan untuk login akun e-maill.
  • Untuk melihat sandi akun yang tersimpan, tiap browser biasanya punya letak opsi yang berbeda.
  • Bila menggunakan Mozilla Firefox, silakan klik ikon garis tiga yang berada di pojok kanan atas halaman awal, di sebelah kanan kolom URL.
  • Setelah itu, klik menu “Settings” dan pilih menu “Privacy & Security”.
  • Kemudian, pada bagian “Login and Password”, klik opsi “Saved Logins”.
  • Di opsi tersebut, pengguna bakal disajikan dengan daftar semua aktivitas login akun yang tersimpan di browser.
  • Cari aktivitas login untuk akun e-mail yang lupa sandi.
  • Pada informasi aktivitas login akun tersebut, klik ikon mata untuk melihat sandi e-mail yang lupa.

Melihat password e-mail di HP

  • Bukabrowser di HP yang pernah digunakan untuk login akun e-mail.
  • Tiap browser HP mungkin punya letak opsi yang berbeda untuk melihat sandi akun yang tersimpan.
  • Jika menggunakan Google Chrome, silakan klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas halaman awal.
  • Selanjutnya, klik menu “Setelan” dan pilih opsi “Pengelola Sandi”.
  • Setelah itu, pada bagian “Sandi”, pengguna bakal disajikan dengan daftar semua aktivitas login akun yang tersimpan di browser.
  • Cari aktivitas login untuk akun e-mail yang lupa sandi.
  • Pada informasi aktivitas login akun tersebut, klik ikon mata untuk melihat sandi e-mail yang lupa.

Cukup mudah bukan cara melihat kata sandi e-mail yang lupa? Perlu diketahui, cara di atas hanya dapat dilakukan apabila pengguna sebelumnya pernah login akun e-mail di browser laptop atau HP dan menyimpan kata sandinya.

Baca juga: 4 Cara Membuat Channel Youtube di PC bagi Pemula, Dijamin Mudah dan Sederhana

Hampir di semua browser, saat hendak login akun, pengguna biasanya bakal ditawarkan dulu untuk menyimpan informasi login yang berisi username dan kata sandi. Jika pengguna memilih untuk menyimpannya maka informasi login akun itu bisa dilihat kembali.

Sebaliknya, bila tak bersedia untuk menyimpan maka pengguna tak akan bisa melihat lagi informasi login akun di browser. Demikianlah penjelasan mengenai cara melihat kata sandi e-mail yang lupa dengan mudah di HP dan laptop, semoga bermanfaat.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas