Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

2 Cara Mudah Cek Garansi Laptop Asus Secara Online untuk Proses Klaim yang Lancar

284
×

2 Cara Mudah Cek Garansi Laptop Asus Secara Online untuk Proses Klaim yang Lancar

Sebarkan artikel ini
Laptop Asus
Laptop Asus

Cara Mudah Cek Garansi Laptop Asus – Cek garansi laptop Asus ini sangat penting. Pengguna laptop Asus harus memahami cara memeriksa garansi dengan benar. Tips laptop ini akan sangat berguna ketika terjadi masalah pada perangkat.

Daripada langsung membenarkannya dan keluar lebih banyak biaya, pengguna bisa cek garansinya terlebih apakah masih berlaku atau tidak.

Baca juga: Review Asus Vivobook 14X K3405VF, Performa Kencang dengan Harga Terjangkau

Cek Garansi Laptop Asus dengan Mudah

Laptop adalah perangkat elektronik portabel. Sebenarnya, laptop memiliki fungsi yang sama seperti komputer. Namun, laptop bisa penggunanya bawa kemanapun. Sama seperti ponsel dan tablet, laptop memiliki baterai yang bisa penggunanya cas ketika sudah mulai habis.

Asus menjadi salah satu brand dengan produk laptop terpopuler. Laptop dari Asus memiliki kualitas terbaik dan juga tersedia banyak pilihan versi terjangkau.

Meski begitu, laptop tetap bukan barang murah. Barang elektronik seperti laptop ini pastinya akan hadir dengan garansi dari toko.

Keberadaan garansi ini untuk menjamin keamanan laptop. Apabila terjadi eror padahal laptop masih baru, maka bisa mengklaim garansi ini. Garansi hanya berlaku untuk beberapa waktu tertentu. Untuk para pengguna laptop Asus, berikut ini cara cek garansi yang tepat.

1. Memperhatikan Tanggal Pembelian

Langkah pertama yang harus pengguna lakukan adalah memeriksa tanggal pembelian. Sebab, garansi hanya berlaku beberapa waktu saja setelah pembelian.

Jika ingin membeli laptop Asus bekas, sebaiknya periksa juga tanggal pembelian terlebih dahulu. Pemeriksaan ini sangat berguna untuk menghitung kapan garansi akan berakhir.

Pada umumnya, garansi laptop hanya 1 hingga 2 tahun. Jika sudah lebih dari itu, maka laptop sudah tidak terlindungi dengan garansi dan pengguna harus menanggung sendiri kerusakan yang terjadi.

2. Cek SN di Bawah Laptop dan Kardus

SN adalah serial number. Pada umumnya, nomor ini berada di bagian bawah laptop Asus dan akan berupa stiker, sehingga akan sangat mudah pengguna temukan.

Di bagian SN ini terdapat tulisan Warranty. Jika terdapat kode 24M, artinya garansi laptop 2 tahun sejak tanggal pembelian. Selain itu, SN juga biasanya terdapat di bagian kardus pembelian laptop Asus. Pengguna bisa mencarinya dengan teliti untuk melihatnya.

Cek garansi laptop Asus akan sangat bergantung dengan serial number ini. Nantinya, pengguna bisa langsung menghitung masa berlaku garansi sesuai dengan angka pada stiker SN.

Cara Online Cek Garansi Laptop Asus dengan Mudah

Setelah memperhatian nomor seri laptop Asus, selanjutnya pengguna bisa langsung masuk ke browser https://www.asus.com/id/support/warranty-status-inquiry/. Ini adalah website resmi Asus.

Setelah berhasil masuk ke dalam website, segera masukkan serial number laptop dan tekan menu “enter”. Sistem akan memproses informasi serial number tersebut.

Jika sudah berhasil memproses, akan langsung muncul informasi, termasuk status garansi laptop. Pengguna akan melihat tanggal pembelian, tanggal mulai garansi, dan juga tanggal berakhirnya garansi.

Keberadaan Buku Garansi

Buku garansi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipelajari. Pengguna akan mendapatkan semua jawaban dari buku satu inui.

Nantinya, pengguna tidak akan perlu lagi mencari informasi di dalam buku garansi. Bahkan, pengguna akan mendapatkan buku ini secara gratis.

Apabila terjadi error pada laptop, maka pengguna bisa langsung tahu apa yang harus dilakukan jika ingin melakukan klaim garansi laptop Asus tanpa harus melalui proses cek yang panjang.

Apakah Mendapat Ganti Laptop?

Asus memberikan garansi untuk kenyamanan para penggunanya. Namun, tidak semua kerusakan bisa pengguna klaim dengan garansi.

Sebab, garansi laptop hanya untuk kerusakan sistem. Jadi, kerusakan akibat human error bukan termasuk garansi dan brand tidak harus bertanggung jawab terhadap kerusakan tersebut.

Kerusakan akibat human error di antaranya seperti kejatuhan, terkena air, laptop yang terlalu lelah, dan lainnya. Jika masih bingung, pengguna bisa membawa laptop ke tempat pembelian terlebih dahulu.

Nantinya, teknisi akan melihat apakan kerusakan yang terjadi bisa klaim garansi atau tidak. Jika termasuk garansi dan selama masih berlaku, maka brand akan bertanggung jawab penuh.

Garansi laptop bisa termasuk gratis biaya servis maupun unit baru. Hal ini berbeda-beda, tergantung dengan tingkat kerusakan.

Jadi, itulah cara cek garansi laptop Asus yang tepat. Pengguna tidak perlu takut salah menghitung tanggal lagi dan bisa langsung mengadukan masalah yang terjadi.