Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Obrolan Tanpa Backup, Mudah dan Cepat 2023

311
×

WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Obrolan Tanpa Backup, Mudah dan Cepat 2023

Sebarkan artikel ini
Backup

WhatsApp Fitur Transfer Obrolan Tanpa Backup – WhatsApp kedapatan tengah menyiapkan fitur baru. Fungsinya ini akan memudahkan pengguna dalam memindahkan riwayat obrolan tanpa harus melakukan backup terlebih dahulu.

Aplikasi pesan milik Meta itu dikabarkan bakal menghadirkan fitur transfer data WhatsApp pengguna, termasuk chat, dari satu perangkat Android ke perangkat Android lainnya secara mudah. Ini bisa dilakukan melalui jaringan lokal, misal, Wi-Fi.

Fitur anyar ini akan menghilangkan kebutuhan Google Drive. Layanan komputasi awan (cloud) dari Google tersebut saat ini diperlukan untuk backup atau mencadangkan data jika pengguna ingin transfer chat dari satu HP ke smartphone lain.

WhatsApp melakukan pengembangan fitur transfer obrolan atau chat. Rencananya WhatsApp akan menghadirkan fitur untuk melakukan transfer obrolan ke smartphone Android tanpa backup di layanan cloud seperti Google Drive.

Dikutip Intrik dari Gadgets 360, WABetaInfo melaporkan kalau uji coba fitur transfer obrolan tanpa backup ini sedang dilakukan di aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.1.25 dan 2.23.1.26.

Baca juga: 8 Tips Cas HP yang Benar Supaya Baterai Awet dan Tahan Lama

“Fitur ini masih dalam pengembangan tetapi kami dapat mengumumkan bahwa WhatsApp secara aktif bekerja untuk mengembangkan dan meningkatkan lebih lanjut fitur transfer obrolan untuk perangkat Android,” tulis WABetaInfo.

Seperti laporan-laporan sebelumnya, WABetaInfo juga membagikan screenshot terkait tampilan fitur tranfer riwayat obrolan WhatsApp yang sedang dibuat. Terlihat kalau di fitur tersebut pengguna tidak perlu mencadangkan atau backup ke Google Drive.

WhatsApp memudahkan proses pemindahan riwayat obrolan di WhatsApp, yakni melalui teknologi QR Code sehingga pengguna cukup memindai QR Code dari smartphone yang datanya ingin dipindahkan ke smartphone baru.

WABetaInfo tidak membagikan informasi lebih detail terkait fitur transfer chat WhatsApp ini. Begitu pun soal kapan fitur akan diluncurkan. Situs yang kerap memberikan info seputar bocoran fitur WhatsApp ini hanya mengatakan kalau fitur akan tersedia untuk transfer chat antar smartphone Android.

WhatsApp Uji Coba Fitur Multiple Chat untuk Web Tanpa Backup

WhatsApp menguji fitur baru untuk layanan WhatsApp Desktop atau Web. Fitur yang dimaksud adalah Select Multiple Chat, yang bisa dipakai pengguna untuk mengelola obrolan chat mereka di WhatsApp Web.

WABetaInfo mengungkapkan bawah fitur Select Multiple Chats dalam tahap pengujian di WhatsApp Desktop Beta. Dikatakan bahwa fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat memilih beberapa obrolan sekaligus, untuk kemudian dibisukan atau diberikan tanda kalau pengguna sudah membaca pesan.

“WhatsApp sedang berupaya menghadirkan kemampuan untuk memilih obrolan ke pembaruan aplikasi WhatsApp Desktop di masa mendatang,” ungkap WABetaInfo.

Selanjutnya silakan beri tanda ceklis terhadap beberapa obrolan baik itu obrolan pribadi, atau grup chat. Lalu tentukan apakah ingin memberikan tanda sudah dibaca atau Mark as Read atau dibisukan atau Mute beberapa chat supaya pengguna bisa lebih fokus beraktivitas.

Walaupun sudah ada bocoran mengenai tampilan fitur Select Multiple Chats, tetapi fitur masih dalam tahap uji coba.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas