Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Wajib Tahu! Inilah 11 Manfaat Sayuran Bagi Kesehatan

214
×

Wajib Tahu! Inilah 11 Manfaat Sayuran Bagi Kesehatan

Sebarkan artikel ini
sayuran hijau

Manfaat Sayuran Bagi Kesehatan – Sejak kecil, kalian mungkin sudah terus-menerus diberitahu untuk mengonsumsi sayuran oleh orang tua. Dahulu saat anak-anak mungkin banyak yang kesal karena terkesan terpaksa memakannya.

Namun, semakin dewasa, kita tersadar bahwa ternyata asupan sayur itu memang sangatlah penting bagi kesehatan. Kalian pun mungkin sudah mengenal lebih banyak macam sayuran, mana yang disukai dan juga semakin pintar dalam mengolah sayur menjadi masakan yang nikmat disantap.

Baca juga: Minim Perawatan dan Mudah Dipelihara, 8 Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam

Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayur. Membantu daya tahan tubuh, menyehatkan mata, dan masih banyak lagi.

Manfaat Sayuran Hijau untuk Kesehatan

Masih perlu diyakinkan lagi tentang manfaat sayuran? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu perlu rajin makan sayur:

1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Mengonsumsi sayur-sayuran akan bikin kulit kamu happy, Toppers! Berbagai macam sayuran dapat memberi manfaat ini. Elastisitas kulit dapat meningkat dengan mengonsumsi sayur seperti kale. Timun dapat memberi hidrasi kepada kulitmu, dan brokoli dapat meremajakan sel kulit mati.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Potassium dan serat yang kamu dapatkan dari mengonsumsi sayur merupakan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Sayur yang berupa daun seperti daun selada, bayam, dan Swiss chard merupakan beberapa sumber yang memiliki asosiasi paling kuat terhadap berkurangnya risiko penyakit jantung.

3. Membantu Mengatasi Inflamasi

Sayuran dapat membantu mengatasi inflamasi pada tubuh. Contohnya, brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang tinggi yang mengurangi kadar sitokin dan NF-kB yang merupakan pemicu peradangan tubuh.

4. Mendukung Kesehatan Mata

Kesehatan mata kamu pun dapat terbantu dengan mengonsumsi sayur secara rutin. Tidak hanya wortel, lho. Ada berbagai jenis sayuran lain yang memiliki khasiat ini.

Karotenoid yang bisa ditemukan di bayam, brokoli dan jagung dapat mengurangi risiko degenerasi makula, yang adalah gangguan penglihatan pada orang tua.

5. Baik untuk Gula Darah

Sayur memiliki kalori yang rendah, tinggi serat dan kaya nutrisi. Beberapa dari jenis sayuran pun rendah gula.

Meskipun begitu, memang tidak semua sayuran cocok untuk penderita diabetes. Kriteria dari sayur yang aman bagi penderita diabetes adalah indeks glikemik rendah, dan mengandung nitrat, protein dan serat.

Salah satu jenis sayur yang baik bagi penderita gula darah adalah mentimun. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mentimun dapat menjaga kestabilan dan menurunkan gula darah, lho.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Untuk kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, makanan yang kaya potasium bisa jadi pilihan makanan yang tepat untuk kamu. Sebab, potasium dapat membantu mengurangi efek buruk dari makanan dengan kandungan garam berlebih untuk yang memiliki tekanan darah tinggi.

Sayuran yang mengandung potasium antara lain adalah bayam dan bit.

7. Tinggi akan Serat

Kebutuhan asupan serat itu penting banget, Toppers, untuk dipenuhi. Sayuran sudah tidak diragukan lagi merupakan sumber serat yang oke banget. Serat baik bagi kesehatan jantung, usus dan bisa mengurangi risiko diabetes.

Kalian juga bisa pilih sayur mana saja yang sesuai dengan selera kalian, karena hampir semua sayuran memiliki serat.

8. Mengurangi Risiko Kanker

Sayur-mayur memiliki kandungan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Misalnya, tomat memiliki manfaat untuk mengurangi bahaya kanker prostat.

Potasium, vitamin C, folat, phytochemicals dan sulforaphane yang terdapat pada sayuran Cruciferous yang merujuk pada genus Brassica dapat melindungi sel-sel tubuh dari karsinogen.

Karena sayur yang berbeda memiliki efek manfaat yang berbeda pula, coba untuk mengonsumsi sayuran yang bervariasi, ya.

9. Memperkuat Tulang

Dengan rajin mengonsumsi sayur, tulang kamu juga akan ‘berterimakasih’ kepada kamu! Kandungan vitamin K dan kalsium yang terdapat pada sayuran cruciferous bisa memberikan nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang. Kurangnya vitamin K kerap diasosiasikan dengan osteoporosis, lho.

10. Menjaga Otak Tetap ‘Tajam’

Tidak ingin, dong, ketajaman berpikir kamu berkurang? Kamu bisa mencegahnya dengan sering-sering makan sayur! Asam folat dan antioksidan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi sayuran, terutama sayuran daun, memberi nutrisi yang baik untuk otak kamu.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terlebih pada masa seperti ini, imunitas yang baik itu sungguh sangat esensial! Salah satu nutrisi yang sangat berpengaruh pada imunitas adalah vitamin C.

Ngomong-ngomong soal vitamin C, biasanya pikiran seseorang akan langsung mengarah ke buah jeruk. Padahal, Kalian tahu tidak kalau paprika dan brokoli itu mengandung lebih banyak vitamin C dari jeruk?

Maka dari itu, mengonsumsi beberapa jenis sayur bisa menjadi sumber vitamin C yang sangat baik, yang lalu akan berkontribusi untuk menguatkan daya tahan tubuh.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas