Scroll untuk baca artikel
Ekonomi/Bisnis

Minim Perawatan dan Mudah Dipelihara, 8 Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam

529
×

Minim Perawatan dan Mudah Dipelihara, 8 Tanaman Sayuran yang Mudah Ditanam

Sebarkan artikel ini
sayuran

Jenis Tanaman Sayuran Mudah Ditanam – Memiliki kebun sayuran di rumah, ternyata bisa lebih menghemat biaya belanja setiap harinya, lho. Ada beberapa tanaman sayuran yang mudah untuk Anda tanam di rumah. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memiliki kebun sayur di rumah?

Jenis Sayuran yang Mudah Ditanam

Tenang, menanam sayuran ternyata tidak sesulit yang kita pikirkan. Ada beberapa sayuran yang ternyata bisa kita tanam di rumah dengan cukup mudah. Apa saja itu? Yuk, simak berikut ini!

Baca juga: Ini Manfaat Susu Jahe Untuk Tubuh dan Cara Membuatnya

1. Bayam 

Bayam adalah sayuran favorit Anda? Selamat! Tanaman sayuran satu ini ternyata sangat cocok untuk Anda tanam di rumah, loh!

Tidak hanya cara menanamnya yang mudah, perawatan bayam pun cukup praktis. Anda hanya perlu menyiapkan benih bayam, media tanam, pot atau polybag, dan air. Setelah semuanya siap, mulailah untuk menyemai benih selama kurang lebih satu bulan.

Kalau mulai berkecambah, pastikan Anda memindahkannya ke media tanam dan pot yang lebih besar. Jangan lupa untuk terus menjaga kelembabannya dengan menyiram tanaman bayam dengan rutin ya!

2. Cabai

Sering pusing karena harga cabai yang mahal, padahal Anda sangat suka makanan pedas? Jangan khawatir, Ruppers! Anda dapat menanamnya sendiri di rumah dengan mudah.

Cabai bisa tumbuh dengan mudah pada cuaca panas. Selain itu, Anda dapat menanamnya di mana saja, seperti pot, polybag, atau langsung di tanah. Namun, pastikan Anda memakai wadah yang besar agar cabai dapat tumbuh lebih maksimal ya.

Tanamlah biji cabai ke media tanam dan jangan lupa siram dengan rutin, khususnya saat musim kemarau tiba.

3. Selada

Pencinta lalapan dan salad pasti suka menyiap stok selada di rumah. Agar lebih hemat dan terjamin, cobalah untuk menanamnya sendiri.

Pertama-tama, pilihlah benih yang berkualitas, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Lalu, siapkan media tanam dan mulailah menanamnya. Untuk merawatnya juga cukup mudah, apalagi saat mudah hujan karena selada dapat tumbuh cepat dan sangat subur. Namun, pastikan Anda rutin menyiramnya, ya.

Anda hanya perlu menunggu 65-80 hari untuk memanennya dan langsung mengonsumsi selada dari kebun sendiri.

4. Caisim atau sawi hijau

Sayuran berikutnya yang cocok ditanam di rumah adalah sawi hijau atau caisim. Anda dapat menanam sayuran ini di tanah dan bisa juga dengan sistem hidroponik, loh.

Namun, saat menanamnya, Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan. Jika lingkungan sekitarnya dingin, pastikan sayuran terkena sinar matahari langsung.

Sebaliknya, jika lingkungannya panas, Anda dapat menanam caisim ini di tempat yang teduh, seperti di bawah pepohonan rindang dan atap alderon transparan.

5. Kangkung

Siapa yang hanya mau makan kangkung, tapi tidak untuk sayuran lainnya? Ternyata, kangkung juga bisa ditanam di rumah, loh.

Cara menanam kangkung juga sangat mudah. Pertama-tama, Anda harus memilih benih kangkung yang berkualitas dan menyiapkan media tanamnya.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk ke media tanam tersebut ,serta menyiapkan lubang-lubang untuk meletakkan benih.

Pastikan Anda menyiramnya secara rutin untuk membuat kangkung tumbuh subur. Jadi, sudah siap panen hasil tanaman Anda sendiri?

6. Tomat

Tanaman sayuran selanjutnya yang cepat tumbuh dan mudah untuk Anda rawat di rumah adalah tomat. Saking mudahnya, tomat juga cocok ditanam oleh anak-anak, loh.

Anda dapat memulainya dengan proses penyemaian benih pada media tanam, yang tidak terlalu padat agar air dapat mengalir dengan lancar.

Pastikan untuk menanam tomat pada area yang terkena cahaya matahari langsung. Jangan lupa menyiramnya secara rutin dan memberi pupuk agar tomat Anda lebih bernutrisi ya!

7. Bawang merah dan bawang putih

Kedua bahan ini wajib digunakan dalam masakan karena bisa membuat makanan menjadi lebih lezat. Jadi, tidak ada salahnya jika menanam bawang putih dan merah ini di rumah, bukan?

Cara menanamnya juga mudah loh, Ruppers. Anda hanya perlu memisahkan siung bawang, lalu tanam ke dalam tanah yang berkualitas. Pastikan memberikannya air agar lebih padat.

Letakkan tanaman di area yang terkena sinar matahari dan jangan lupa untuk sering menyiramnya.

8. Mentimun

Berbeda dengan sayuran lainnya, mentimun adalah tanaman yang tumbuh merambat dan suka panas. Jadinya, Anda memerlukan tiang atau pagar agar tumbuh subur.

Anda dapat menanam benih mentimun langsung di tanah dengan meletakkan kayu atau tiang. Lalu, pilihlah tempat yang terkena sinar matahari cukup dan pastikan Anda menyiramnya secara rutin.