Scroll untuk baca artikel
Ekonomi/Bisnis

Usaha Terasi Hamid Semakin Maju Berkat PUMK PT Timah

397
×

Usaha Terasi Hamid Semakin Maju Berkat PUMK PT Timah

Sebarkan artikel ini
653b1a8b14f33

INTRIK.ID — Usaha terasi, Hamid mengalami kemajuan setelah mendapatkan suntikan dana dari PT Timah. Nelayan Gumbang, Kabupaten Kundur tersebut memanfaatkan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PT Timah.

Ia telah memulai usaha pembuatan terasi sejak 10 tahun silam, sebagai nelayan Ia memanfaatkan hasil tangkapannya sebagai bahan baku pembuatan terasi, sehingga Ia tak kesulitan untuk mencari bahan baku.

Sekian tahun menjalankan usaha pembuatan terasi ini, Hamid bersama istrinya ingin mengembangkan usaha pembuatan terasinya agar bisa dipasarkan ke luar Pulau. Namun mereka terkendala dengan modal.

Berbagai usaha dan upaya dilakukan Hamid untuk mencari informasi program pendanaan yang dirasa tidak memberatkan dan membantu usahanya bisa berkembang.

Namun, Ia bersyukur saat mengetahui program PUMK PT Timah Tbk sehingga dirinya yakin untuk memanfaatkan program ini untuk mengembangkan usaha pembuatan terasinya.

“Alhamdulillah setelah mendapatkan bantuan dan penjelasan, saya mengajukan proposal dan bersyukur bisa dibantu dengan program ini,” katanya.

Setelah mendapatkan tambahan modal dari PT Timah Hamid bersama istrinya mulai menambah produksi terasi nya.

“Suntikan modal dari PT Timah saya gunakan untuk membeli udang dari nelayan sekitar sebagai bahan baku pembuatan terasi dan kami bisa meningkatkan produksi terasi,” katanya.

Produk terasi buatan Hamid memiliki rasa yang khas dan cocok dilidah untuk masyarakat Kundur sehingga tak jarang terasi mereka laku keras.

Dengan bertambahnya jumlah produksi, mereka juga melebarkan sayap untuk menambah jangkauan pemasaran seperti merambah Pulau Moro, Durai dan sekitarnya.

Menurut Hamid, Program PUMK PT Timah sangat bagus serta berpihak kepada masyarakat dan pelaku UMKM,mkarena selain mudah dalam pengurusan administrasi juga banyak kemudahan.

“Kita berharap Program PUMK PT Timah ini akan terus berlanjut guna membantu masyarakat khusus nya para pelaku usaha kecil untuk bisa berkembang dan bersaing,” katanya.