Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka BelitungNasional

UKW Angkatan X PWI Bangka Belitung Belum Bisa Pecahkan Rekor

455
×

UKW Angkatan X PWI Bangka Belitung Belum Bisa Pecahkan Rekor

Sebarkan artikel ini
IMG 20230706 WA0017 1
Foto: Penguji dan peserta UKW angkatan X PWI Bangka Belitung. (Intrik)

INTRIK.ID, BELITUNG — Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan X yang diselenggarakan oleh PWI Bangka Belitung selesai dilaksanakan. Dari 21 peserta yang hadir, dua diantaranya belum kompeten, Kamis (6/7/2023).

Prof Dr Rajab Ritonga mengatakan UKW yang dilaksanakan di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung ini masih belum bisa memecahkan rekor untuk meluluskan 100 persen pesertanya.

“Dari 21 peserta, 19 orang yang kompeten. UKW ini belum dapat mematahkan rekor (lembaga UJI PWI) karena selalu ada yang tinggal (belum kompeten), berbeda dengan yang lain sering lulus 100 persen,” ungkapnya.

Meskipun begitu, ia menilai lembaga uji PWI serius dalam penyelenggaraan UKW untuk menciptakan wartawan yang profesional.

“Yang diuji itu kewartawanan nya karena kita ingin wartawan yang profesional, sehingga peserta yang lulus ini benar-benar layak mendapatkan kartu UKW,” ujar mantan direktur UKW itu.

Prof Rajab juga menghimbau agar peserta yang belum dinyatakan kompeten untuk tidak putus asa dan mencoba kembali setelah enam bulan kedepan.

“Yang belum kompeten bukan berarti bukan wartawan. Coba cari kembangkan lagi dan cari referensi, jangan putus asa,” ungkapnya.

Ia mengatakan tujuan UKW tersebut untuk meningkatkan profesionalitas wartawan dengan menerapkan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“UKW ini ibaratkan SIM kita,” tutup Rajab.

UKW angkatan X PWI Bangka Belitung sendiri awalnya berjumlah 23 peserta namun hanya 21 yang hadir. Kegiatan ini juga dibuka empat kelas yakni 1 kelas utama, 1 kelas madya dan 2 kelas muda.(red)

Baca Juga:  Pulihkan Ekonomi Daerah, Pemprov Babel Bangun Kawasan Food Estate
Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas