Scroll untuk baca artikel
Ekonomi/Bisnis

Tips Memilih Asuransi Kebakaran di Indonesia

368
×

Tips Memilih Asuransi Kebakaran di Indonesia

Sebarkan artikel ini
asuransi kebakaran
Foto: Ilustrasi. (Ist)

Saat ini jenis asuransi itu ada banyak sekali, salah satu yang cukup penting namun kadang diremehkan itu adalah asuransi kebakaran. Padahal sebenarnya asuransi tersebut sangat berguna untuk bisa melindungi rumah dan jiwa kalian terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran. Tapi karena kebakaran itu adalah kejadian luar biasa, sehingga banyak yang tidak tertarik membeli asuransi jenis itu.

Pada dasarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan mulai dari membangun kembali rumah, biaya pembelian perabotan, bahkan sampai jiwa. Semua yang berhubungan dengan kebakaran akan bisa ditanggung dengan asuransi jenis kebakaran ini dengan sangat baik dan sempurna. Tapi saat ini ada banyak sekali pilihan asuransi yang tersedia di Indonesia, dan berikut kami akan bagikan beberapa tips untuk kalian.

Melihat Kredibilitas Penyedia Jasa Asuransi

Tips yang pertama adalah mencari tahu dulu kredibilitas dari penyedia jasa asuransi tersebut, apakah memang cukup baik atau tidak. Kalian harus memastikan kalau jasa asuransi yang kalian pilih itu memang aman dan juga amanah untuk memberikan layanan asuransi. Banyak sekali kasus asuransi yang tidak terbayar dan akhirnya menimbulkan kerugian, jadi kalian memang harus memperhatikan sekali kredibilitasnya.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa kalian jadikan acuan untuk mengetahui kredibilitas dari jasa asuransi, salah satunya adalah OJK. Kalau suatu jasa asuransi itu sudah masuk daftar OJK, maka kemungkinan sangat besar itu merupakan asuransi yang kredibel. Selain itu kalian juga bisa melihat dari lamanya mereka beroperasi, semakin lama maka jelas itu menjadi petunjuk kredibilitas asuransi.

Testimoni juga menjadi salah satu acuan juga untuk kita mengetahui apakah suatu jasa asuransi kebakaran itu memiliki kredibilitas yang baik atau tidak. Bila memiliki testimoni yang cukup banyak dan mayoritas itu positif, maka besar kemungkinan itu adalah asuransi yang kredibel. Kalian juga bisa mencari tahu investasi yang dilakukan asuransi tersebut, apakah memang langkahnya cukup menjanjikan atau tidak.

Mempertimbangkan Manfaat yang Didapatkan

Tips yang kedua adalah mempertimbangkan manfaat apa saja yang bisa didapatkan, apakah memang cukup lengkap atau tidak. Setiap asuransi itu menyediakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tertanggung atau pemegang polis asuransi tersebut. Biasanya untuk jenis kebakaran itu tentu saja akan mendapatkan manfaat ketika rumah mengalami kebakaran mulai dari pembangunan kembali misalnya.

Manfaat pembangunan kembali dan juga manfaat seperti dana untuk membeli perabotan merupakan manfaat utama dari asuransi ini. Selain itu sebenarnya ada beberapa manfaat lain seperti misalnya perlindungan terhadap jiwa dari pemegang polis itu sendiri. Bila terjadi luka atau dibutuhkan pengobatan, maka bisa jadi ada dana untuk menanggung biaya pengobatan akibat dari kebakaran tersebut.

Manfaat lainnya seperti misalnya adanya biaya untuk pemadam kebakaran yang juga bisa ditanggung dari asuransi tersebut. Lalu ada juga santunan apabila pemegang polis meninggal dunia akibat dari kebakaran tersebut yang akan diberikan pada ahli waris. Manfaat yang lengkap tentu saja akan memberikan kita perlindungan yang lebih baik dan lebih lengkap juga pastinya.

Memperhatikan Tambahan Manfaat yang Tersedia

Tips yang ketiga yakni memperhatikan tambahan manfaat yang biasanya disediakan pada jenis asuransi khusus untuk kebakaran ini. Biasanya ada beberapa manfaat tambahan seperti perlindungan tambahan apabila rumah terkena serangan massa, demo, dan lain sebagainya. Beberapa penyebab lain seperti bencana alam dan lain sebagainya yang bisa menyebabkan kebakaran pada rumah tersebut.

Perluasan perlindungan pada asuransi kebakaran itu sendiri memang cukup luas, karena memang kemungkinannya itu cukup luas juga. Beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kebakaran itu memang bisa terlindungi dengan adanya perluasan dari asuransi tersebut. Tapi biasanya semakin banyak perluasan yang diambil maka akan memperbesar jumlah premi yang harus dibayarkan setiap bulan.

Memperhatikan Besaran Premi Asuransi

Tips yang keempat adalah soal besaran premi, karena setiap penyedia jasa asuransi memiliki kebijakan masing-masing soal premi. Kalian mungkin perlu melakukan survei terlebih dahulu untuk bisa mengetahui daftar harga premi yang tersedia saat ini. Nanti kalian bisa memilih jasa asuransi yang besarannya itu memang sesuai dengan kemampuan kalian dalam membayarnya setiap bulan.

Sebenarnya semakin lengkap pasti semakin mahal, tapi kalian bisa menyesuaikan kembali dengan kemampuan premi yang bisa kalian bayarkan. Jadi mungkin manfaat yang kalian bisa dapatkan memang yang paling penting dan paling krusial saja.

Mempelajari Cara Pendaftaran dan Klaim Asuransi

Tips yang terakhir yakni kalian perlu mempelajari bagaimana proses mendaftar asuransinya dan juga bagaimana proses untuk klaim. Sebelum kalian pilih kalian harus pelajari dulu dan pastikan proses klaim itu mudah dan juga cukup cepat untuk cair dananya. Perhatikan setiap tahapan dengan baik dan pastikan kalian memilih yang prosesnya mudah dan juga cepat dalam memilih asuransi kebakaran Garda Home.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas