Scroll untuk baca artikel
Peristiwa

Tim Cobra Bangka Tengah Tangkap Spesialis Rumah Kosong Hingga ke Palembang

200
×

Tim Cobra Bangka Tengah Tangkap Spesialis Rumah Kosong Hingga ke Palembang

Sebarkan artikel ini
IMG 20230209 WA0015
Foto: Pelaku saat diamankan oleh tim gabungan. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Tim Cobra Polres Bangka Tengah berhasil menangkap Residivis spesialis pencurian rumah kosong di Koba pada Senin (6/2/2023) lalu.

Dibantu Polda Sumatera Selatan (Sumsel), pelaku diamankan saat di rumahnya yang ada di Palembang.

Kasat Reskrim Polres Bangka Tengah, AKP Wawan mengatakan pelaku yang berjumlah empat orang itu memang berasal dari Palembang.

Namun dari penyergapan itu, hanya satu orang saja yang tertangkap sebab tiga rekannya lainnya langsung kabur ketika mendengar suara tembakan peringatan dari tim.

“Karena rumah mereka deketan, satu yang diringkus tiga pelaku lainnya langsung melarikan diri dan masih menjadi Target Operasi kami,” ucapnya.

Ia mengatakan keempatnya merupakan target operasi Polres Bangka Tengah karena spesialis pencuri rumah kosong dengan motif berpura-pura menjual madu ke rumah-rumah.

“Jadi 4 orang pelaku pura-pura jualan madu dan pura-pura mengetok pintu rumah yang didatangi. Namun, pelaku juga sudah memetakan rumah-rumah yang dirasa kosong,” jelas Wawan.

Ia mengungkapkan, pelaku pencurian ini sudah memiliki sindikat yang terstruktur, sehingga mereka leluasa melakukan aksinya dengan pemetaan yang matang ditiap daerah.

“Bukan cuma di Babel, tapi di jambi, lampung, dan beberapa provinsi lain juga pernah menjadi korban mereka. Udah jadi penjahat Nasional mereka ini,” ungkapnya.

“Jadi mereka nyuri di Bangka Tengah, pulang bawak hasil curiannya ke Palembang. Empat residivis ini selalu seperti itu,” lanjutnya.

Hingga kini total kerugian mencapai Rp 100 juta dan rumah yang diketahui sudah di curi mencapai 6 rumah.(Erwin)