Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review Xiaomi Pad 6, Tablet Canggih dengan Performa Tinggi dan Fitur Brilian

2851
×

Review Xiaomi Pad 6, Tablet Canggih dengan Performa Tinggi dan Fitur Brilian

Sebarkan artikel ini
xiaomi pad 6

Review Xiaomi Pad 6 Tablet Canggih – Xiaomi Pad 6 resmi dirilis menjelang pertengahan Agustus 2023. Kehadiran tablet ini menjadi generasi penerus dari Xiaomi Pad 5 yang cukup sukses di pasaran tahun lalu. Terutama untuk mendukung kerja maupun hiburan yang optimal.

Seperti apa spesifikasi, fitur, dan harganya yang dipasarkan? Simak review Xiaomi Pad 6 selengkapnya yang dihimpun oleh tim Intrik.id ini.

Baca juga: Rekomendasi 3 HP Xiaomi Tahan Air, Fitur Canggih dengan Spesifikasi Unggil Harga Terjangkau

Fitur Xiaomi Pad 6

Adapun beberapa fitur Xiaomi Pad 6 yang diusung cukup unggul. Mulai dari desain, layar, ketahanan baterai, dapur pacu, hingga performanya. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya:

1. Desain dan Layar

Review Xiaomi Pad 6 yang pertama dari segi fitur adalah mengenai desain dan layarnya. Perangkat ini cocok dibawa ke mana saja karena bobotnya yang ringan hanya 490 gram saja. Dimensinya juga sangat tipis dengan ketebalan 6.51 mm dan bisa diletakkan di tas tanpa memakan banyak ruang dan tempat.

Sementara itu, untuk layarnya sendiri berukuran 11 inci dan resolusi hingga 2K. Tipe layar yang digunakan IPS LCD dengan refresh rate yang cukup tinggi yakni 144Hz. Hal ini menjadikan performa layar semakin baik dan meminimalisir lag, terutama saat bermain game maupun scrolling. Pergerakan layar juga semakin smooth.

Kualitas layar tidak diragukan lagi berkat dukungan HDR10, Dolby Vision, dan kecerahan sampai dengan 550 nit. Ini membuatnya semakin jernih namun bersahabat di mata berkat sertifikasi low blue light TÜV Rheinland. Penggunaan semakin nyaman berkat dukungan dari pelindung layar Corning Gorilla Glass 3.

2. Kompatibel dengan Stylus Pen

Fitur selanjutnya adalah adanya stylus pen Xiaomi Smart Pen Gen-2. Dimana performa pen digital ini lebih ditingkatkan dibandingkan seri sebelumnya. Salah satu keunggulannya yakni memiliki tingkat latensi yang cukup rendah 12ms. Hal itu berarti, tingkat latensinya lebih rendah 40% dari sebelumnya.

Terlebih untuk penggunaan dalam waktu yang lama hingga 150 jam. Respon jadi lebih cepat untuk navigasi, menulis, dan lainnya.

Selain dilengkapi dengan stylus pen, juga ada keyboard eksternal. Tentu ini menjadi jawaban bagi pengguna yang sering menggunakan laptop maupun komputer. Uniknya adalah, keyboard tersebut tidak menggunakan mode koneksi wireless atau Bluetooth. Jadi, Anda cukup menancapkan tab ke ke konektor.

Di samping itu, keyboard juga berfungsi sebagai penyangga atau case. Namun, kedua perangkat eksternal ini dijual secara terpisah. Atau Anda dapat membelinya dalam paket bundling dengan harga yang disesuaikan.

3. Review Xiaomi Pad 6 – Software dan Kamera

Xiaomi Pad 6 dilengkapi dengan kamera depan dengan resolusi 8MP (f/2.2) dengan lensa 1.4 inci bisa digunakan untuk merekam video kualitas 1080p 30 fps. Dukungan kamera depan ini membantu untuk penggunaan meeting online Anda maupun membuat konten.

Beralih ke kamera belakangnya, memiliki resolusi 13MP (f/2.2) dan dilengkapi autofocus PDAF. Dengan resolusi dan kemampuan tersebut, Anda dapat merekam video dalam 4K 30 fps. Termasuk mengubah ke 1080p 60fps. Kemampuan ini sebenarnya cukup baik untuk kamera tablet.

Dari segi software, tablet terbaru Xiaomi ini menggunakan chipset tangguh di kelasnya yakni Snapdragon 870 dengan fabrikasi 7nm dan dukungan octa-core. Untuk kapasitas RAM-nya, ada dua pilihan yakni 6GB dan 8GB. RAM tersebut sudah mendukung LPDDR5 yang membuat performa semakin ngebut. Sedangkan untuk kapasitas memori internalnya menggunakan UFS 3.1 128GB dan 256GB.

4. Ketahanan Baterai dan Performa

Sebagai gadget untuk mendukung mobile, ketahanan baterai memang penting diperhatikan. Xiaomi Pad 6 mengusung baterai berkapasitas 8.840 mAh dan mendukung fast charging 33W. Seperti dilansir dari laman resminya, tab diklaim mampu hingga 16 jam pemutaran video. Namun, ini tergantung tingkat kecerahan dan mode yang diaktifkan.

Dukungan lainnya adalah dari segi konektivitas yang ditingkatkan. Salah satunya koneksi WiFi 6 dengan dukungan dual-band dan WiFi direct. Lalu, ada dukungan Bluetooth 5.2 yang membuat koneksi lebih baik. Perlu diketahui tab ini menggunakan koneksi WiFi saja, dengan kata lain tidak bisa dipasangi kartu SIM. Jadi, untuk terkoneksi internet hanya bisa disambungkan dengan WiFi.

Ada pula USB 3.2 Gen 1, dimana fungsinya menghubungkan perangkat ke monitor eksternal lewat port USB-C. Tentu, Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti presentasi dan lainnya dengan tampilan layar yang lebih jelas. Termasuk split screen untuk aktivitas multitasking.

5. Harga Xiaomi Pad 6

Harga Xiaomi Pad 6 sudah dirilis oleh pabrikan sejak 8 Agustus 2023 pukul 00:00 WIB. Selanjutnya, produk dijual di store Xiaomi dan mitra resmi di Indonesia. Ada tiga buah paket penjualan yang dijual di antaranya:

  • Xiaomi Pad 6: Rp4.9 jutaan
  • Xiaomi Pad 6 Bundling Online (dilengkapi Xiaomi Smart Pen 2nd Gen atau Xiaomi Pad 6 Keyboard): Rp5.7 jutaan
  • Xiaomi Pad 6 Bundling Offline (dilengkapi Xiaomi Smart Pen 2nd Gen atau Xiaomi Pad 6 Keyboard): Rp6.4 jutaan

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Jadi, sebelum membelinya ada baiknya Anda untuk rajin mengecek harga terkini pada distributor resmi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas