Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review Aplikasi Pengubah Teks Jadi Suara dengan Fitur Terlengkap dan Terbaru 2024

634
×

Review Aplikasi Pengubah Teks Jadi Suara dengan Fitur Terlengkap dan Terbaru 2024

Sebarkan artikel ini
Aplikasi Pengubah Teks

Review Aplikasi Pengubah Teks Jadi Suara dengan Fitur Terlengkap – Aplikasi pengubah teks jadi suara merupakan terobosan baru yang cukup canggih. Berkat aplikasi ini, pengguna yang kesulitan atau malas membaca teks bisa merasa sangat terbantu. Karena hanya dengan memasukkan tulisan ke aplikasi HP, sistemnya akan langsung memproses dan menghasilkan output audio.

Baca juga: Ini 11 Cara Download Instastory Instagram di HP Via Situs dan Aplikasi

Seiring dengan kemajuan teknologi, segala hal yang dulu tampak mustahil kini ternyata dapat terjadi. Salah satunya kemampuan perangkat smartphone yang bisa mengubah format tulisan menjadi audio dengan bantuan aplikasi.

Tentu saja inovasi ini sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Terlebih dalam meningkatkan aksesibilitas bagi seseorang yang memiliki keterbatasan visual. Karena dengan mengubah teks menjadi suara, mereka dapat mengakses informasi tertulis yang tidak dapat dibaca langsung.

Penggunaan aplikasi pengubah tulisan menjadi audio juga memungkinkan multitasking yang lebih efisien. Pasalnya, para pengguna dapat mendengarkan konten teks sambil melakukan tugas-tugas lainnya.

Seperti sambil berkendara atau berolahraga, tanpa harus terpaku pada aktivitas membaca secara manual. Di samping itu, beberapa pengembang turut memasukkan kemampuan ubah teks dalam berbagai setelan bahasa.

Sehingga lebih mudah ketika ingin mengubah tulisan asing menjadi audio. Penasaran apa saja perangkat lunak yang memiliki kemampuan canggih tersebut? Langsung saja kita ulas satu per satu jenis aplikasi pengubah teks jadi suara berikut ini.

1. Narrator’s Voice

Rekomendasi pertama adalah Narrator’s Voice yang tersedia untuk berbagai perangkat, termasuk Android dan iOS. Keunggulan utama aplikasi ini adalah pilihan bahasa yang lengkap, user-friendly, serta output meyakinkan.

Di Google Play Store sendiri, Narrator’s Voice berhasil meraih bintang 4 dengan total 10+ juta unduhan. Untuk menggunakannya cukup ketikkan teks di kolom yang tersedia. Setelah itu pilih bahasa, suara, serta efek spesial sesuai keinginan. Klik done dan audio akan langsung muncul sesuai tulisan yang Anda ketik.

2. Text To Speech (TTS)

Berikutnya ada aplikasi pengubah teks jadi suara besutan developer STCodesApp yang bernama Text To Speech. Selain ukurannya yang ringan, aplikasi ini juga cukup sederhana. Sehingga pengguna awam pun bisa dengan mudah mengoperasikannya.

Kesederhanaan aplikasi tentu tak mempengaruhi kecanggihan fiturnya. Pasalnya, Text To Speech beragam fitur kekinian yang sayang untuk Anda lewatkan. Seperti “convert text to speech from text file”, hingga “set audio configuration for text to speech”.

3. Real Voices

Di urutan ketiga ada Real Voices yang hadir secara khusus untuk iPhone. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah proses unduhnya yang mudah melalui App Store dan gratis. Di samping itu, proses translate teks ke suara juga sangat alami.

Sehingga suara yang keluar terdengar nyaman dan mudah pengguna pahami. Tak hanya itu saja, Real Voices turut menawarkan sejumlah fitur unggulan. Seperti halnya “simply enter any text”, hingga “easy share via social media”.

4. Speak4Me

Masih khusus perangkat iPhone, aplikasi Speak4Me hadir untuk mengubah teks jadi suara secara efisien. Pengguna cukup memasukkan teks dan sistem akan langsung bekerja memberikan output audio yang enak didengar.

Menariknya, aplikasi besutan Bakery Scent ini bisa Anda pakai untuk mengubah file PDF menjadi suara. Terdapat lebih dari 50 pilihan bahasa yang tersedia secara gratis. Akses iklan di Speak4Me juga cukup terbatas, sehingga tidak perlu cemas mengganggu kenyamanan.

5. Voice Dream Reader

Tak kalah canggih dari aplikasi sebelumnya, Voice Dream Reader hadir dengan berbagai keunggulan. Fitur paling menonjol adalah kemampuannya dalam edit tulisan seperti memperbesar huruf, memberi warna, hingga mengatur margin. Sayangnya, untuk menikmati layanan secara keseluruhan, pengguna perlu membayar $1.99 untuk sekali konversi.

6. T2S: Text to Voice

Aplikasi pengubah teks jadi suara selanjutnya adalah T2S yang menawarkan fitur lengkap. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat Android saja. Termasuk open text/ePub/PDF files, convert text file into an audio, hingga type speak mode. Semua layanannya dapat Anda nikmati secara gratis.

7. Legere Leader

Pilihan terakhir ada Legere Leader produk dari developer Legere Technologies LLC. Aplikasi dapat Anda akses di berbagai perangkat termasuk tablet dan smartphone.

Dengan kemampuan tingkat tinggi, segala tulisan rumit bisa berubah menjadi audio praktis. Namun, aplikasinya tidak gratis. Untuk pengguna terdapat tarif pembelian sekitar Rp 70 ribuan.

Nah, itulah beberapa pilihan aplikasi pengubah teks jadi suara yang hadir dengan keunggulannya masing-masing. Semoga informasinya dapat membantu Anda menentukan perangkat lunak terbaik sesuai kebutuhan.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas