Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review Acer Aspire Vero AV14, Laptop Terbuat dari Sampah Plastik dengan Performa Kencang

526
×

Review Acer Aspire Vero AV14, Laptop Terbuat dari Sampah Plastik dengan Performa Kencang

Sebarkan artikel ini
Acer aspire vero

Acer Aspire Vero AV14 – Acer memiliki sebuah laptop yang sekaligus mengajak para konsumen untuk menjaga lingkungan karena terbuat dari sampah plastik

Siapa sih yang mau menggunakan sampah untuk kebutuhan sehari-hari? Sampah memang sudah seharusnya dibuang, namun sayangnya banyak yang membuangnya sembarangan, seperti di laut. Oleh karena itu, banyak sekali produsen yang ikut melestarikan lingkungan dengan mendaur ulang sampah plastik yang ada di lautan. Salah satunya adalah Acer dengan Aspire Vero AV14.

Baca juga: Rekomendasi 6 Laptop ASUS 3 Jutaan, Ramah Kantong untuk Kebutuhan Sekolah dan Kerja

Laptop Acer Aspire Vero AV14 akhirnya datang ke meja pengujian Hybrid. Laptop yang satu ini sudah datang sekitar 3 minggu yang lalu dan baru sempat saya uji beberapa hari belakangan ini. Seri Vero memang terkenal dengan bahannya yang sebagian besar terbuat dari material yang ramah lingkungan.

Acer menggunakan plastik PCR sebanyak 30%, sementara pada bagian keyboard terdapat 50% elemen plastik PCR yang menghemat sekitar 21% emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni.

Spesifikasi lengkap dari Acer Vero AV14-51

Produktivitas dengan Sintetis

Spesifikasi laptop ini sendiri sudah cukup untuk bermain beberapa game dengan setting rendah. Oleh karena itu, laptop ini juga mampu digunakan untuk pekerjaan ringan sehari-hari seperti penggunaan Office dan editing gambar serta video ringan. Saya juga menulis cukup banyak artikel pada laptop yang satu ini.

Dengan menggunakan Intel Core i5 1235U, membuat laptop ini terasa lebih kencang jika dibandingkan dengan sang pendahulunya. Bisa dilihat kinerja dari prosesor ini pada pengujian Cinebench, Geekbench, serta 3DMark CPU Profile.

Untuk kinerja sistem secara keseluruhan, PCMark 10 bisa menjadi panduan untuk mengetahui kinerjanya. Memang, untuk mengetahui perbedaan kinerja dengan pasti harus memakai aplikasi benchmark sintetis.

Pengujian Baterai dalam review laptop Acer Aspire Vero

Hybrid.co.id menguji laptop yang satu ini berdasarkan berapa lama sebuah perangkat bisa menonton file video 1080p dengan container file MP4. Perlu diketahui bahwa tidak satu tes baterai pun yang mampu memberikan hasil yang sama dengan penggunaan sehari-hari. Hanya saja, sebuah riset pernah dilakukan untuk mengukur pemakaian sebuah laptop.

Hasilnya, untuk nonton video, laptop yang satu ini ternyata bisa bertahan selama 9 jam 34 menit. Tentu saja saat digunakan dalam menggunakan Office ringan, hasilnya bisa jadi lebih lama. Tetapi jika digunakan untuk melakukan rendering video dan bermain game, sepertinya akan lebih cepat habis.

Pengujian

Laptop Acer Aspire Vero AV14-41 menggunakan prosesor Intel Core i5 1235U yang berbasiskan Alder Lake. Pada prosesor tersebut terdapat 2 inti P-Core berkecepatan 1,3 GHz dengan turbo hingga 4,4 GHz serta 8 inti E-Core berkecepatan 900 MHz hingga 3,3 GHz dengan total 10 thread. Prosesor ini memiliki TDP 15 watt dan diproduksi dengan proses 10 nm yang disebut Intel 7.

Pada bagian grafis terintegrasi, Intel masih menggunakan model yang sama dengan pendahulunya, yaitu Intel Iris Xe. Pada Core i5 1235U, Iris Xe yang dipasang memiliki unit eksekusi sebanyak 80 EU berkecepatan 1,2 GHz. RAM yang terpasang adalah 8 GB dengan mode dual channel. Untuk media penyimpanannya, Acer Aspire Vero ternyata menggunakan Western Digital SN740 dengan kapasitas 512 GB.

Bisa bermain game?

Walaupun ditujukan untuk bekerja, namun bermain game sesekali memang sangat dibutuhkan. Selama 3 minggu saya memakai laptop ini, setiap malam selalu digunakan untuk bermain game Valorant. Oleh karena laptop ini hanya  mendukung layar 60 Hz, kedua game tersebut bisa berjalan dengan framerate 60 fps dengan setting medium.

Dengan menggunakan Iris Xe 80 EU, membuat saya tidak cukup yakin bahwa laptop ini bisa memainkan game-game kelas atas walau pada setting rendah. Untuk hal tersebut, saya menggunakan benchmark sintetis seperti 3DMark untuk mengetahui seberapa baik kinerja grafisnya.

Verdict

Dalam menjual sebuah laptop, tentu saja berbagai cara pemasaran akan dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggaet mereka yang sadar akan lingkungan untuk membeli produknya. Hal ini pula dilakukan Acer pada laptop Aspire Vero AV14-51 yang memang terbuat dari sampah di lautan. Tentunya hal seperti ini akan membuat pembeli menjadi ikut melestarikan lingkungan.

Perangkat yang satu ini menggunakan prosesor Intel generasi ke 12 yang sudah terbukti kencang. Sayang memang, varian yang tersedia di Indonesia hanya Core i5-1235U saja. Walaupun begitu, laptop ini sudah siap dipakai untuk bekerja seharian dan sesekali untuk bermain game ringan. Baterai yang dimiliki juga cukup untuk bekerja seharian di kantor.

Acer menjual Aspire Vero 14AV dengan harga resmi Rp 10.699.000. Pelanggan akan mendapatkan perlindungan ekstra 1 (satu) tahun Accidental Damage Protection (ADP) dan garansi servis 3 (tiga) tahun. Selain itu, pembeli juga bakal ikut serta dalam melestarikan lingkungan dengan mengurangi sampah plastik. Jadi, mereka yang sadar lingkungan juga bisa bekerja dengan perangkat berkinerja tinggi.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas