Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Review 4 Langkah Mengunci HP Lewat Email dari Jarak Jauh untuk Melindungi Data

9968
×

Review 4 Langkah Mengunci HP Lewat Email dari Jarak Jauh untuk Melindungi Data

Sebarkan artikel ini
Mengunci HP Lewat Email

Langkah Mengunci HP Lewat Email dari Jarak Jauh – Kunci HP lewat email dapat pengguna lakukan dari jarak jauh. Email dapat membantu kunci HP dalam beberapa kondisi tertentu. Tips HP ini tentu saja sangat penting karena bisa berguna kapan saja.

Sebagian besar orang saat ini menggunakan smartphone yang sudah canggih. Ketika menggunakan smartphone, pastinya wajib juga memiliki akun email.

Baca juga: Jangan Panik, Berikut 3 Cara Membuka Pola HP yang Lupa dan Terkunci

Email ini adalah layanan Google yang sangat bermanfaat. Sebagian besar aplikasi dan platform membutuhkan informasi email untuk dapat membuat akun.

Selain itu, email bisa menjadi tempat berkirim file dalam skala profesional. Siapa sangka bahwa email dapat menjaga keamanan HP dengan menguncinya dari jarak jauh.

Mengunci HP Lewat Email dari Jarak Jauh dengan Mudah

Smartphone saat ini sudah tidak hanya menjadi alat komunikasi saja. Namun, fungsi HP juga sebagai alat mencari informasi. Dengan adanya smartphone, maka mencari informasi dan komunikasi jarak jauh menjadi lebih efisien.

Berbicara mengenai smartphone, perangkat zaman sekarang sudah memiliki sistem keamanan yang super tinggi. Dari tahun ke tahun, sistem keamanan smartphone ini semakin canggih.

Jika zaman dulu smartphone hanya bisa pengguna kunci dengan menggunakan fitur lockscreen kata sandi, pin, atau pola layar, kini semakin modern. Pasalnya, Anda bahkan bisa mengunci dan membuka kunci HP sekaligus melalui email. Ini tentu sangat bermanfaat.

Ketika melakukan kunci HP lewat email, ini biasanya dilakukan ketika HP hilang. Tidak jarang Anda lupa meninggalkan smartphone di suatu tempat atau bahkan kemalingan. Untuk menjaga data di dalamnya, Anda bisa mengunci HP dari jarak jauh menggunakan email.

Baca Juga:  Rekomendasi 3 HP Xiaomi Kamera Terbaik untuk Hasilkan Foto dan Video Keren

Namun, cara ini juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari jika Anda ingin menjaga privasi di dalam ponsel dengan maksimal. Jika Anda ingin menggunakannya, berikut tahapan mudahnya:

1. Buka Android Device Manager

Pada tahap pertama, Anda perlu menggunakan Android Device Manager. Ini adalah fitur yang telah Google sediakan untuk setiap pengguna Android.

Fitur ini membantu melacak, mengendalikan, dan mengambil data dari Android yang hilang. Dengan fitur ini, Anda bisa mengunci HP dari jauh menggunakan email.

2. Masuk dengan Akun Email

Apabila sudah berhasil membuka Android Device Manager, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah login atau masuk dengan akun email.

Pastikan bahwa akun email yang Anda gunakan sama seperti pada HP yang ingin Anda kunci. Jika berhasil login, secara otomatis akan muncul informasi mengenai ponsel Android tersebut.

3. Mulai Kunci HP

Setelah berhasil masuk ke dalam akun email, selanjutnya pengguna bisa mulai kunci HP lewat email tersebut. Masuk ke menu ‘Lock’ yang tersedia.

Pengguna perlu membuat kata sandi sesuai dengan keinginan. Kemudian klik ‘Lock’ yang terletak di bagian bawah.

Dengan begitu, artinya HP Anda sudah benar-benar terkunci dan tidak dapat terbuka dengan mudah. Tentu saja ini sangat dibutuhkan dalam beberapa kesempatan yang mendesak.

4. Mengunci HP yang Hilang dengan Google Find Your Phone

Pilihan selanjutnya ini masih menggunakan email, tetapi melalui aplikasi Google Find Your Phone. Aplikasi ini dapat membantu pengguna HP Samsung.

Para pengguna HP Samsung yang hilang bisa langsung mengunci dan menghapus data di dalamnya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa untuk semua jenis Android lainnya.

Setidaknya pastikan bahwa perangkat yang kini kunci HP lewat email ini sudah memiliki aplikasi Google Find Your Phone atau sekedar loin ke dalam akun email yang sama di dalamnya.

  1. Langkah pertama, buka bagian web browser dan masuk ke alamat situs myaccount.google.com/find-your-phone.
  2. Setelah itu, masuk dengan akun email atau Google yang tersambung dengan HP tersebut.
  3. Kemudian, pilih perangkat yang hilang.
  4. Untuk melakukan pemblokiran ponsel, tekan tombol ‘Lock Your Phone’.
  5. Jika Anda ingin menghapus semua data yang tersimpan di dalam memori internal, cukup klik tombol ‘Consider Erasing Your Device’.
Baca Juga:  Inilah 6 Cara Menghilangkan Tanda Petir di HP Samsung dengan Mudah, Ketahui Penyebabnya

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tidak ada orang lain yang dapat membukanya, kecuali melalui akun email Anda sendiri.

Melakukan kunci HP lewat email ini sangat bermanfaat untuk pengguna yang kehilangan ponselnya. Jadi, orang yang mencuri tidak dapat membuka HP dengan mudah. Alhasil, data di dalam ponsel tetap terjaga.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas