Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Rekomendasi 8 Aplikasi Transkrip Suara ke Teks, Memudahkan Pengelolaan Informasi

486
×

Rekomendasi 8 Aplikasi Transkrip Suara ke Teks, Memudahkan Pengelolaan Informasi

Sebarkan artikel ini
Aplikasi Transkrip Suara

Aplikasi Transkrip Suara ke Teks – Aplikasi transkrip suara ke teks hadir sebagai alat yang sangat membantu. Mereka memungkinkan pengguna untuk transkrip suara menjadi bentuk teks dalam hitungan detik. Transkrip cepat dan akurat ini tentu meningkatkan produktivitas bagi berbagai profesi, termasuk jurnalis, peneliti, hingga pengajar.

Baca juga: 6 Aplikasi Live Streaming Penghasil Uang, Bisa Gaji Mingguan!

Aplikasi Transkrip Suara ke Teks dan Cara Kerjanya

Di era yang semakin berkembang, teknologi telah membuat berbagai aspek kehidupan kita menjadi lebih efisien. Salah satu kemajuan yang paling menonjol adalah kemampuan mengubah percakapan suara menjadi teks secara otomatis.

Aplikasi transkrip adalah salah contoh teknologi berhasil membawa manfaat besar di berbagai bidang. Sebut saja transkrip percakapan wawancara, pembuatan catatan, pengajaran, dan masih banyak lagi.

Aplikasi transkrip suara ke teks bekerja dengan menggunakan teknologi pengenalan suara dan pemrosesan bahasa alami. Prosesnya sendiri melibatkan beberapa langkah pokok. Adapun langkah-langkahnya meliputi:

  • Pengguna merekam percakapan, wawancara, kuliah, atau apapun yang ingin mereka transkrip ke dalam bentuk catatan.
  • Selanjutnya, aplikasi transkrip menggunakan algoritma pengenalan suara untuk mengubah suara menjadi data teks mentah.
  • Data teks mentah tersebut kemudian melewati proses pengaturan bahasa alami. Tujuannya adalah menguraikan frasa, kalimat, dan makna dari percakapan tersebut agar mudah pengguna pahami.
  • Terakhir, hasil transkrip akan keluar sebagai output yang sudah matang. Artinya, bahasa di dalam catatan menjadi lebih baik dan sesuai kebutuhan pengguna.

Rekomendasi Aplikasi Transkrip Suara Paling Populer

Menyadari semakin meningkatnya kebutuhan transkrip suara ke teks, membuat sejumlah pengembang berlomba-lomba menghadirkan aplikasi terbaik.

Tak heran jika alat transkrip semacam ini semakin menjamur di toko aplikasi. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi transkrip suara ke teks paling populer.

1. Live Transcribe

Aplikasi Live Transcribe merupakan salah satu pengembangan dari Google. Aplikasi ini memiliki alat yang sangat canggih untuk transkripsi real-time.

Mereka dapat mengubah apa yang seseorang ucapkan menjadi teks rapi. Tentunya bisa menjadi solusi berguna bagi individu dengan gangguan pendengaran atau mencatat wawancara dalam waktu singkat.

2. Speechnotes

Berikutnya ada Speechnotes yang dapat mentranskripsi suara ke teks online secara sederhana. Tampilannya yang user-friendly memungkinkan pengguna baru mengakses Speechnotes dengan lebih mudah. Tak perlu khawatir pusing dengan banyak fitur tambahan atau prosedur yang rumit.

3. Notulite

Bagi Anda yang mencari aplikasi transkrip suara ke teks professional, maka Notulite adalah pilihan terbaik.

Pasalnya, Notulite memiliki beragam fitur canggih, seperti kemampuan mengenali berbagai bahasa hingga terintegrasi dengan layanan cloud. Akurasi hasil transkripnya juga lebih tinggi dari aplikasi lain.

4. Dictation Pro

Tak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Dictation Pro juga bisa Anda manfaatkan untuk transkrip berbagai suara. Aplikasi ini memiliki kemampuan pengenalan suara yang kuat.

Sehingga memungkinkan Anda dengan mudah merekam dan mengubah percakapan suara menjadi teks secara efektif. Menariknya, Dictation Pro juga kompatibel dengan berbagai macam perangkat.

5. Otter

Pilihan selanjutnya adalah Otter, sebuah aplikasi transkrip suara yang memungkinkan pengguna menganalisis rekaman dengan sangat rinci. Di dalamnya juga tersedia fitur kolaborasi.

Sehingga Anda dapat bekerja sama dengan orang lain dalam proses transkrip suara. Otter sangat cocok untuk transkrip wawancara, konferensi, hingga mengubah penjelasan materi kuliah ke dalam teks.

6. Google Keyboard

Bagi pengguna perangkat Android, Google Keyboard (Gboard) adalah pilihan aplikasi transkrip suara ke teks paling populer. Adanya fitur terintegrasi, pengguna lebih mudah mengubah suara menjadi teks saat mengetik pesan teks atau email.

Pada dasarnya, Voice Search adalah alat besutan Google yang sudah tersedia cukup lama. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan transkrip suara ke teks dalam berbagai bahasa.

Mulai dari bahasa Mandarin, Arab, Inggris dan masih banyak lagi. Voice Search adalah pilihan tepat bagi pengguna yang mencari solusi cepat dan lebih sederhana.

8. Nuance Dragon Professional

Pilihan terakhir adalah Nuance Dragon Professional, yang menyediakan alat canggih dan serbaguna. Aplikasi ini mendukung beragam keperluan khususnya untuk produktivitas di lingkungan bisnis.

Nuance Dragon Professional memiliki kemampuan pengenalan suara yang luar biasa. Bahkan dapat pengguna integrasikan dengan berbagai program, seperti Microsoft Word dan Excel. Namun, untuk menggunakan fitur lengkapnya harus berlangganan.

Demikian ulasan tentang aplikasi transkrip suara ke teks yang cukup populer. Anda bisa memilih salah satu dari rekomendasi di atas atau beberapa untuk kebutuhan transkripsi.