Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Rekomendasi 6 Aplikasi Android untuk Mengukur Detak Jantung

196
×

Rekomendasi 6 Aplikasi Android untuk Mengukur Detak Jantung

Sebarkan artikel ini
aplikasi android detak jantung

Aplikasi Android untuk Mengukur Detak Jantung – Mengikuti gaya hidup yang sehat bagi jantung adalah hal yang penting bagi siapa pun, tak peduli apakah kamu memiliki masalah jantung atau tidak. Selain dengan olahraga dan diet sehat, kamu juga bisa mengawasi kesehatan jantung dengan aplikasi Android untuk melacak detak jantung.

Aplikasi pelacak detak jantung ini menggunakan teknologi seperti sensor Internet of Things (IoT) dalam perawatan kesehatan dan Artificial Intelligence (AI) untuk melacak dan menghasilkan data yang terkait dengan jantung.

Baca juga: 4 Manfaat Air Kelapa Muda, Baik Untuk Kesehatan dan Awet Muda

Selain memonitor detak jantung, aplikasi ini juga dapat mengungkapkan banyak hal tentang kemanjuran obat-obatan, penyesuaian gaya hidup, dan perawatan lainnya.

Aplikasi Android Terbaik untuk Mengukur Detak Jantung

Banyaknya aplikasi olahraga instan bisa kamu gunakan pada waktu  senggangmu. Selanjutnya sebagai pendamping aplikasi-aplikasi olahraga tersebut terdapat pula aplikasi detak jantung yang bisa kamu gunakan untuk mengukur denyut jantung selepas beraktivitas dan berolahraga. Berikut aplikasi detak jantung yang terdapat pada android.

1. Qardio Heart Health

Qardio merupakan aplikasi pelacakan kesehatan jantung yang memberi kamu beberapa informasi penting tentang jantung, seperti detak jantung, tekanan darah, dan metrik kesehatan kardiovaskular lainnya. Umpan balik visual, dikombinasikan dengan metrik kesehatan lainnya, seperti berat badan; komposisi lemak; dan otot tubuh, memberi kamu gambaran besar tentang kesehatan jantungmu.

Aplikasi ini memberikan data yang cepat dan mudah dibaca yang juga dapat diekspor dan dibagikan dengan dokter atau anggota keluarga lainnya. Untuk pengguna Apple Watch, ini dapat dihubungkan dengan aplikasi guna mempermudah pelacakan dan berbagi kesehatan jantung.

2. Heart Rate Plus

Aplikasi Heart Rate Plus adalah salah satu monitor detak jantung gratis yang bekerja menggunakan kamera untuk memeriksa detak jantung dan memonitor denyut nadi. Setelahnya, kamu dapat menyimpan hasil laporan dalam bentuk grafik, catatan cepat, dan sebagainya memberikan penanda yang berbeda sesuai preferensi di aplikasi itu sendiri.

Aplikasi ini menganalisis dan memberimu grafik secara real time dan gratis. Untuk mendapatkan aplikasi bebas iklan, kamu bisa membeli versi pro.

3. Instant Heart Rate

Instant Heart Rate bekerja dengan mengubah lensa kamera HP menjadi monitor detak jantung yang menampilkan pembacaan dalam waktu kurang dari 10 detik. Aplikasi ini memiliki keakuratan tinggi yang membuatnya menjadi favorit para peneliti dan ahli jantung.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal mengikuti tes sederhana untuk membaca detak jantung dan membuat grafik, ada juga tes untuk mengukur kelelahan dan kebugaran. Aplikasi ini merekam detak jantung per menit dan memiliki ruang catatan untuk melacak apa yang kamu lakukan pada saat tes.

4. Heart Rate Monitor

Heart Rate Monitor merupakan aplikasi lain yang memungkinkan kamu mengukur dan melacak detak jantung dengan mudah. Ini menggunakan kamera ponsel untuk mengukur detak jantung. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menutupi kamera belakang dengan ujung jari dan menahan posisi ini sebentar.

Saat menggunakan aplikasi, kamu perlu menyalakan senter pada kamera atau jika tidak, pastikan untuk melakukan pengukuran di bawah sinar matahari atau di tempat yang terang. Proses pengukuran umumnya memakan waktu 2-3 detik.

Aplikasi menyimpan semua data pengukuran ke riwayat pribadi yang dapat dengan mudah disimpan sebagai file CSV. Aplikasi ini juga memberimu statistik reguler tentang kondisi kesehatan dengan diagram dan grafik.

5. my Workouts Heart Rate Monitor Sport GPS Tracker

Sesuai dengan namanya, my Workouts Heart Rate Monitor Sport GPS Tracker adalah aplikasi monitor jantung sekaligus sebagai peta GPS. Adapun fitur pengukur detak jantungnya memungkinkan kamu melacak denyut nadi, detak jantung, hingga jumlah kalori yang kamu konsumsi sepanjang hari.

Selain itu, aplikasi ini juga melacak lokasimu dan memberi kamu akses ke berbagai peta offline. Fitur petanya bagus untuk hiking dan hal-hal lain seperti itu karena mencakup banyak area dan tidak memerlukan internet untuk menjalankannya.

6. Cardiograph

Cardiograph adalah salah satu aplikasi yang populer di kalangan penggemar kebugaran. Aplikasi pemantau detak jantung ini menyediakan fitur seperti sinkronisasi penyimpanan cloud agar kamu tidak kehilangan rekam jejak apabila suatu hari kamu mengalami kehilangan atau mengganti perangkat.

Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iPhone, tetapi hanya bisa didapatkan secara gratis dari Google Play Store. Ini juga mendukung mode gelap dan memberikan banyak dukungan profil.

Home
Hot
Redaksi
Cari
Ke Atas